Timnas Indonesia Perpanjang Rekor Tak Pernah Menang Usai Keok dari Malaysia

Timnas Indonesia U-18 kecolongan gol di babak tambahan.

Galih Priatmojo | BolaTimes.com
Sabtu, 17 Agustus 2019 | 20:06 WIB
Timnas Indonesia U-18 (Instagram/@timnasu18.id)

Timnas Indonesia U-18 (Instagram/@timnasu18.id)

Bolatimes.com - Timnas Indonesia U-18 gagal memberikan kado indah tepat di hari Kemerdekaan ke-74  Republik Indonesia. Skuat Garuda Nusantara harus memupus asanya merengkuh trofi Piala AFF U-18 setelah takluk dari rival abadinya, Malaysia pada laga semifinal di Go Dau Stadium, Thu Dau Mot, Vietnam, Sabtu (17/8/2019).

Setelah saling balas di waktu normal dan skor sama kuat 3-3, Indonesia kecolongan satu gol di babak extra-time. Tim asuhan Fakhri Husaini pun akhirnya menyerah dengan skor 3-4 dan harus tersingkir.

Kekalahan ini pun menambah panjang rekor tak pernah menang Timnas Indonesia di kelompok umur U-18 atas Malaysia.

Baca Juga: Sambut Kejuaraan Dunia Bulutangkis 2019, Ini Target Tunggal Putra Indonesia

Jalannya Pertandingan

Di awal-awal laga, Malaysia lebih mengusai pertandingan dan lebih berani dalam melakukan serangan.

Namun, Indonesia kemudian bangkit dan mendapatkan peluang via Bagus Kahfi. Sayang, peluang ini masih belum bisa menjadi gol.

Baca Juga: Ini Harapan Besar Spaso di Peringatan Hari Kemerdekaan Indonesia

Menit ke-18, kelengahan bek Indonesia mampu dimanfaatkan Aiman Afit. Sebuah tendangan bebas Malaysia deflected, bola yang jatuh di mulut gawang Indonesia pun tinggal disontek Aiman dengan mudah untuk menjadi gol.

Dua menit berselang, tekanan bertubi-tubi Malaysia hampir kembali membobol gawang Indonesia yang dikawal kiper Ernando Ari. Beruntung tiang dan mistar gawang menjadi penyelamat bagi Ernando kali ini.

Indonesia mulai bangkit di pertengahan babak kedua. Fajar Fathur, Beckham Putra, serta Moch. Supriadi menghadirkan serangan-serangan bergelombang.

Baca Juga: Barcelona Keok di Laga Perdana La Liga, Eh Luis Suarez Cedera

Namun, Malaysia bertahan dengan baik yang membuat Indonesia belum menemukan peluang yang benar-benar bersih.

Malaysia bertahan sepenuhnya di akhir-akhir babak pertama. Sebuah sepakan Bagus Kahfi dari dalam kotak penalti masih melenceng tipis dari gawang Malaysia. Indonesia nyaris menyamakan kedudukan!

Serangan-serangan bergelombang Indonesia akhirnya berbuah gol. Sebuah crossing Fajar dari sisi kanan berhasil disambut tendangan keras Beckham dari dalam kotak penalti pada menit ke-45. Skor kini imbang 1-1!

Baca Juga: Link Siaran Langsung Timnas Indonesia U-18 vs Malaysia

Pesepakbola Indonesia Beckham Putra Nugraha (tengah) berusaha melewati dua pesepakbola Myanmar Naung Soe (kanan) dan Khun Kyaw (kiri) saat bertanding pada penyisihan Grup A Piala AFF U-18 2019 di Stadion Thong Nhat, Ho Chi Minh, Vietnam, Rabu (14/8/2019). ANTARA FOTO/Yusran Uccang/ama.
Pesepakbola Indonesia Beckham Putra Nugraha (tengah) berusaha melewati dua pesepakbola Myanmar Naung Soe (kanan) dan Khun Kyaw (kiri) saat bertanding pada penyisihan Grup A Piala AFF U-18 2019 di Stadion Thong Nhat, Ho Chi Minh, Vietnam, Rabu (14/8/2019). ANTARA FOTO/Yusran Uccang/ama.

