Bolaindonesia

Persiapan Piala Asia 2023, Berikut 5 Pemain Keturunan yang Bikin Timnas Indonesia Makin Kuat

Timnas Indonesia bakal makin kuat di Piala Asia 2023 dengan bergabungnya 5 pemain keturunan ini.

Rauhanda Riyantama

Potret selebrasi pemain Timnas Indonesia usai bobol gawang Kuwait di Kualifikasi Piala Asia 2023. (Instagram/pssi)
Potret selebrasi pemain Timnas Indonesia usai bobol gawang Kuwait di Kualifikasi Piala Asia 2023. (Instagram/pssi)

Bolatimes.com - Timnas Indonesia berhasil meloloskan diri ke putaran final Piala Asia 2023. Prestasi ini disusul dengan kabar baik lainnya yaitu beberapa pemain naturalisasi bisa ikut bermain.

Exco PSSI, Hasani Abdulgani, menyebut bahwa tiga pemain yaitu Jordi Amat, Sandy Walsh, dan Shayne Pattynama diprediksi bisa ikut ke dalam skuad Garuda.

Hasani Abdulgani via unggahan di Instagram. Ia menyatakan bahwa kemungkinan besar Jordi Amat, Sandy Walsh, dan Shayne Pattynama bisa masuk dalam skuad asuhan Shin Tae-yong.

"Alhamdulilah. Insya Allah Jordi Amat, Sandy Walsh, dan Shayne Pattynama bisa join di Piala Asia 2023," tulis Hasani di narasi unggahannya tersebut.

Sebagai informasi, tiga pemain keturunan Indonesia itu memang sudah mengurus proses naturalisasi. Bahkan ketiganya sempat berkunjung ke Jakarta demi melengkapi persyaratan agar mengantongi WNI.

Bahkan Jordi Amat dan Sandy Walsh sempat mengikuti latihan bersama timnas Indonesia jelang FIFA Matchday menghadapi Bangladesh awal bulan ini.

Selain tiga pemain tersebut, Shin Tae-yong sendiri sebetulnya sudah menggunakan jasa dua pemain keturunan di Timnas Indonesia dalam perjalanan lolos ke Piala Asia 2023.

Lantas, siapa saja pemain keturunan yang bakal menjadi andalan Shin Tae-yong di Piala Asia 2023 nanti? Berikut ulasannya.

1. Elkan Baggott

Pemain berusia 19 tahun yang baru saja memperpanjang kontraknya dengan klub Inggris, Ipswich Town, tersebut sudah jadi andalan Shin sepanjang Kualifikasi Piala Asia 2023.

Penampilan apik dan kokoh Elkan membuat pertahanan Indonesia lebih solid. Dengan waktu satu tahun ke depan, banyak hal bisa diharapkan berkembang dari permainan Elkan.

2. Stefano Lilipaly

Lilipaly tidak pernah diprediksi bakal dilirik oleh Shin Tae-yong. Terlebih, Lilipaly sudah lama ditepikan dari Timnas Indonesia. Terakhir kali pemain yang punya darah Belanda itu membela timnas, yaitu pada 2019.

Tapi Lilipaly mampu menjawab semua keraguan itu dengan tampil ciamik saat dibawa untuk Kualifikasi Piala Asia. Meski tidak mencetak go, kehadirannya terasa pada peningkatan kualitas permainan.

3. Shayne Pattynama

Hadirnya Shayne tentunya akan menambah kekuatan skuad 'Garuda' di kompetisi-kompetisi yang bakal dihadapi. Untuk mengakomodir hadirnya Shayne Pattynama, Shin Tae-yong bisa memposisikannya sebagai winger.

4. Sandy Walsh

Kehadiran pemain KV Mechelen ini pun diyakini bisa makin membuat skuad Garuda makin kuat karena memang sudah berpengalaman membela klub-klub Eropa.

Sandy Walsh bisa mengisi posisi bek kanan sekaligus memberi persaingan kepada Asnawi dan bek-bek lain di posisi tersebu

5. Jordi Amat

Sebenarnya, pemain berdarah Spanyol-Indonesia ini diharapkan bisa membela Timnas Indonesia sejak Kualifikasi Piala Asia 2023. Namun, proses naturalisasinya belum rampung digelar, sehingga Shin Tae-yong harus memupus harapannya.

Kehadiran bek yang sudah pernah membela Espanyol, Real Betis, hingga Swansea City ini dipastikan bisa membuat  lini belakang Timnas Indonesia bisa makin tangguh.

(Kontributor: Aditia Rizki)

Berita Terkait

Berita Terkini