Shayne Pattynama Datang, Berikut 5 Pemain Timnas yang Kemungkinan Posisinya Tergusur

Shayne Pattynama dikenal sebagai pemain serba bisa.

Rauhanda Riyantama | BolaTimes.com
Kamis, 24 Februari 2022 | 11:45 WIB
Penyerang Timnas Indonesia, Irfan Jaya berselebrasi bersama rekan-rekannya usai bobol gawang Malaysia. (Instagram/affsuzukicup)

Penyerang Timnas Indonesia, Irfan Jaya berselebrasi bersama rekan-rekannya usai bobol gawang Malaysia. (Instagram/affsuzukicup)

Bolatimes.com - Pemain keturunan Shayne Pattynama belum lama dilaporkan telah mengirim surat kesiapannya membela Timnas Indonesia. Kehadirannya pun otomatis membuat beberapa penggawa skuat Garuda bisa saja tersingkir.

Anggota Komite Eksekutif (Exco) PSSI, Hasan Abdulgani mengakui bahwa Shayne Pattynama nampak mengejar bola dengan mengirimkan surat kesiapannya untuk membela Timnas Indonesia.

Pemain yang tercatat berkarier bersama klub Norwegia, Viking FK itu, tak memilih tak menunggu rekomendasi dan menyatakan kesiapannya untuk membela panji Merah Putih.

Baca Juga: Kabar Buruk Jelang Kontra Timor Leste, Vietnam Sisakan 9 Pemain

Niat pemain yang baru berusia 23 tahun ini pun tak ayal menjadi kabar baik bagi Timnas Indonesia. Apalagi, beberapa waktu yang lalu skuat Garuda mendapat penolakan dari pemain keturunan lainnya seperti Mees Hilgers, Kevin Diks, dan terbaru Tijjani Reijnders.

Shayne Pattynama. (Instagram/s.pattynama)
Shayne Pattynama. (Instagram/s.pattynama)

Hanya saja beberapa pendukung Timnas Indonesia merasa sangsi dengan niatan Shayne Pattynama, mengingat ia sendiri berposisi sebagai bek kiri.

Sedangkan Timnas Indonesia lebih membutuhkan sosok pemain keturunan yang beroperasi sebagai gelandang tengah atau gelandang kreatif maupun penyerang.

Baca Juga: Tolak Kritik Keputusan Wasit, Persija Fokus Menatap Duel Lawab Persib

Meski demikian, nyatanya Shayne Pattynama bisa bermain di segala posisi seperti gelandang tengah dan bahkan juga winger kiri.

Dengan kemampuannya menempati beragam posisi, tak ayal beberapa penggawa Timnas Indonesia bisa saja tergusur andai Shayne Pattynama bergabung.

Kira-kira, siapa saja pemain Timnas Indonesia yang bisa tergusur karena kedatangan Shayne Pattynama?

Baca Juga: Persebaya Menang Dramatis Lawan Arema FC, Marselino Ferdinan: Ngeri Cak Sull

1. Evan Dimas (Gelandang)

Selebrasi gelandang Timnas Indonesia, Evan Dimas, usai menjebol gawang Kamboja di Piala AFF 2020, Kamis (9/12/2021). (Dok. AFF)
Selebrasi gelandang Timnas Indonesia, Evan Dimas, usai menjebol gawang Kamboja di Piala AFF 2020, Kamis (9/12/2021). (Dok. AFF)

Jika Shayne Pattynama datang dan ditempatkan sebagai gelandang, maka posisi Evan Dimas di Timnas Indonesia kemungkinan bisa tergusur.

Meski berstatus kapten tim, Evan Dimas beberapa kali diparkir oleh Shin Tae-yong. Hal ini menunjukkan bahwa dirinya belum tentu menjadi kepercayaan.

Baca Juga: Menangi Derbi Jatim Lawan Arema FC, Aji Santoso Puas

Di sisi lain, jika Shayne Pattynama ditempatkan sebagai gelandang, maka Evan Dimas akan bersaing dengannya, Rachmat Irianto, Ricky Kambuaya dan juga pemain naturalisasi lainnya seperti Marc Klok.

