Lolos ke Final Piala AFF, Ini 2 Hal yang Harus Diperbaiki Timnas Indonesia

Di babak fina Piala AFF 2020, Indonesia ditantang lawan berat Thailand.

Rauhanda Riyantama | BolaTimes.com
Senin, 27 Desember 2021 | 13:30 WIB
Pemain Timnas Indonesia rayakan gol Ezra Walian ke gawang Singapura di leg kedua semifinal Piala AFF 2020 yang digelar di Stadion Nasional, Sabtu (25/12/2021). [dok.PSSI]

Pemain Timnas Indonesia rayakan gol Ezra Walian ke gawang Singapura di leg kedua semifinal Piala AFF 2020 yang digelar di Stadion Nasional, Sabtu (25/12/2021). [dok.PSSI]

Bolatimes.com - Timnas Indonesia berhasil lolos ke final Piala AFF 2020 usai mengandaskan perlawanan tuan rumah, Singapura. Meski mampu meraih kemenangan dan ke final, ada dua catatan minor harus segera diperbaiki tim Merah Putih.

Indonesia memastikan tempat di babak final usai mengalahkan Singapura dengan skor 4-2 di Stadion Nasional, Singapura, Sabtu (25/12/21).

Drama enam gol ini tercipta selama 120 menit laga, di mana di 90 menit pertama Indonesia harus puas bermain 2-2 dengan Singapura.

Baca Juga: 5 Pemain Indonesia yang Bersinar saat Hancurkan Singapura

Tak hanya drama enam gol, laga ini juga dihiasi dengan terusirnya tiga pemain Singapura akibat kartu merah yakni Safuwan Baharudin di akhir babak pertama, Irfan Fandy di babak kedua, dan Hassan Sunny di babak Extra Time.

Unggul jumlah pemain nyatanya tak membuat Indonesia merasa untung. Pasalnya, Singapura mampu memberi perlawanan sengit.

Momen laga timnas Indonesia vs Singapura. (Dok. Piala AFF)
Momen laga timnas Indonesia vs Singapura. (Dok. Piala AFF)

Bahkan Singapura bisa unggul atas Indonesia 2-1 kendati hanya bermain dengan sembilan orang di waktu normal, sebelum Pratama Arhan menyamakan kedudukan di menit ke-87.

Baca Juga: Berani Banget, Nemanja Matic Ejek Ronaldo karena Kalah di Laga Uji Coba

Singapura juga punya kesempatan untuk unggul kembali di menit akhir waktu normal setelah mendapat hadiah penalti dari wasit.

Beruntung bagi Indonesia, Nadeo Argawinata berhasil membaca arah tendangan Faisal Ramli dan menepis peluang emas Singapura itu.

Hingga akhirnya, Indonesia pun berhasil meraih kemenangan lewat dua gol tambahan di babak Extra Time melalui gol bunuh diri Shawal Anuar dan gol Egy Maulana Vikri.

Baca Juga: Kepengin Tampan, Alasan Kiper Legendaris Kolombia Pilih Operasi Plastik

Dalam kemenangan dramatis ini, setidaknya ada dua hal yang harus diperbaiki Indonesia dan Shin Tae-yong agar mampu meraih kemenangan di final dan menjadi juara. Mengingat lawan yang dihadapi adalah Thailand.

1. Antisipasi Bola Mati

Laga Indonesia melawan Singapura ini menjadi bukti bahwa skuat Garuda belum bisa mengantisipasi situasi Set Pieces atau bola mati.

Baca Juga: Banjir Ucapan Selamat, Jonatan Christie dan Shanju Eks JKT48 Bertunangan

Sebagai catatan, dua gol Singapura dicetak melalui situasi bola mati, di mana gol pertama melalui sontekan Song Ui-young memanfaatkan tendangan bebas dari sisi kiri pertahanan Indonesia.

Lalu gol kedua Singapura juga dibuat dari situasi bola mati lewat tendangan bebas langsung Shahdan Sulaiman yang gagal dihalau pagar betis dan dibendung Nadeo Argawinata.

Buruknya antisipasi bola mati ini pun menjadi perhatian Shin Tae-yong yang ingin anak asuhnya berbenah agar tak lagi kebobolan dari situasi bola mati saat bermain di final melawan Thailand.

Pemain Timnas Indonesia rayakan gol Ezra Walian ke gawang Singapura di leg kedua semifinal Piala AFF 2020 yang digelar di Stadion Nasional, Sabtu (25/12/2021). [dok.PSSI]
Pemain Timnas Indonesia rayakan gol Ezra Walian ke gawang Singapura di leg kedua semifinal Piala AFF 2020 yang digelar di Stadion Nasional, Sabtu (25/12/2021). [dok.PSSI]

2. Finishing

Penyelesaian akhir masih menjadi masalah utama Indonesia dalam menentukan jalannya sebuah laga. Hal tersebut dipertontonkan sepanjang laga melawan Singapura.

Dalam laga yang berlangsung selama 120 menit itu, Indonesia berhasil melepaskan 36 tembakan di mana 13 di antaranya mengarah ke gawang.

