Profil Gus Yahya, Ketua PBNU yang Setuju Israel Tampil di Piala Dunia U-20 Indonesia

Mengenal sosok Gus Yahya yang setuju Israel tampil di Piala Dunia U-20 2023 di Indonesia.

Rauhanda Riyantama | BolaTimes.com
Sabtu, 25 Maret 2023 | 15:00 WIB
Ketua Umum PBNU Yahya Cholil Staquf. [Biro Pers Sekretariat Presiden/Rusman]

Ketua Umum PBNU Yahya Cholil Staquf. [Biro Pers Sekretariat Presiden/Rusman]

Bolatimes.com - Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU), Yahya Cholil Staquf punya sikap berbeda perihal keikutsertaan Israel di Piala Dunia U-20 2023.

Tak seperti Majelis Ulama Indonesia (MUI) yang meminta Indonesia mencoret Israel dari keikutsertaan di Piala Dunia U-20 2023, Gus Yahya punya sikap lain.

Keikutsertaan Israel di Piala Dunia U-20 2023 yang digelar di Indonesia memang membuat munculnya banyak kontroversi.

Baca Juga: Kisah Dipo Alam, Mantan Pemain Timnas Indonesia yang Jadi Korban Dualisme Kini Sukses Bisnis Es Krim di Amerika

Desakan mencoret Israel dari turnamen bisa membuat Indonesia dalam ancaman hukuman dari FIFA, bahkan pencabutan status tuan rumah.

Banyak dana bakal terbuang percuma jika hal itu terjadi, hukuman banned dari FIFA pun bisa didapat Indonesia.

Meskipun tak semua tokoh agama di Indonesia keberatan dengan kehadiran Israel di Piala Dunia U-20 2023, salah satunya Gus Yahya.

Baca Juga: Momen Kompaknya Elkan Baggott, Jordi Amat, dan Marc Klok di Sesi Latihan Timnas Indonesia

Sosok yang menjabat Ketum PBNU periode 2021-2026, ditetapkan di Lampung pada 24 Desember 2021 lalu, Gus Yahya diamanahi sebagai Katib Aam PBNU masa khidmat 2015-2020.

Pria kelahiran Rembang, 15 Februari 1966 bukanlah sosok sembarangan, merupakan pengatuh Pondok Pesantren Raudlatut Thalibin Leteh, Rembang, Jawa Tengah.

Merupakan putra dari tokoh besar NU, KH Muhammad Cholol Bisri, yang merupakan saudara dari Menteri Agama RI sekaligus Ketua Pimpinan Pusat Gerakan Pemuda Ansor, KH Yaqut Cholil Qoumas.

Baca Juga: Jelang Timnas Indonesia vs Burundi, Yakob Sayuri Beberkan Hal yang Disiapkan Shin Tae-yong

Sang kakek, KH Bisri Mustfa merupakan penyusun Kitab Tafsir Al Ibris, sementara KH A Mustofa Bisri, Mutasyar PBNU sekaligus Rais Aam PBNU merupakan paman Gus Yahya.

Kehidupan agama sangat kental, mengingat Gus Yahya lahir di lingkungan pesantren, sempat mnodok di Madrasah Al Munawwir, Krapyak, Yogyakarta asuhan KH Ali Maksum.

Kemudian kuliah di Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP), Universitas Gadjah Mada (UGM) dan pernah bermukim di Mekah selama setahun untuk mengaji.

Baca Juga: Media Malaysia Soroti Pede-nya Jordi Amat Hadapi Timnas Burundi, Alasannya karena Ini

Pengalaman matang dimiliki Gus Yahya sebelum menjadi pimpinan NU, dipercaya sebagai juru bicara pada masa pemerintahan Presiden KH Abdurahman Wahid.

Kemudian di masa pemerintahan Presiden Jokowi, dipercaya sebagai salah satu anggota Dewan Pertimbangan Presiden (Wantimpres).

Karier internasional Gus Yahya juga tak kalah mentereng, aktif menyuarakan pesan perdamaian dunia dengan mendirikan institur keagamaan di Amerika Serikat.

Bernama Bayt ar-Rahmah li ad-Da'wa al-Islamiyyah Rahmatan li al-'Alamin (Rumah Rahmat Ilahi untuk Mengungkap dan Memelihara Islam sebagai Berkah untuk Semua Ciptaan).

Keaktifannya di forum internasional diakui, sempat menjadi pembicara dalam diskusi yang diselenggarakan America Commitee (JAC) di Yerusalem.

Pengalaman dan karier membuatnya memahami seluk beluk dunia, termasuk konflik Palestina-Israel, tak heran Gus Yahya punya pandangan berbeda dalam kasus ini.