Skor seri ini pun bertahan hingga wasit meniup peluit panjang tanda half-time.

Memasuki babak kedua, belum genap semenit, Malaysia sudah menebar ancaman. Luqman Hakim melepaskan tembakan yang membuat Ernando harus berjibaku di garis gawang.

Menit ke-54, percobaan kedua Luqman akhirnya sukses menggandakan skor bagi Malaysia. Bomber andalan Malaysia itu menemukan ruang di luar kotak penalti, sebelum melepaskan tembakan cannon ball yang bersarang di sudut kanan atas gawang Indonesia.

Semenit setelah tertinggal 1-2, Indonesia langsung tancap gas untuk menyamakan kedudukan. Penetrasi Beckham diteruskan dengan sebuah umpan silang ke muka gawang Malaysia. Sayang, bola gagal disambut para attacker Indonesia.

Menit ke-68, pelatih Indonesia Fakhri Husaini akhirnya memasukkan penyerang Sutan Zico untuk menggantikan Supriadi yang memang tidak dalam kondisi 100 persen. 

Meski Supriadi keluar, daya dobrak Indonesia diharapkan tetap tak menurun dengan masuknya Zico.

Terus menyerang, Garuda Nusantara akhirnya berhasil menyamakan skor menjadi 2-2 pada menit ke-80.

Fajar Fathur melakukan penetrasi. Ia berhasil membongkar tembok kokoh pertahanan Malaysia sebelum melakukan finishing kaki kiri dari dalam kotak penalti.

Dua menit berselang setelah menyamakan skor jadi 2-2, Indonesia berbalik unggul 3-2. Sebuah solo-run cantik yang dilakukan Salman Alfarid diakhiri dengan tendangan dari luar kotak penalti yang berhasil menjadi gol. yang cantik dari Salman!

Sayang seribu sayang, euforia tersebut dirusak saat Alfeandra Dewangga melanggar salah satu penggawa Malaysia di kotak terlarang Indonesia. Sepakan penalti Hanth Haiqal berhasil mengecoh kiper Ernando Ari, skor kini sama kuat 3-3.

Kedua tim saling serang di sisa waktu babak kedua, namun tak ada gol tambahan yang tercipta. Laga pun harus dilanjutkan ke babak extra-time.

Di babak perpanjangan waktu, tepatnya pada menit ke-98, sebuah set-piece lagi-lagi menghadirkan kesulitan bagi Indonesia.

Sebuah tendangan bebas dari sisi kiri pertahanan Indonesia, berhasil ditanduk Hanth Haiqal untuk membawa Malaysia unggul 4-3! Ini merupakan gol kedua Haiqal di partai ini.

Kapten Timnas Indonesia U-19, Brylian Aldama, berduel dengan pemain Laos di pertandingan ketiga fase Grup A Piala AFF U-18 2019. (Dok: PSSI)
Kapten Timnas Indonesia U-19, Brylian Aldama, berduel dengan pemain Laos di pertandingan ketiga fase Grup A Piala AFF U-18 2019. (Dok: PSSI)

Indonesia menggempur habis pertahanan Malaysia di sisa waktu paruh pertama extra-time. Tekanan pun makin gencar dilakukan di 15 menit kedua.

Namun sayang, Garuda Nusantara gagal mengejar ketertinggalan untuk setidaknya memaksakan laga berlanjut ke adu penalti.

Indonesia menyerah dengan skor akhir 3-4 dan harus rela tersingkir di babak semifinal Piala AFF U-18 2019.

Kekalahan ini membuat rekor tak pernah menang Timnas Indonesia di kelompok umur ini makin panjang. 

Ya, dari lima kali pertemuan di ajang yang sama, Timnas Indonesia paling banter memetik hasil imbang dari Malaysia. Sementara Malaysia mengulang kesuksesan seperti di tahun lalu. Kala itu skuat Harimau muda Malaya juga menang atas Timnas Indonesia di babak semifinal. 