Banyaknya jumlah tendangan ke arah gawang itu tak berbanding lurus dengan gol yang didapat, yakni empat. Hal ini membuktikan bahwa para pemain Indonesia belum cukup tenang dalam melakukan penyelesaian akhir di depan gawang.

Hal ini pun harus diperbaiki menjelang laga final demi mampu mengimbangi Thailand yang dihuni pemain dengan kemampuan mencetak gol yang tinggi.

Kontributor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya
Berita Rekomendasi
Berita Terkait
TERKINI

Bek Persib Bandung Kakang Rudianto langsung terbang ke Dubai untuk bergabung bersama Tim Nasional U-23 Indonesia dalam ajang Piala Asia U-23 2024 di Qatar. Timnas mengawalinya dengan pemusatan latihan di Dubai

bolaindonesia | 12:49 WIB

Pelatih Tim Nasional U-23 Indonesia Shin Tae-yong masih mempunyai pekerjaan rumah sebelum menjalani debut di Piala Asia U-23 2024 di Qatar

bolaindonesia | 14:34 WIB

Nathan Tjoe-A-On, pemain asal klub Eredivisie Belanda, SC Heerenveen menjadi nama terakhir yang dipanggil Shin Tae-yong bersama 27 pemain timnas Indonesia guna menjalani persiapan Piala Asia U23 2024 di Qatar.

bolaindonesia | 20:34 WIB

Pelatih timnas Indonesia U23, Shin Tae-yong memberi apresiasi bantuan Ketua Umum PSSI, Erick Thohir, dan para pemilik klub Liga 1 Indonesia.

bolaindonesia | 20:06 WIB

Pelatih Tim Nasional U-23 Indonesia, Shin Tae-yong sampaikan terimakasih kepada klub peserta Liga 1 yang sudah memberikan dukungan penuh untuk timnya tampil dalam Piala Asia U-23 Qatar 2024.

bolaindonesia | 16:37 WIB

Pemain Persib Beckham Putra Nugraha kembali batal memperkuat Tim Nasional Indonesia akibat cedera. Sebelumnya absen dalam ajang Asia Games 2023, kali ini tak tampil di Piala Asia U-23 di Qatar

bolaindonesia | 15:45 WIB

Pemain keturunan Seharga Rp31,29 Miliar mengaku sedang melakukan proses naturalisasi, bakal jadi amunisi baru timnas Indonesia kontra Irak?

bolaindonesia | 12:19 WIB

Gelandang Persib Bandung Beckham Putra Nugraha akan fokus untuk menghadapi Bhayangkara FC sebelum berkonsentrasi bersama Tim Nasional U-23 Indonesia dalam AFC U23 Cup 2024 di Qatar

bolaindonesia | 12:40 WIB

Pertandingan Persib kontra Bhayangkara akan jadi pertandingan alumni Seri A Italia

bolaindonesia | 20:34 WIB

Gelandang Persib Bandung, Marc Klok mengalami cedera dan harus menjalani pemulihan di Singapura.Kondisi itu membuat Klok tak ikut dalam dalam rombongan Tim Nasional Indonesia untuk menghadapi Vietnam

bolaindonesia | 19:26 WIB

Setelah pemanggilan pada Sabtu (23/3/2024) pukul 02.44 WIB, hari ini Ernando Ari sudah terlihat ikut berlatih bersama rekan-rekan Timnas lainnya di Hanoi, Vietnam.

bolaindonesia | 09:19 WIB

Jelang laga lawan Vietnam, Timnas Indonesia hadapkan krisis pemain. Sehingga STY memanggil punggawa tambahan untuk terbang ke Vietnam.

bolaindonesia | 13:47 WIB

Dalam pertandingan putaran pertama, pada Jumat, (22/3/2024) berakhir imbang 1-1, Arkhan Kaka sama sekali tidak mencetak gol akibat rapatnya pertahanan timnas China.

bolaindonesia | 12:35 WIB

Kabarnya, Timnas Indonesia harus kehilangan lima pemain sekaligus lantaran kondisi kesehatan yang terganggu.

bolaindonesia | 08:45 WIB

Lama tak ada kabar soal kebersamaannya bersama Timnas Indonesia, gelandang Persib, Marck Klok tiba-tiba memberi kabar tak sedap.Pemain berdarah Belanda itu mengaku jika dirinya meninggalkan Timnas Indonesia karena alasan pribadi.

bolaindonesia | 07:15 WIB

Timnas U20 Indonesia bermain dengan formasi 4-3-3 di pertandingan ini. Indra Sjafri memposisikan Arkhan Kaka sebagai striker utama, didukung oleh Afrisal dan Ariansyah di sampingnya.

bolaindonesia | 06:15 WIB

ek tim nasional Indonesia, Jay Idzes dalam laga itu mendapat pujian netizen lantaran permainan yang apik.Dia mampu menunjukkan sikap rendah hati setelah mendapat pujian lantaran mampu memimpin lini belakang secara baik.

bolaindonesia | 16:39 WIB

Shin Tae-yong membuat kaget para fans Timnas Indonesia dengan memasang Hokky Caraka sebagai starter, ternyata dibalik semua itu ada ada alasan ini

bolaindonesia | 13:59 WIB
Tampilkan lebih banyak