Bolaindonesia

Impresif di Piala AFF 2020, Timnas Indonesia Dijagokan ke SEA Games Vietnam

Timnas Indonesia dinilai punya modal bagus melaju ke kompetisi lain.

Husna Rahmayunita

Pemain Timnas Indonesia rayakan gol Ezra Walian ke gawang Singapura di leg kedua semifinal Piala AFF 2020 yang digelar di Stadion Nasional, Sabtu (25/12/2021). [dok.PSSI]
Pemain Timnas Indonesia rayakan gol Ezra Walian ke gawang Singapura di leg kedua semifinal Piala AFF 2020 yang digelar di Stadion Nasional, Sabtu (25/12/2021). [dok.PSSI]

Bolatimes.com - Penampilan Timnas Indonesia di Piala AFF 2020 diklaim menjadi modal bagus menuju SEA Games 2022 yang digelar di Vietnam.

Hal itu diungkapkan oleh Menteri Pemuda dan Olahraga Zainudin Amali setelah Timnas Indonesia lolos ke final Piala AFF 2020.

Zainudin menyebut bahwa Skuad Garuda yang diturunkan ke Piala AFF merupakan mereka yang diproyeksikan tampil di SEA Games Vietnam.

Dia optimistis pengalaman penggawa Timnas menghadapi para pemain senior di Piala AFF 2020 menjadi modal bagus untuk berprestasi di multievent dua tahunan nanti.

"Timnas ini kami persiapkan untuk SEA Games sehingga mereka sudah mendapatkan pengalaman terlebih dahulu bertemu dengan negara-negara di Asia Tenggara karena SEA Games ada batas maksimal usia. Tentu negara lain belum tentu semua timnya akan turun karena rata-rata pemain senior," kata Zainudin dalam sebuah acara TV seperti dikutip laman resmi Kemenpora.

Dia juga menuturkan jika timnas yang bermaterikan para pemain muda itu awalnya sempat diremehkan oleh negara lain karena minim pengalaman. Namun persepsi itu akhirnya mampu dipatahkan.

Tepatnya saat anak asuhan Shin Tae-yong mampu meluncur keke final Piala AFF 2020 usai menumbangkan Singapura dengan skor agregat 5-3.

"Awalnya timnas ini diremehkan oleh beberapa negara, diremehkan bahwa ini anak-anak muda, Indonesia turun dengan tim yang masih muda, tentu belum punya pengalaman tapi semangat mereka luar biasa. Dan jangan lupa tangan coach Shin Tae-yong," sambungnya

Timnas Indonesia akan menghadapi Thailand pada final Piala AFF 2020 yang akan berlangsung dalam dua leg, yakni Rabu 29 Desember dan Sabtu 1 Januari.

(Antara)

Berita Terkait

Berita Terkini