Menakar Peta Kekuatan Grup B Piala AFF U-23, Ada Indonesia & Malaysia

Grup B Piala AFF U-23 dihuni oleh Indonesia, Malaysia, Myanmar, dan Laos.

Rauhanda Riyantama | BolaTimes.com
Kamis, 03 Februari 2022 | 21:30 WIB
Starting eleven Timnas Indonesia U-23 di laga melawan Brunei Darussalam pada matchday 3 Grup K Piala Asia U-23 di My Dinh National Stadium, Hanoi, Vietnam, Selasa (26/3/2019) petang WIB. [ANTARA FOTO/R. Rekotomo]

Starting eleven Timnas Indonesia U-23 di laga melawan Brunei Darussalam pada matchday 3 Grup K Piala Asia U-23 di My Dinh National Stadium, Hanoi, Vietnam, Selasa (26/3/2019) petang WIB. [ANTARA FOTO/R. Rekotomo]

Bolatimes.com - Timnas Indonesia U-23 yang akan tergabung di Grup B Piala AFF U-23 2022 wajib mewaspadai peta kekuatan lawan-lawannya.

Selain timnas Indonesia U-23, tiga kontestan yang akan bersaing di Grup B Piala AFF U-23 2022 ialah Malaysia, Myanmar, dan Laos.

Mempertimbangkan tiga calon lawannya itu, timnas Indonesia U-23 tentu tak boleh memandang pesaingnya dengan sebelah mata.

Baca Juga: Profil Myanmar U-23, Calon Lawan Indonesia di Piala AFF U-23 2022

Sebab, kekuatan Malaysia, Myanmar, dan Laos, bisa saja merepotkan tim asuhan Shin Tae-yong apabila tak diantisipasi dengan baik.

Selain itu pula, penampilan ketiga lawan timnas Indonesia U-23 ini juga sudah tak bisa merujuk pada Piala AFF U-23 edisi sebelumnya.

Berikut Bolatimes.com menyajikan peta kekuatan masing-masing kontestan yang tergabung di Grup B Piala AFF U-23 2022.

Baca Juga: Link Live Streaming Tira Persikabo Vs Bali United, Kick Off 20.30 WIB

1. Timnas Laos U-23

Timnas Laos U-23 dipastikan tampil dengan wajah baru saat bersaing di Grup B Piala AFF U-23 2022. Mereka baru saja menunjuk Michael Weiss sebagai pelatih baru.

Pada Kamis (3/2/2022), Laos juga telah menentukan 27 nama pemainnya yang akan tampil di ajang Piala AFF U-23 2022. Selain itu, Laos juga telah berlatih secara intensif sejak pertengahan Januari 2022.

Baca Juga: Panas, Indonesia Bisa Segrup dengan Singapura di Kualifikasi Piala Asia

Pemusatan latihan Laos tersebut membuktikan keseriusannya untuk berusaha tampil matang pada ajang Piala AFF U-23 2022.

Sebab, jika dibandingkan kontestan lainnya, beberapa tim baru memulai mengumpulkan pemain dan menggelar latihan pada akhir Januari atau awal Februari ini.

Selain itu pula, Laos juga punya agenda untuk menggelar dua laga uji coba sebelum berangkat ke Kamboja untuk mengikuti turnamen Piala AFF U-23 2022. 

Baca Juga: Malaysia Menanti Pemain dari Amerika Serikat untuk Piala AFF U-23 2022

Menurut rencana, tim besutan Michael Weiss itu bakal menghadapi Salavan Province dan Champasak FC sebelum bertolak ke Kamboja.

2. Timnas Myanmar U-23

Timnas Myanmar U-23 juga menjadi salah satu lawan yang wajib diantisipasi oleh skuad asuhan Shin Tae-yong di Grup B Piala AFF U-23 2022.

Pasalnya, mereka juga memanggil satu pemainnya yang kini tengah berkarier di Eropa.

“Arthur Pa, pemain kelahiran Myanmar yang bermain untuk klub Spanyol, Leganes, dia akan bermain untuk tim nasional U-23 asuhan Velizar Popov,” tulis media Myanmar, Global New Light of Myanmar.

Meskipun demikian, sebetulnya Arthur bukanlah pemain ini di skuad CD Leganes apabila merujuk pada situs resmi klub tersebut.

Akan tetapi, Arthur juga tetap harus diantisipasi karena ia dikenal memiliki bakat luar biasa dan pernah merumput di Liga Thailand.

Selain itu, Myanmar juga sudah membuktikan perkembangan pesatnya pada beberapa tahun terakhir.

Salah satu kiprahnya yang mengejutkan ialah ketika tim asuhan Velizar Popov itu sukses lolos ke semifinal SEA Games 2019.

3. Timnas Malaysia U-23

Timnas Malaysia U-23 sepertinya tak terlalu menganggap ajang Piala AFF U-23 2022 sebagai salah satu prioritasnya di tahun ini.

Hal ini tampak dari 30 nama pemain yang dipanggil oleh pelatih Brad Maloney untuk mengikuti pemusatan latihan timnas Malaysia U-23.

Sebab, hanya ada sembilan nama pemain yang dibawa oleh Brad Maloney dari skuat Harimau Malaya Muda yang tampil pada ajang Kualifikasi Piala Asia U-23 2022.

