Boladunia

Demi Piala AFF Diperkuat Pemain Terbaik, Ini Langkah yang Akan Diambil FIFA

Presiden FIFA Gianni Infantino hadir saat pembukaan Piala AFF.

Arif Budi Setyanto

Presdien FIFA, Gianni Infantino memberikan pidato saat kongres FIFA di Moskow (13/6) [Mladen Antonov/AFP]
Presdien FIFA, Gianni Infantino memberikan pidato saat kongres FIFA di Moskow (13/6) [Mladen Antonov/AFP]

Bolatimes.com - Presiden FIFA Gianni Infantino hadir dalam upacara pembukaan Piala AFF 2020. Dalam kesempatan itu, dia mengatakan FIFA akan mengambil langkah agar turnamen antarnegara ASEAN ini bisa lebih prestise.

Sebagaimana diketahui, Piala AFF 2020 merupakan turnamen tertinggi bagi negara-negara di Asia Tenggara. Sayangnya ajang ini kadang tak maksimal karena tim nasional tak bisa leluasa memanggil para pemain terbaiknya.

Pasalnya Piala AFF 2020 sendiri adalah turnamen yang tidak termasuk dalam agenda resmi FIFA. Hal itu berarti klub tidak wajib melepas pemain yang dipanggil timnas.

Misalnya seperti Egy Maualan Vikri yang tidak dilepaskan FK Senica secara langsung. Klub asal Slovakia itu dikabarkan bakal melepas pemain berusia 22 tahun itu ke Indonesia usai agenda klub di Desember ini selesai.

Bukan hanya itu, Dion Cools yang dipanggil Malaysia juga tak bisa bergabung tepat waktu. Dari jadwal yang ada, FC Midtjylland, klub sang pemain punya agenda terakhir sebelum libur musim dingin pada 13 Desember menghadapi Brondby di Piala Denmark.

Setelah itu, barulah Dion Cools akan terbang ke Singapura untuk bergabung dengan Malaysia yang berjuang di Piala AFF 2020.

Nah, demi menghindari hal-hal seperti itu, Gianni Infantino akan mengambil langkah agresif. Dia punya pendekatan agar Piala AFF nantinya bisa diperkuat pemain-pemain terbaik dari negaranya masing-masing.

Alih-alih menambah jendela internasional yang ada, Infantino ingin memperpanjang jeda internasional. Sehingga klub bisa melepas pemainnya untuk membela negara masing-masing.

Presiden FIFA, Gianni Infantino, datang di pembukaan Piala AFF 2020. (ESPN)
Presiden FIFA, Gianni Infantino, datang di pembukaan Piala AFF 2020. (ESPN)

"Daripada lebih banyak jendela internasional. Kita harus menyusunnya menjadi jendela internasional yang lebih panjang," ucap Infantino dikutip dari ESPN pada Selasa (7/12/2021).

Terlepas dari itu, sebagaian pertandingan Piala AFF 2020 kini sudah dimainkan. Tim-tim seperti Malaysia, Thailand, Singapura, dan Vietnam berhasil meraih kemenangan perdana.

Adapun Indonesia masih harus menunggu hingga Kamis (9/12/2021) untuk berlaga di Piala AFF 2020. Laga perdana anak asuh Shin Tae-yong bakal menghadapi Kamboja.

Berita Terkait

Berita Terkini