Bolaindonesia

5 Kemenangan Terbesar Timnas Indonesia atas Kamboja di Piala AFF, Ada 10-0

Kamboja selalu jadi bulan-bulanan Indonesia di Piala AFF.

Rauhanda Riyantama

Starting XI Timnas Indonesia saat menghadapi Taiwan. (Dok. PSSI)
Starting XI Timnas Indonesia saat menghadapi Taiwan. (Dok. PSSI)

Bolatimes.com - Sebelum bentrok pada laga penyisihan Grup B Piala AFF 2020, Timnas Indonesia dan Kamboja telah 16 kali bertemu sepanjang sejarah pertemuan keduanya.

Dari seluruh pertemuan itu, timnas Indonesia memiliki catatan yang sangat impresif ketika berjumpa Kamboja. Sebab, tak ada satu pun kekalahan yang dialami skuad Merah Putih dari Kamboja.

Merujuk pada data yang dimuat 11v11, 15 pertandingan dari 16 kali pertemuan timnas Indonesia melawan Kamboja berakhir dengan kemenangan. Sementara itu, satu laga sisanya berakhir imbang.

Dari seluruh rekor tersebut, timnas Indonesia juga pernah mencatatkan kemenangan dengan skor yang cukup telak saat berjumpa Kamboja.

Kemenangan telak ini berakhir dengan margin gol yang sangat besar. Hal ini tak terlepas dari ketimpangan kekuatan Indonesia yang terlalu tangguh untuk tim sekelas Kamboja.

Berikut Bolatimes.com menyajikan lima kemenangan terbesar timnas Indonesia dalam sejarah pertemuannya dengan Kamboja.

5. Timnas Indonesia 7-0 Timnas Kamboja

Salah satu kemenangan terbesar timnas Indonesia atas Kamboja pernah tercipta pada laga Grup B Piala Kemerdekaan 2008.

Saat itu, timnas Indonesia yang berada di bawah asuhan pelatih Benny Dollo sukses melumat Kamboja dengan skor 7-0.

Pada laga yang berlangsung di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Senayan, 21 Juli 2008 itu, Indonesia sudah unggul lima gol tanpa balas pada babak pertama.

Sementara pada babak kedua, skuad Garuda sukses melesakkan dua gol untuk melengkapi pesta kemenangan atas Kamboja menjadi 7-0.

4. Timnas Indonesia 9-2 Timnas Kamboja

Kualifikasi Piala Asia 2000 mempertemukan Indonesia, Kamboja, dan Hong Kong di satu grup yang sama. Pada momen ini, Kamboja selalu menjadi lumbung gol skuad Garuda.

Terbukti, timnas Indonesia pernah menghajar Kamboja dengan skor telak 9-2 saat keduanya bertanding di Stadion Utama Gelora Bung Karno.

Salah satu bintang kemenangan timnas Indonesia pada laga ini ialah Rochy Putiray yang mencetak trigol untuk skuad Garuda.

Sementara itu, Bambang Pamungkas mencetak dwi gol, dan sisanya dicetak masing-masing oleh Eko Purjianto, Uston Nawawi, Imran Nahumarury, dan Widodo Cahyono Putro.

3. Timnas Kamboja 0-8 Timnas Indonesia

Timnas Indonesia pernah mencatatkan performa impresif pada babak penyisihan Piala AFF 2004 (dulu bernama Piala Tiger).

Salah satu performa terbaiknya yakni ketika melumat Kamboja dengan skor 8-0. Pada laga itu, Ilham Jaya Kesuma menjadi bintang kemenangan lewat hattricknya ke gawang Kamboja.

Sementara itu, Elie Aiboy mencetak dua gol. Jumlah yang sama juga dicatatkan oleh Kurniawan Dwi Yulianto. Adapun satu gol lain dicetak oleh Ortizan Solossa.

2. Timnas Indonesia 8-0 Timnas Kamboja

Pada babak Kualifikasi Piala Dunia 1998, timnas Indonesia pernah membombardir gawang Kamboja dengan jumlah gol yang serupa.

Sebab, pada pertandingan yang berlangsung pada 6 April 1997 itu, Indonesia sukses mencukur Kamboja dengan delapan gol tanpa balas.

Namun, pada leg kedua, Kamboja mampu menahan gempuran timnas Indonesia. Sebab, duel kedua berakhir imbang 1-1.

Hasil pertandingan yang berlangsung 27 April 1997 itu menjadi satu-satunya hasil imbang yang diraih Kamboja sepanjang sejarahnya berjumpa Indonesia di berbagai ajang.

1. Timnas Indonesia 10-0 Timnas Kamboja

Pada ajang SEA Games 1995, timnas Indonesia pernah mencukur Kamboja dengan skor yang sangat telak, yakni dengan kemenangan sepuluh gol tanpa balas.

Pada pertandingan yang berlangsung pada 6 Desember 1995 itu, timnas Indonesia sukses menghancurkan Kamboja pada fase grup.

Skor 0-10 itu juga menjadi kekalahan terbesar dalam sejarah sepak bola Kamboja di pertandingan internasional.

Kontributor: Muh Adif Setyawan

Berita Terkait

Berita Terkini