Hasil Piala Dunia 2022: Imbang 0-0 Lawan Kroasia, Belgia Gagal Lolos ke 16 Besar

Dihuni nama-nama tenar, Belgia tak mampu lolos ke babak 16 besar Piala Dunia 2022

Irwan Febri Rialdi | BolaTimes.com
Jum'at, 02 Desember 2022 | 00:12 WIB
Belgia bermain imbang 0-0 kontra Kroasia di Piala Dunia 2022. (Instagram/@fifaworldcup)

Belgia bermain imbang 0-0 kontra Kroasia di Piala Dunia 2022. (Instagram/@fifaworldcup)

Bolatimes.com - Hasil Piala Dunia 2022, Belgia gagal melenggang ke babak 16 besar Piala Dunia 2022 setelah hanya bermain imbang 0-0 kontra Kroasia pada laga terakhir Grup F di Stadion Ahmed bin Ali, Doha, Qatar, Kamis (1/12/2022) malam WIB.

Belgia, yang merupakan juara ketiga di Piala Dunia empat tahun lalu, kandas setelah hanya finis di peringkat ketiga klasemen akhir Grup F dengan poin 4.

Ini setelah di laga lainnya malam ini, Maroko mengalahkan Kanada 2-1. Maroko keluar sebagai juara grup dengan poin 7, sementara Kroasia melaju ke babak 16 besar sebagai runner-up Grup F dengan poin 5.

Di Stadion Ahmed bin Ali, Kroasia langsung tancap gas di babak pertama. Baru beberapa detik setelah kick-off, bola lambung dari tengah lapangan diterima Ivan Perisic.

Winger Tottenham itu langsung melepaskan tembakan yang sedikit menyamping di sebelah kanan gawang Belgia kawalan kiper Thibaut Courtois.

Menit ke-13, counter-attack cepat Belgia cukup mengancam Kroasia. Kevin De Bruyne terus melaju ke daerah pertahanan Kroasia sebelum menyodorkan bola ke Dries Mertens.

Sayang, sepakan first time Mertens melambung tinggi di atas gawang Kroasia yang dijaga Dominik Livakovic. 

Kroasia mendapat hadiah penalti di menit ke-15. Bermula dari situasi tendangan bebas di kanan pertahanan Belgia, scrimmage terjadi di kotak penalti dan bola sempat dikuasai Yannick Carrasco.

Akan tetapi, si kulit bundar tidak terkontrol dengan baik. Striker Kroasia, Andrej Kramaric merebut bola dan usaha Carrasco merebut balik malah berbuah pelanggaran di kotak 16.

Luka Modric sudah maju jadi algojo penalti, namun wasit Anthony Taylor dari Inggris mengecek VAR karena ada dugaan offside sebelum momen pelanggaran itu.

Setelahnya, Taylor menyatakan Dejan Lovren memang offside dalam situasi set-piece sebelumnya itu. Penalti batal!

Setelah momen penalti yang dianulir ini, tensi pertandingan justru menurun. Kedua tim tampak lebih berhati-hati, dengan bola lebih banyak berkutat di lini tengah.

Ini terefleksi dari jumlah percobaan tembakan ke gawang dari kedua tim yang sama-sama 0 di sepanjang babak pertama.

Di lima menit terakhir babak pertama plus injury time, Belgia mulai tampak mendominasi ball possession. Akan tetapi sampai half-time, skor 0-0 tetap bertahan. 

Butuh gol dan butuh menang untuk lolos, pelatih Belgia Roberto Martinez memasukkan Romelu Lukaku selepas restart.

Akan tetapi, justru Kroasia yang menggila di awal babak kedua ini. Setidaknya ada tiga peluang bersih yang didapat Kroasia.

Shots on target pertama di laga ini ditandai dengan usaha Marko Kovacic. Sayang, tembakan gelandang Chelsea itu dari dalam kotak penalti masih bisa diblok Courtois. Gawang Belgia masih aman.

Menit ke-54, giliran sepakan kaki kiri Marcelo Brozovic yang berhasil dibendung Courtois. Semenit berselang, percobaan Modric berhasil dibendung Courtois, rekan setimnya di Real Madrid. Courtois benar-benar sibuk di babak kedua!

Menariknya setelah gencar ditekan, angin serangan justru berbalik jadi milik Belgia.

Menit ke-60, Carrasco merangsek masuk ke kotak penalti Kroasia. Pemain Atletico Madrid itu pun melepas tembakan namun berhasil ditahan kiper Livakovic.

Bola muntah langsung disambar Lukaku. Sayang, cocoran kaki kanan bomber Inter Milan itu hanya membentur tiang gawang Kroasia.

Menit ke-62, sundulan Lukaku menyambut crossing De Bruyne hanya melambung di atas mistar gawang Kroasia. Sangat disayangkan karena Lukkau sebenarnya dalam posisi bebas tak terkawal.

Setelah itu, kedua tim saling jual beli serangan. Segala kemungkinan masih bisa terjadi.

Menit ke-89. Lukaku mendapat kesempatan emas untuk membawa Belgia unggul. Cutback dari Eden Hazard, yang juga turun sebagai pengganti, gagal dimaksimalkan Lukaku di mulut gawang Kroasia. Bola masih bisa diamankan Livakovic.

Sampai peluit panjang ditiup wasit. skor kacamata tetap tak berubah.

