Boladunia

Profil Didier Deschamps, Pelatih Jenius yang Tangani Timnas Prancis di Piala Dunia 2022

Kiprah Didier Deschamps patut dinanti, apakah berhasil membawa Timnas Prancis mempertahankan gelar juara atau tidak.

Rauhanda Riyantama

Pelatih Prancis, Didier Deschamps memegang trofi Piala Dunia 2018/Twitter
Pelatih Prancis, Didier Deschamps memegang trofi Piala Dunia 2018/Twitter

Bolatimes.com - Mengenal lebih jauh sosok Didier Deschamps, pelatih yang akan memimpin Timnas Prancis di ajang Piala Dunia 2022 di Qatar.

Jelang bergulirnya Piala Dunia 2022, banyak negara peserta yang melakukan perombakan di sektor kepelatihan tim nasionalnya.

Perombakan ini dilakukan untuk meraih hasil apik di ajang empat tahunan yang akan berlangsung dalam hitungan bulan tersebut.

Namun beberapa tim nasional memutuskan untuk bertahan dengan para pelatih terdahulunya, termasuk pelatih yang telah memimpin tim sejak Piala Dunia 2018.

Salah satunya adalah Timnas Prancis yang masih bertahan dengan Didier Deschamps untuk Piala Dunia 2022 mendatang.

Didier Deschamps masih dipercaya sebagai pelatih kepala Timnas Prancis karena prestasinya yang mampu membawa Les Bleus menjuarai Piala Dunia 2018 dan UEFA Nations League 2021.

Prestasi yang ia persembahkan itu membuat Timnas Prancis pun mempercayakan dirinya untuk bisa membawa Les Bleus kembali berbicara banyak di Piala Dunia 2022.

Lantas, siapakah sosok Didier Deschamps ini? Bagaimana rekam jejaknya? Mampukah ia membawa Timnas Prancis mempertahankan statusnya sebagai juara dunia pada Piala Dunia 2022 nanti?

Ulasan Karier sebagai Pelatih

Didier Deschamps bukanlah nama asing di sepak bola. Namanya sudah melejit sejak dirinya masih berstatus sebagai pemain di era 90 an.

Usai gantung sepatu, Deschamps kemudian meniti karier di dunia kepelatihan. Klub Prancis, AS Monaco menjadi tim pertama yang ia latih pada 2001.

Setelah menukangi AS Monaco, Deschamps melatih tim yang pernah dibelanya, Juventus, yang tengah tersandung kasus Calciopoli.

Usai mundur dari Juventus, Deschamps sempat menganggur sebelum kembali ke klub lama lainnya, yakni Olympique Marseille di tahun 2009, dan akhirnya angkat kaki pada 2012.

Pada 2012, FFF selaku federasi sepak bola Prancis menunjuk Deschamps sebagai pelatih tim nasional, menyusul mundurnya Laurent Blanc.

Tahta sebagai pelatih Timnas Prancis pun dipegang Deschamps hingga saat ini, atau selama satu dekade lebih.

Prestasi

Sebagai pelatih, Didier Deschamps punya sederet prestasi membanggakan. Prestasi pertamanya adalah membawa AS Monaco menjuarai Piala Liga Prancis 2002/2023.

Setelah itu, ia membawa Juventus yang turun kasta ke Serie B, menjadi juara dan promosi kembali ke Serie A di tahun 2007.

Pun bersama Olympique Marseille, Deschamps mampu membawa mantan timnya itu menjuarai kancah domestik, seperti Liga Prancis, Piala Liga Prancis, dan Piala Super Prancis.

Dibandingkan prestasinya di klub, prestasi terbaik Deschamps justru didapat bersama Timnas Prancis, di mana ia mampu meraih gelar juara Piala Dunia 2018 dan UEFA Nations League 2021.

Biodata

Profil Didier Deschamps

Nama: Didier Claude Deschamps
Tempat Lahir: Bayonne, Prancis
Tanggal Lahir: 15 Oktober 1968
Usia: 53 tahun
Kewarganegaraan: Prancis

Karier sebagai Pelatih:

Pelatih di AS Monaco – (2001-2005)
Pelatih di Juventus – (2006-2007)
Pelatih di Olympique Marseille- (2009-2012)
Pelatih di Timnas Prancis – (2012-sekarang)

Kontributor: Felix Indrajaya

Berita Terkait

Berita Terkini