2. Syahrian Abimanyu (Gelandang)

Tak hanya Evan Dimas, posisi Syahrian Abimanyu di Timnas Indonesia juga bisa tergusur oleh Shayne Pattynama, jika ditempatkan sebagai gelandang.

Selain persaingan yang ketat di sektor tersebut, Syahrian Abimanyu juga kerap terpinggirkan karena akrab dengan cedera.

Tak cukup sampai di situ, keputusan Abimanyu berkarier di Indonesia ketimbang luar negeri juga menjadi pertimbangan Shin Tae-yong yang jelas akan mengutamakan Shayne Pattynama yang berkarier di Eropa.

3. Ramai Rumakiek (Winger Kiri)

Shin Tae-yong bersama Alfeandra Dewangga dan Ramai Rumakiek. (Instagram/@shintaeyong7777)
Shin Tae-yong bersama Alfeandra Dewangga dan Ramai Rumakiek. (Instagram/@shintaeyong7777)

Untuk menghadapi Kualifikasi Piala Asia 2023 pada Juni nanti, Shin Tae-yong diyakini akan mengandalkan banyak pemain muda dengan pengalaman mumpuni.

Jika sektor gelandang menumpuk, bisa saja Shayne Pattynama ditempatkan sebagai winger kiri maupun kanan. Tak pelak hal ini akan membuat posisi Ramai Rumakiek tergusur.

Jam terbang akan menjadi alasan utama mengapa Shayne Pattynama akan diprioritaskan ketimbang Ramai Rumakiek yang tergolong masih muda dan juga belum punya jam terbang mumpuni.

4. Irfan Jaya (Winger Kiri)

Tak hanya Ramai Rumakiek, Irfan Jaya pun bisa saja tergusur dari posisi winger jika Shin Tae-yong lebih memilih Shayne Pattynama.

Alasan utamanya kembali lagi ke jam terbang internasional. Irfan Jaya memang tampil apik di Piala AFF 2020. Sayangnya, itu bukan jaminan dirinya bisa jadi pilihan utama di Kualifikasi Piala Asia 2023.

Apalagi jika Shayne Pattynama bisa cepat bergabung dan menunjukkan kemampuannya yang telah terasah sejak dini dengan berkarier di Eropa.

5. Pratama Arhan (Bek Kiri)

Aksi Pratama Arhan saat Timnas Indonesia mengalahkan Singapura 4-2 di Piala AFF 2020. (Dok. AFF)
Aksi Pratama Arhan saat Timnas Indonesia mengalahkan Singapura 4-2 di Piala AFF 2020. (Dok. AFF)

Untuk menggusur Pratama Arhan peluangnya terbilang kecil. Apalagi ia menjadi tulang punggung Timnas Indonesia di era Shin Tae-yong.

Namun, tak menutup kemungkinan jika posisinya bisa saja tergusur oleh Shayne Pattynama yang berposisi natural sebagai bek kiri.

Di sisi lain, jika Shayne Pattynama ditaruh di pos bek kiri, maka Pratama Arhan akan mendapat pesaing sempurna yang secara tak langsung memberikan dampak apik bagi Timnas Indonesia.

(Kontributor: Vikal Pamungkas)

Berita Rekomendasi
Berita Terkait
TERKINI

Bek Persib Bandung Kakang Rudianto langsung terbang ke Dubai untuk bergabung bersama Tim Nasional U-23 Indonesia dalam ajang Piala Asia U-23 2024 di Qatar. Timnas mengawalinya dengan pemusatan latihan di Dubai

bolaindonesia | 12:49 WIB

Pelatih Tim Nasional U-23 Indonesia Shin Tae-yong masih mempunyai pekerjaan rumah sebelum menjalani debut di Piala Asia U-23 2024 di Qatar

bolaindonesia | 14:34 WIB

Nathan Tjoe-A-On, pemain asal klub Eredivisie Belanda, SC Heerenveen menjadi nama terakhir yang dipanggil Shin Tae-yong bersama 27 pemain timnas Indonesia guna menjalani persiapan Piala Asia U23 2024 di Qatar.