Berita Rekomendasi
Berita Terkait
TERKINI

Do Duy Manh bek Timnas Vietnam baru-baru ini turut mengomentari banyaknya pemain naturalisasi yang dilakukan Timnas Indonesia, Shin Tae-yong memberikan respon seperti ini.

bolaindonesia | 10:12 WIB

Dalam pertarungan nanti, Persija Jakarta akan menjamu Persik Kediri Bali di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar pada Sabtu, 16 Maret 2024 malam.

bolaindonesia | 21:57 WIB

Pertandingan Indonesia vs Vietnam akan berlangsung di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, sekaligus menjadi debut empat pemain baru naturalisasi.

bolaindonesia | 19:46 WIB

Persib akan berjumpa Persibkabo pada pekan 29 Liga 1 2023/2024. Tagar Persibday pun ramai digaungkan oleh bobotoh di media sosial. Bahkan hastag tersebut bersaing dengan Rocky Gerung dan Pak Sumedi.

bolaindonesia | 11:31 WIB

Shin tae-yong coret 5 pemain skuad Timnas Indonesia di ajang Piala Asia 2023, dengan berbagai alasan hingga akhirnya tak bisa tampil di Kualifikasi Piala Duni 2026 zona Asia.

bolaindonesia | 10:37 WIB

Shin Tae-yong pelatih Timnas Indonesia yang dikenal akan program naturalisasinya, kini STY merasa terteka dengan banyaknya pemain keturunan yang memperkuat Timnas Indonesia

bolaindonesia | 07:23 WIB

Shin Tae-yong bertemu dengan Erick Thohir menyampaikan perkembangan Timnas Indonesia dan siap menyapu 2 laga lawan Vietnam di Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia.

bolaindonesia | 20:44 WIB

Erick Thohir beberkan soal potensi pemain naturalisasi Nathan Tjoe-A-On untuk membela Timnas Indonesia, Shin Tae-yong bisa bernafas lega banyak opsi pemain yang dipersipakan untuk melawan Vietnam.

bolaindonesia | 07:01 WIB

Bek Timnas Vietnam sebelum jumpa Indonesia di Kualifikasi Piala Dunia 2026 nampak bercanda seolah lawan yang dihadapi ini Timnas Garuda atau Belanda

bolaindonesia | 10:35 WIB

Marc Klok akui ingin fokus membela Persib Bandung terlebih dahulu baru berjuang mati-matian membela Timnas Indonesia

bolaindonesia | 16:39 WIB

Pelatih Vietnam diminta untuk tiru taktik eks pelatih Real Madrid kala jumpa Indonesia mengingat catatan tak pernah menang lawan Timnas Garuda

bolaindonesia | 08:39 WIB

Rans Nusantara di pekan ke 28 BRI Liga satu masih belum meraih kemenangan dan tertahan di papan bawah klasmen, kini bertekad untuk bangkit saat jumpa Bali United.

bolaindonesia | 19:37 WIB

Pemain naturalisasi Marc Klok mengaku bangga bisa kembali membela Timnas Indonesia.

bolaindonesia | 19:06 WIB

Rafael Struick saat membela Ado Den Haag U-21 lawan Dordrecht U-21 mampu cetak gol dan turut disaksikan oleh Shin Tae-yong

bolaindonesia | 10:03 WIB

Shin Tae-yong telah memilih 28 pemain Timnas Indonesia, sayang 3 striker naturalisasi ini justru dianggurin STY.

bolaindonesia | 09:16 WIB

Marc Klok akui laga Persib Bandung vs Persija Jakarta hatinya bergetar bukan karena lawan mantan team melainkan karena ini

bolaindonesia | 12:43 WIB

Shin Tae-yong memperlihatkan kedekatannya dengan pemain abroad Timnas Indonesia, dengan makan bareng di Eropa

bolaindonesia | 19:44 WIB

Para pecinta Persib dapat mengikuti berita terbaru seputar tim kesayangan mereka. Informasi tentang transfer pemain, latihan terbaru, dan kondisi cedera menjadi sorotan utama. Sumber terpercaya akan memberikan Anda pembaruan terkini.

bolaindonesia | 11:00 WIB
Tampilkan lebih banyak