Susunan Pemain:

Timnas Kroasia XI (4-3-3): Dominik Livakovic: Josip Juranovic, Dejan Lovren, Josko Gvardiol, Borna Sosa; Luka Modric, Marcelo Brozovic, Mateo Kovacic; Andrej Kramaric, Marko Livaja, Ivan Perisic.

Pelatih: Zlatko Dalic (Kroasia)

Timnas Belgia XI (3-4-2-1): Thibaut Courtois; Jan Vertonghen, Toby Alderweireld, Leander Dendoncker; Timothy Castagne, Axel Witsel, Kevin De Bruyne, Thomas Meunier; Yannick Carrasco, Leandro Trossard; Dries Mertens.

Pelatih: Roberto Martinez (Spanyol).

(Suara.com/Rully Fauzi)

Berita Rekomendasi
Berita Terkait
TERKINI

Pertandingan Vietnam vs Indonesia akan berlangsung di Stadion My Dinh, Hanoi pada Selasa, (26/3/2024) pukul 19.00 WIB.

boladunia | 20:26 WIB

Deretan laga besar akan tersaji dalam Euro 2024 yang tak lama lagi akan digelar di Benua Biru. Jelang pertarungan bergengsi antar-negara di Eropa ini, ada sejumlah fakta menarik yang layak untuk dikupas.

boladunia | 09:15 WIB

Barcelona terjepit. Klub Catalan itu sudah disebut miskin oleh pemain incarannya. Pengaturan transfer menjadi lebih lancar ketika klub memiliki sumber daya finansial yang pas-pasan.

boladunia | 22:17 WIB

Liverpool memiliki kesempatan besar dalam mencari pengganti Juergen Klopp yang akan segera meninggalkan klub.Xabi Alonso, yang saat itu menjadi pelatih Bayer Leverkusen, pernah menjadi pilihan utama Liverpool.

boladunia | 21:58 WIB

Hasil undian untuk semifinal Piala FA diumumkan sekitar dua puluh lima menit setelah pertandingan Man United vs Liverpool di Old Trafford berakhir pada hari Minggu, tanggal 17 Maret 2024.

boladunia | 20:52 WIB

Striker AC Milan, Olivier Giroud dikabarkan akan merapat ke klub sepakbola asal Amerika Serikat. Saat ini disebutkan jika sang pemain sedang dalam tahap pembicaraan dengan LAFC di Amerika Serikat.

boladunia | 00:05 WIB

Di pertandingan melawan Hellas Verona pada pekan ke-29 Liga Italia, Pulisic mencetak gol penting yang mencatat sejarah bagi klub.

boladunia | 15:00 WIB

Gelaran drawing Europa Conference League 2023/2024 dilakukan di Nyon, Swiss pada Jumat, 15 Maret 2024. Dalam undian ada empat laga akan digelar pada delapan besar.

boladunia | 21:19 WIB

Detik-detik menegangkan terjadi ketika VAR melakukan tinjauan intensif untuk memastikan keabsahan gol tersebut, menciptakan ketegangan dan euforia di seluruh stadion.

boladunia | 07:00 WIB

Dalam pertandingan tersebut, Simone Inzaghi's squad mencetak gol melalui kontribusi Mateo Darmian, Lautaro Martinez, Federico Dimarco, dan Davide Frattesi, mengumpulkan total 69 poin, unggul 12 poin dari Juventus yang menempati posisi kedua dengan 57

boladunia | 06:15 WIB

Pertandingan tandang Al Nassr melawan Al Shabab pada pekan ke-21 Liga Pro Arab Saudi, Senin (26/2/2024) dini hari WIB, berlangsung di Prince Faisal bin Fahd Stadium.

boladunia | 11:33 WIB

Suporter fanatik Timnas Indonesia, Katon, dikabarkan telah meninggal dunia karena sakit yang dideritanya.

boladunia | 21:35 WIB

Babak 16 besar Liga Europa menunjukkan bahwa AC Milan berpeluang menghadapi Liverpool. AC Milan dan Liverpool bertemu di babak final Liga Europa, bukan di fase awal eliminasi.

boladunia | 11:02 WIB

Di era di mana penilaian terhadap pemain semakin berkutat pada statistik serangan mereka, mengutip rangkuman transfermarkt-com, ada 20 puluh pemain papan atas di Eropa yang berhasil mencatatkan angka dua digit dalam mencetak gol dan memberikan assist

boladunia | 10:17 WIB

Laga Al-Nasr vs Al-Hilal berlangsung di Kingdom Arena, pada Jumat, (9/2/2024). Tim dengan jersey warna kuning dominan itu harus mengakui keunggulan Al-Hilal dengan skor 2-0.

boladunia | 08:25 WIB

Partai final Piala Asia 2023, laga antara Qatar vs Yordania berlangsung di Stadion Lusail, pada Sabtu, (10/2/2024) malam WIB.

boladunia | 08:13 WIB

Laga final Piala Asia 2023 antara Yordania menantang tim tuan rumah Qatar bakal berlangsung di Stadion Lusail, pada Sabtu (10/2/2024) pukul 22.00 WIB.

boladunia | 13:21 WIB

Adapun jadwal siaran langsung Yordania vs Qatar akan dimulai pukul 22.00 WIB. Pertandingan ini dapat disaksikan melalui stasiun televisi RCTI.

boladunia | 10:57 WIB
Tampilkan lebih banyak