bolaindonesia | 20:34 WIB

Pelatih timnas Indonesia U23, Shin Tae-yong memberi apresiasi bantuan Ketua Umum PSSI, Erick Thohir, dan para pemilik klub Liga 1 Indonesia.

bolaindonesia | 20:06 WIB

Pelatih Tim Nasional U-23 Indonesia, Shin Tae-yong sampaikan terimakasih kepada klub peserta Liga 1 yang sudah memberikan dukungan penuh untuk timnya tampil dalam Piala Asia U-23 Qatar 2024.

bolaindonesia | 16:37 WIB

Pemain Persib Beckham Putra Nugraha kembali batal memperkuat Tim Nasional Indonesia akibat cedera. Sebelumnya absen dalam ajang Asia Games 2023, kali ini tak tampil di Piala Asia U-23 di Qatar

bolaindonesia | 15:45 WIB

Pemain keturunan Seharga Rp31,29 Miliar mengaku sedang melakukan proses naturalisasi, bakal jadi amunisi baru timnas Indonesia kontra Irak?

bolaindonesia | 12:19 WIB

Gelandang Persib Bandung Beckham Putra Nugraha akan fokus untuk menghadapi Bhayangkara FC sebelum berkonsentrasi bersama Tim Nasional U-23 Indonesia dalam AFC U23 Cup 2024 di Qatar

bolaindonesia | 12:40 WIB

Pertandingan Persib kontra Bhayangkara akan jadi pertandingan alumni Seri A Italia

bolaindonesia | 20:34 WIB

Gelandang Persib Bandung, Marc Klok mengalami cedera dan harus menjalani pemulihan di Singapura.Kondisi itu membuat Klok tak ikut dalam dalam rombongan Tim Nasional Indonesia untuk menghadapi Vietnam

bolaindonesia | 19:26 WIB

Setelah pemanggilan pada Sabtu (23/3/2024) pukul 02.44 WIB, hari ini Ernando Ari sudah terlihat ikut berlatih bersama rekan-rekan Timnas lainnya di Hanoi, Vietnam.

bolaindonesia | 09:19 WIB

Jelang laga lawan Vietnam, Timnas Indonesia hadapkan krisis pemain. Sehingga STY memanggil punggawa tambahan untuk terbang ke Vietnam.

bolaindonesia | 13:47 WIB

Dalam pertandingan putaran pertama, pada Jumat, (22/3/2024) berakhir imbang 1-1, Arkhan Kaka sama sekali tidak mencetak gol akibat rapatnya pertahanan timnas China.

bolaindonesia | 12:35 WIB

Kabarnya, Timnas Indonesia harus kehilangan lima pemain sekaligus lantaran kondisi kesehatan yang terganggu.

bolaindonesia | 08:45 WIB

Lama tak ada kabar soal kebersamaannya bersama Timnas Indonesia, gelandang Persib, Marck Klok tiba-tiba memberi kabar tak sedap.Pemain berdarah Belanda itu mengaku jika dirinya meninggalkan Timnas Indonesia karena alasan pribadi.

bolaindonesia | 07:15 WIB

Timnas U20 Indonesia bermain dengan formasi 4-3-3 di pertandingan ini. Indra Sjafri memposisikan Arkhan Kaka sebagai striker utama, didukung oleh Afrisal dan Ariansyah di sampingnya.

bolaindonesia | 06:15 WIB

ek tim nasional Indonesia, Jay Idzes dalam laga itu mendapat pujian netizen lantaran permainan yang apik.Dia mampu menunjukkan sikap rendah hati setelah mendapat pujian lantaran mampu memimpin lini belakang secara baik.

bolaindonesia | 16:39 WIB

Shin Tae-yong membuat kaget para fans Timnas Indonesia dengan memasang Hokky Caraka sebagai starter, ternyata dibalik semua itu ada ada alasan ini

bolaindonesia | 13:59 WIB
Tampilkan lebih banyak