Bolaindonesia

Nepal Tanpa Skuat Terbaik, Peluang Timnas Indonesia Menang Telak Makin Terbuka

Nepal tanpa sejumlah pemain inti, termasuk Rohit Chand yang kini bermain untuk Persija Jakarta.

Rauhanda Riyantama

Potret selebrasi pemain Timnas Indonesia usai bobol gawang Kuwait di Kualifikasi Piala Asia 2023. (Instagram/pssi)
Potret selebrasi pemain Timnas Indonesia usai bobol gawang Kuwait di Kualifikasi Piala Asia 2023. (Instagram/pssi)

Bolatimes.com - Timnas Indonesia akan melakoni laga hidup mati melawan Nepal di laga terakhir Grup A Kualifikasi Piala Asia 2023, Rabu (15/6/2022) dini hari WIB. Skuat Garuda wajib menang demi lolos ke putaran final.

Peluang tersebut terbuka lebar mengingat Nepal bakal tampil tanpa skuat utama melawan Indonesia. Total ada 10 pemain mereka termasuk Rohit Chand memilih untuk mundur dari tim nasional.

Maka tak mengherankan jika skuat besutan Abdullah Al-Mutairi itu di dua laga terakhir alami hasil mengecewakan. Kalah dua kali dan kebobolan enam gol.

Mengutip dari laporan media lokal Nepal, Online Khabar, sebanyak 10 pemain Nepal memutuskan untuk mundur dari tim nasional jelang babak kualifikasi Piala Asia 2023.

Alasan pengunduran diri Rohit Chand dkk karena masalah internal tim yakni akomodasi berupa penginapan. Para pemain Nepal tak sepakat dengan keputusan federasi menempatkan mereka di asrama tim nasional.

Menurut para pemain, asrama Timnas Nepal di Kuwait memiliki keterbatasan. Sayangnya keluhan Rohit Chand dkk itu malah ditanggapi dengan emosional oleh pelatih Al-Mutairi dengan mengusir pemain dari skuat.

“Kami ingin mengadakan diskusi dengan pelatih, tetapi dia tidak mendengarkan, ANFA juga tidak, dan itulah mengapa kami harus pergi, kami sebenarnya tidak mau, tetapi kami tidak diperlakukan dengan baik,” kata salah satu sumber pemain.

Timnas Nepal. (Instagram/@theanfaofficial)
Timnas Nepal. (Instagram/@theanfaofficial)

Mampukah Timnas Indonesia menang besar?

Di kondisi skuat Nepal yang tak bagus tersebut, mampukah timnas Indonesia meraih kemenangan besar?

Kemenangan lebih dari 2-0 wajib diraih oleh Shin Tae-yong untuk bisa lolos ke putaran final Piala Asia 2023.

Laga melawan Nepal wajib dimenangkan oleh skuat Merah Putih. Tidak sekedar menang, anak asuh Shin Tae-yong juga mengemban misi meraih kemenangan lebih dari 2-0 untuk bisa lolos ke putaran final Piala Asia 2023.

Kemenangan besar membuat Marc Klok dkk bisa lolos dengan status sebagai juara atau runner up grup A. Skuat Merah Putih bisa menjadi juara grup, jika menang dengan skor berapa pun atas Nepal, sementara di laga lain Yordania kalah 0-1 dari Kuwait.

Dengan kondisi seperti ini, maka peluang Indonesia lolos ke putaran final cukup besar. Hal ini lantaran secara head to head, timnas Indonesia mencetak gol lebih banyak dibanding Yordania.

Indonesia pun berhak di posisi puncak karena di laga pertama mampu mengalahkan Kuwait. Jika di posisi runner up terbaik, maka Indonesia tetap harus menang atas Nepal, namun di laga lain Kuwait tak bisa kalahkan Yordania.

Akan tetapi untuk bisa lolos ke putaran final Piala Asia 2023 dengan menyandang status runner up terbaik, maka Indonesia harus menunggu hasil laga negara lain yakni Filipina dan Malaysia.

Saat ini, di posisi runner up terbaik, Indonesia di posisi buncit di bawah Filipina dan Malaysia. Hanya lima tim di posisi runner up terbaik yang lolos ke Piala Asia 2023.

(Galih Prasetyo)

Berita Terkait

Berita Terkini