Boladunia

5 Transfer Termahal Liga Italia Zaman Dulu, Jika Dilakukan Sekarang Ronaldo Kalah Jauh

Berikut 5 transfer Liga Italia zaman dulu jika dilakukan sekarang kalahkan Ronaldo.

Rauhanda Riyantama

Gianluigi Buffon/Twitter
Gianluigi Buffon/Twitter

Bolatimes.com - Liga Italia memiliki nama-nama besar dengan harga fantastis di pasaran, pada jamannya sebelum era sepak bola modern Eropa membuat banyak pebisnis pemilik klub jor-joran mengeluarkan uang.

Namun begitu, rekor transfer tertinggi saat ini di Liga Italia justru dipegang pemain asal Eropa, tepatnya dari Portugal, dialah Cristiano Ronaldo.

Pada 2018, Juventus merogoh gocek sangat dalam untuk memboyong Ronaldo dari Real Madrid dan dengan 117 juta euro sang pemain mendarat ke Turin.

Namun jika dipikir-pikir, nominal yang memang sangat besar saat ini itu sebenarnya tidak terlalu wah bagi seorang pemain yang hanya beberapa musim di Liga Italia.

Jauh sebelum itu, sederet pemain ternama Liga Italia memiliki nilai yang lebih mahal ketimbang Ronaldi jika melihat sisi inflasi yang terjadi.

Menurut laman Totally Money, komparasi nilai transfer pemain era dulu jika dibandingkan dengan kurs hari ini menempatkan harga Ronaldo yang kalah jauh dari para pemain berikut ini.

1. Gianluigi Buffon

Nomor punggung baru Gianluigi Buffon di Juventus. (Twitter/@Juventusfc)
Nomor punggung baru Gianluigi Buffon di Juventus. (Twitter/@Juventusfc)

Ketika sedang berada di puncak kualitas permainan bersama Parma, Gigi Buffon membuat raksasa Turin, Juventus kepincut merekrutnya pada 2001.

Dan pada akhirnya, kiper legendaris timnas Italia itu bergabung dengan Juventus setelah Si Nyonya Tua menebusnya dengan harga 52,8 juta euro.

Nilai tersebut jika dikonversikan ke kurs saat ini bisa mencapai 119,4 juta euro, tentu nominal Ronaldo kalah jauh.

2. Christian Vieri

Italia pernah punya penyerang sangat sangar yang dimiliki Inter Milan, dialah Christian Vieri setelah merogoh dana besar untuk merekrutnya dari Lazio.

Setidaknya Inter Milan harus membayar Lazio dengan 46,6 juta euro pada 1999 atau jika dikonversikan ke kurs hari ini mencapai nilai 160,1 juta euro.

3. Jean-Pierre Papin

Jean-Pierre Papin saat bermain di AC Milan. (Twitter)
Jean-Pierre Papin saat bermain di AC Milan. (Twitter)

Di tahun 1992, AC Milan sebagai salah satu tim raksasa Liga Italia pernah mengeluarkan dana besar untuk merekrut pemain asal Liga Prancis.

Saat itu 12 juta euro dikeluarkan Milan untuk memboyong Jean-Pierre Papin dari Marseille, nilai fantastis apabila terjadi saat ini.

Pasalnya nilai tersebut sama dengan 168,8 juta euro jika dikonversi ke kurs saat ini, tentu nominal yang sangat jauh dari harga Ronaldo ketika diboyong Juventus.

4. Alen Boksic

Biancocelesti pernah memboyong pemain mahal asal Liga Prancis ke tempat mereka, bermodal 11 juta euro untuk Alen Boksic dari Marseille pada 1993.

Jika transfer itu terjadi saat ini, nominal 11 juta euro sama dengan 170 juta euro dan tentu akan menbuat namanya menggegerkan Eropa.

5. Gianluca Vialli

Mantan Pemain Italia, Chelsea, dan Juventus, Gianluca Vialli berfoto sebelum mengikuti acara The Best FIFA Football Awards (24/9/2018) di London (AFP)
Mantan Pemain Italia, Chelsea, dan Juventus, Gianluca Vialli berfoto sebelum mengikuti acara The Best FIFA Football Awards (24/9/2018) di London (AFP)

Di tahun 1992, Juventus pernah memboyong salah satu pemain legenda Italia yang berasal dari Sampdoria dengan mahar 16,5 juta euro.

Diala Gianluca Vialli, nominal yang jika dikonversikan pada hari ini mencapai angka 232,4 juta euro, Cristiano Ronaldo bahkan tak ada apa-apanya.

Berita Terkait

Berita Terkini