Dengan demikian, sebagian besar pemain yang mengisi skuad timnas Malaysia U-23 untuk Piala AFF U-23 2022 adalah wajah-wajah baru. 

Tak ada nama-nama pemain andalan seperti Luqman Hakim Shamsudin, Nik Akif Syahiran Nik Mat, Zikri Khalili, hingga Mukhairi Ajmal Mahadi.

Kontributor: Muh Adif Setyawan
Berita Rekomendasi
Berita Terkait
TERKINI

Kiper Naturalisasi Timnas Indonesia yang saat ini bermain di klub FC Dallas, Maarten Paes sangat optimis bakal debut bersama skuad Garuda di bulan Juni mendatang.

bolaindonesia | 17:15 WIB

Usai menjadi WNI, kiper Naturalisasi Timnas Indonesia, Maarten Paes beberkan impiannya bersama skuad Garuda asuhan Shin Tae Yong.

bolaindonesia | 16:39 WIB

Ketua umum PSSI, Erick Thohir bakal protes ke FIFA setelah Wasit Thailand Sivakorn Pu-Udom Kembali Jadi Wasit VAR Laga Timnas Indonesia kontra Irak di perebutan posisi ketiga Piala Asia U-23 Qatar.

bolaindonesia | 13:45 WIB

Wasit asal Thailand, Sivakorn Pu-Udom Kembali akan menjadi Wasit VAR Laga Timnas Indonesia U-23 Kontra Irak, Erick Thohir Dituntut lakukan protes ke AFC, bakal digubris?

bolaindonesia | 13:11 WIB

Salah Sasaran! Bukan Sivakorn Puudom, Suporter Timnas Indonesia U-23 Malah Ancam Artis Thailand ini Usai Kalah di Piala Asia Qatar

bolaindonesia | 12:37 WIB

Resmi mendapatkan warga negara Indonesia, kasus Kiper FC Dallas, Maarten Paes di CAS sudah clear, bakal debut kontra Irak?

bolaindonesia | 12:07 WIB

Masyarakat Indonesia memiliki antusias dengan pelatih tim nasional Indonesia. Kiprahnya membawa timnas Indonesia bermain dengan gemilang dalam kancah internasional. Apakah Shin Tae Yong tetap berlanjut mengkomandoi para pemain andalan Indonesia?

bolaindonesia | 14:39 WIB

Bek Persib Bandung Kakang Rudianto langsung terbang ke Dubai untuk bergabung bersama Tim Nasional U-23 Indonesia dalam ajang Piala Asia U-23 2024 di Qatar. Timnas mengawalinya dengan pemusatan latihan di Dubai

bolaindonesia | 12:49 WIB

Pelatih Tim Nasional U-23 Indonesia Shin Tae-yong masih mempunyai pekerjaan rumah sebelum menjalani debut di Piala Asia U-23 2024 di Qatar

bolaindonesia | 14:34 WIB

Nathan Tjoe-A-On, pemain asal klub Eredivisie Belanda, SC Heerenveen menjadi nama terakhir yang dipanggil Shin Tae-yong bersama 27 pemain timnas Indonesia guna menjalani persiapan Piala Asia U23 2024 di Qatar.

bolaindonesia | 20:34 WIB

Pelatih timnas Indonesia U23, Shin Tae-yong memberi apresiasi bantuan Ketua Umum PSSI, Erick Thohir, dan para pemilik klub Liga 1 Indonesia.

bolaindonesia | 20:06 WIB

Pelatih Tim Nasional U-23 Indonesia, Shin Tae-yong sampaikan terimakasih kepada klub peserta Liga 1 yang sudah memberikan dukungan penuh untuk timnya tampil dalam Piala Asia U-23 Qatar 2024.

bolaindonesia | 16:37 WIB

Pemain Persib Beckham Putra Nugraha kembali batal memperkuat Tim Nasional Indonesia akibat cedera. Sebelumnya absen dalam ajang Asia Games 2023, kali ini tak tampil di Piala Asia U-23 di Qatar

bolaindonesia | 15:45 WIB

Pemain keturunan Seharga Rp31,29 Miliar mengaku sedang melakukan proses naturalisasi, bakal jadi amunisi baru timnas Indonesia kontra Irak?

bolaindonesia | 12:19 WIB

Gelandang Persib Bandung Beckham Putra Nugraha akan fokus untuk menghadapi Bhayangkara FC sebelum berkonsentrasi bersama Tim Nasional U-23 Indonesia dalam AFC U23 Cup 2024 di Qatar

bolaindonesia | 12:40 WIB

Pertandingan Persib kontra Bhayangkara akan jadi pertandingan alumni Seri A Italia

bolaindonesia | 20:34 WIB

Gelandang Persib Bandung, Marc Klok mengalami cedera dan harus menjalani pemulihan di Singapura.Kondisi itu membuat Klok tak ikut dalam dalam rombongan Tim Nasional Indonesia untuk menghadapi Vietnam

bolaindonesia | 19:26 WIB

Setelah pemanggilan pada Sabtu (23/3/2024) pukul 02.44 WIB, hari ini Ernando Ari sudah terlihat ikut berlatih bersama rekan-rekan Timnas lainnya di Hanoi, Vietnam.

bolaindonesia | 09:19 WIB
Tampilkan lebih banyak