Inspiratif, Kisah Pemuda 19 Tahun Manfaatkan Media Sosial untuk Beli Klub Sepak Bola di Inggris

Begini kisah sekelompok pemuda 19 tahun beli klub sepak bola dengan memanfaatkan media sosial.

Rauhanda Riyantama | BolaTimes.com
Senin, 08 Agustus 2022 | 16:00 WIB
Klub Walton and Hersham FC yang dibeli sekelompok pemuda berusia 19 tahun. (BBC)

Klub Walton and Hersham FC yang dibeli sekelompok pemuda berusia 19 tahun. (BBC)

Bolatimes.com - Mengupas kisah inspiratif sekelompok anak muda yang baru berusia 19 tahun, namun telah memiliki klub sepak bola di Inggris.

Menjadi pemilik klub sepak bola bukanlah suatu hal yang mudah. Perlu modal besar serta manajemen keuangan dan tim yang baik untuk bisa menjadi pemilik klub.

Apalagi bagi para remaja yang masih berusia belasan tahun. Jika tak punya latar belakang orang kaya atau keluarga pemilik klub, sulit bagi anak-anak muda ini bisa menjadi pemilik suatu klub.

Baca Juga: Moncer di Timnas Indonesia U-19, Hokky Caraka Blak-blakan Ditawari Lanjutkan Karier ke Luar Negeri

Meski begitu, ada sekelompok anak muda di dataran Inggris, tepatnya di Surrey, yang bisa menjadi pemilik klub sepak bola.

Hal ini terjadi pada 2019 silam, kala sekelompok anak muda yang baru berusia 19 tahun membeli klub bernama Walton and Hersham FC, sebuah klub non-liga.

Sekelompok anak muda tersebut adalah Sartej Tucker, Jack Newton, Calogero Scannella, Thomas Bradbury, Ben Madellin, Stephan Karidi, dan Reme Edentalen.

Baca Juga: Disinggung soal Pemain Timnas U-16 yang Layak Dipromosikan, Asisten Shin Tae-yong Bilang Begini

7 pemuda yang masih berstatus pelajar ini kemudian patungan dengan meminjam uang untuk membeli klub tersebut pada 2019 silam.

“Saat pertama kali, kami semua berpikir membeli klub adalah ide yang sangat gila. Bagaimana bisa seseorang berpikir ini akan berjalan?,”ujar Sartej Tucker yang menjabat sebagai Direktur operasi dan media klub tersebut dilansir dari BBC Sports.

“Kami tak memiliki uang untuk melakukan ini. Kami adalah pelajar berusia 19 tahun yang mengumpulkan pinjaman untuk mendanai pembelian klub.”

Baca Juga: Jadwal Piala AFF U-16 2022 Hari Ini: Menanti Lawan Indonesia di Semifinal

“Itu mengapa ada kami bertujuh. Itu seperti masing-masing mengumpulkan beberapa ribu poundsterling,” ucap Jack Newton.

Karena niat ketujuh pemuda ini, akuisisi pun berhasil dilaksanakan dan 7 pemuda ini berhasil mengambil alih klub dari tangan pemilik sebelumnya, Alan Smith.

Jika mereka hanya berstatus pelajar yang tak punya uang, bagaimana cara 7 pemuda ini menghidupi klubnya tersebut?

Baca Juga: 4 Klub yang Paling Banyak Cetak Gol di Awal Liga 1 2022/2023, Nomor 1 Bikin Kejutan

Klub Walton and Hersham FC yang dibeli sekelompok pemuda berusia 19 tahun. (BBC)
Klub Walton and Hersham FC yang dibeli sekelompok pemuda berusia 19 tahun. (BBC)

Memanfaatkan Media Sosial

Dilansir dari BBC Sports, 7 pemuda ini menghidup Walton and Hersham FC dengan memanfaatkan media sosial untuk mencari dana.

Ke-7 pemuda ini memanfaatkan kemampuan mereka dengan media sosial untuk membangun klub berjuluk The Swans tersebut.

Tak disangka, usaha mereka berbuah hasil. Di media sosial populer seperti TikTok saja, The Swans mampu memiliki 753 ribu pengikut lebih.

Jumlah pengikut ini melebihi tim-tim kasta teratas Liga Inggris seperti Nottingham Forest, Fulham, Brighton, Southampton, Crystal Palace, dan AFC Bournemouth.

Selain itu, 7 pemuda ini juga bekerjasama dengan perusahaan jersey klasik bernama Classic Football untuk memasarkan jerseynya.

Meski klub ini tak terkenal sama sekali, tak disangka jersey yang dijualnya lewat perusahaan itu mampu terjual ke 30 negara di seluruh dunia.

Dalam tiga tahun terakhir, Walton and Hersham FC pun mengalami naik turun karena minimnya pengalaman yang dimiliki ke-7 pemuda ini.

Meski begitu, ke-7 pemuda ini tetap mampu menjalankan klub dengan sangat baik, sehingga menuai pujian dari sang pelatih tim, Scott Harris yang berusia jauh lebih tua dari para pemilik klub itu.