Kontributor: Eko
Berita Rekomendasi
Berita Terkait
TERKINI

Pemain Naturalisasi Timnas Indonesia Seharga Rp1,3 Miliar bakal menjadi Amunisi Baru Shin Tae Yong di Laga Kontra Irak, optimis menang?

bolaindonesia | 10:49 WIB

Jadwal pertandingan Timnas Indonesia U-23 vs Irak di babak perebutan posisi ketiga Piala Asia U-23 Qatar.

bolaindonesia | 10:23 WIB

Jalani Proses Naturalisasi Timnas Indonesia, Pemain Liga Belanda Dirujak Warganet Karena memanfaatkan keuntungan ini?

bolaindonesia | 10:09 WIB

Profil Lengkap Jens Raven, pemain liga 2 Belanda yang sedang menjalani proses naturalisasi timnas Indonesia.

bolaindonesia | 19:00 WIB

Jalani Proses Naturalisasi, pemain berusia 18 tahun, Jens Raven Diragukan Kualitasnya di Timnas Indonesia, ini alasannya.

bolaindonesia | 18:30 WIB

Kiper Naturalisasi Timnas Indonesia yang saat ini bermain di klub FC Dallas, Maarten Paes sangat optimis bakal debut bersama skuad Garuda di bulan Juni mendatang.

bolaindonesia | 17:15 WIB

Usai menjadi WNI, kiper Naturalisasi Timnas Indonesia, Maarten Paes beberkan impiannya bersama skuad Garuda asuhan Shin Tae Yong.

bolaindonesia | 16:39 WIB

Ketua umum PSSI, Erick Thohir bakal protes ke FIFA setelah Wasit Thailand Sivakorn Pu-Udom Kembali Jadi Wasit VAR Laga Timnas Indonesia kontra Irak di perebutan posisi ketiga Piala Asia U-23 Qatar.

bolaindonesia | 13:45 WIB

Wasit asal Thailand, Sivakorn Pu-Udom Kembali akan menjadi Wasit VAR Laga Timnas Indonesia U-23 Kontra Irak, Erick Thohir Dituntut lakukan protes ke AFC, bakal digubris?

bolaindonesia | 13:11 WIB

Salah Sasaran! Bukan Sivakorn Puudom, Suporter Timnas Indonesia U-23 Malah Ancam Artis Thailand ini Usai Kalah di Piala Asia Qatar

bolaindonesia | 12:37 WIB

Resmi mendapatkan warga negara Indonesia, kasus Kiper FC Dallas, Maarten Paes di CAS sudah clear, bakal debut kontra Irak?

bolaindonesia | 12:07 WIB

Masyarakat Indonesia memiliki antusias dengan pelatih tim nasional Indonesia. Kiprahnya membawa timnas Indonesia bermain dengan gemilang dalam kancah internasional. Apakah Shin Tae Yong tetap berlanjut mengkomandoi para pemain andalan Indonesia?

bolaindonesia | 14:39 WIB

Bek Persib Bandung Kakang Rudianto langsung terbang ke Dubai untuk bergabung bersama Tim Nasional U-23 Indonesia dalam ajang Piala Asia U-23 2024 di Qatar. Timnas mengawalinya dengan pemusatan latihan di Dubai

bolaindonesia | 12:49 WIB

Pelatih Tim Nasional U-23 Indonesia Shin Tae-yong masih mempunyai pekerjaan rumah sebelum menjalani debut di Piala Asia U-23 2024 di Qatar

bolaindonesia | 14:34 WIB

Nathan Tjoe-A-On, pemain asal klub Eredivisie Belanda, SC Heerenveen menjadi nama terakhir yang dipanggil Shin Tae-yong bersama 27 pemain timnas Indonesia guna menjalani persiapan Piala Asia U23 2024 di Qatar.

bolaindonesia | 20:34 WIB

Pelatih timnas Indonesia U23, Shin Tae-yong memberi apresiasi bantuan Ketua Umum PSSI, Erick Thohir, dan para pemilik klub Liga 1 Indonesia.

bolaindonesia | 20:06 WIB

Pelatih Tim Nasional U-23 Indonesia, Shin Tae-yong sampaikan terimakasih kepada klub peserta Liga 1 yang sudah memberikan dukungan penuh untuk timnya tampil dalam Piala Asia U-23 Qatar 2024.

bolaindonesia | 16:37 WIB

Pemain Persib Beckham Putra Nugraha kembali batal memperkuat Tim Nasional Indonesia akibat cedera. Sebelumnya absen dalam ajang Asia Games 2023, kali ini tak tampil di Piala Asia U-23 di Qatar

bolaindonesia | 15:45 WIB
Tampilkan lebih banyak