“Saya cukup merasa percaya diri kami bekerjasama ketika saya menerima tawaran ini. Semua sangat profesional dan para pemilik klub punya idenya sendiri. Mereka membawa energi dan ide ke dalam klub,” kata Scott Harris.

Selama tiga tahun memiliki Walton and Hersham FC, ke-7 pemuda ini mampu membawa klub tersebut promosi sebanyak dua kali dan kini berkiprah di Divisi VII sepak bola Inggris.

Kontributor: Felix Indrajaya
Berita Rekomendasi
Berita Terkait
TERKINI

Tiga negara yang memastikan diri lolos ke babak final Euro 2024, yakni Georgia, Ukraina, dan Polandia akan terbang ke Jerman, yang menjadi tuan rumah Euro 2024.

boladunia | 15:18 WIB

Pertandingan Vietnam vs Indonesia akan berlangsung di Stadion My Dinh, Hanoi pada Selasa, (26/3/2024) pukul 19.00 WIB.

boladunia | 20:26 WIB

Deretan laga besar akan tersaji dalam Euro 2024 yang tak lama lagi akan digelar di Benua Biru. Jelang pertarungan bergengsi antar-negara di Eropa ini, ada sejumlah fakta menarik yang layak untuk dikupas.

boladunia | 09:15 WIB

Barcelona terjepit. Klub Catalan itu sudah disebut miskin oleh pemain incarannya. Pengaturan transfer menjadi lebih lancar ketika klub memiliki sumber daya finansial yang pas-pasan.

boladunia | 22:17 WIB

Liverpool memiliki kesempatan besar dalam mencari pengganti Juergen Klopp yang akan segera meninggalkan klub.Xabi Alonso, yang saat itu menjadi pelatih Bayer Leverkusen, pernah menjadi pilihan utama Liverpool.

boladunia | 21:58 WIB

Hasil undian untuk semifinal Piala FA diumumkan sekitar dua puluh lima menit setelah pertandingan Man United vs Liverpool di Old Trafford berakhir pada hari Minggu, tanggal 17 Maret 2024.

boladunia | 20:52 WIB

Striker AC Milan, Olivier Giroud dikabarkan akan merapat ke klub sepakbola asal Amerika Serikat. Saat ini disebutkan jika sang pemain sedang dalam tahap pembicaraan dengan LAFC di Amerika Serikat.

boladunia | 00:05 WIB

Di pertandingan melawan Hellas Verona pada pekan ke-29 Liga Italia, Pulisic mencetak gol penting yang mencatat sejarah bagi klub.

boladunia | 15:00 WIB

Gelaran drawing Europa Conference League 2023/2024 dilakukan di Nyon, Swiss pada Jumat, 15 Maret 2024. Dalam undian ada empat laga akan digelar pada delapan besar.

boladunia | 21:19 WIB

Detik-detik menegangkan terjadi ketika VAR melakukan tinjauan intensif untuk memastikan keabsahan gol tersebut, menciptakan ketegangan dan euforia di seluruh stadion.

boladunia | 07:00 WIB

Dalam pertandingan tersebut, Simone Inzaghi's squad mencetak gol melalui kontribusi Mateo Darmian, Lautaro Martinez, Federico Dimarco, dan Davide Frattesi, mengumpulkan total 69 poin, unggul 12 poin dari Juventus yang menempati posisi kedua dengan 57

boladunia | 06:15 WIB

Pertandingan tandang Al Nassr melawan Al Shabab pada pekan ke-21 Liga Pro Arab Saudi, Senin (26/2/2024) dini hari WIB, berlangsung di Prince Faisal bin Fahd Stadium.

boladunia | 11:33 WIB

Suporter fanatik Timnas Indonesia, Katon, dikabarkan telah meninggal dunia karena sakit yang dideritanya.

boladunia | 21:35 WIB

Babak 16 besar Liga Europa menunjukkan bahwa AC Milan berpeluang menghadapi Liverpool. AC Milan dan Liverpool bertemu di babak final Liga Europa, bukan di fase awal eliminasi.

boladunia | 11:02 WIB

Di era di mana penilaian terhadap pemain semakin berkutat pada statistik serangan mereka, mengutip rangkuman transfermarkt-com, ada 20 puluh pemain papan atas di Eropa yang berhasil mencatatkan angka dua digit dalam mencetak gol dan memberikan assist

boladunia | 10:17 WIB

Laga Al-Nasr vs Al-Hilal berlangsung di Kingdom Arena, pada Jumat, (9/2/2024). Tim dengan jersey warna kuning dominan itu harus mengakui keunggulan Al-Hilal dengan skor 2-0.

boladunia | 08:25 WIB

Partai final Piala Asia 2023, laga antara Qatar vs Yordania berlangsung di Stadion Lusail, pada Sabtu, (10/2/2024) malam WIB.

boladunia | 08:13 WIB

Laga final Piala Asia 2023 antara Yordania menantang tim tuan rumah Qatar bakal berlangsung di Stadion Lusail, pada Sabtu (10/2/2024) pukul 22.00 WIB.

boladunia | 13:21 WIB
Tampilkan lebih banyak