Boladunia

Thomas Partey Punya Nama Baru Setelah Jadi Mualaf, Islami Banget

Thomas Partey memutuskan mengganti namanya setelah jadi mualaf.

Rauhanda Riyantama

Gelandang Arsenal, Thomas Partey. (GLYN KIRK / AFP)
Gelandang Arsenal, Thomas Partey. (GLYN KIRK / AFP)

Bolatimes.com - Gelandang milik Arsenal, Thomas Partey, memiliki nama baru usai dirinya berpindah keyakinan dan memeluk agama Islam beberapa waktu lalu.

Beberapa waktu lalu, dunia sepak bola digemparkan dengan kabar bahwa Thomas Partey memutuskan memeluk agama Islam atau menjadi mualaf.

Kabar gelandang berusia 28 tahun itu memutuskan memeluk agama Islam datang sesaat setelah Clarence Seedorf memutuskan menjadi mualaf.

Kabar ini tersebar pertama kali di media sosial Twitter lewat akun bernama @TrendEPL, di mana dalam unggahannya, akun ini menyertakan foto Partey memegang kitab suci Al-Qur’an.

Dalam foto itu, diketahui Partey berada di Islamic Center di kota London, yang tak lain sebuah tempat dakwah bagi kaum muslim di ibu kota Inggris tersebut.

Gelandang Arsenal, Thomas Partey masuk Islam. (Instagram/@muslimathlete)
Gelandang Arsenal, Thomas Partey masuk Islam. (Instagram/@muslimathlete)

Kabar Partey menjadi mualaf pun sempat belum ditemui kebenarannya. Namun, kebenaran akhirnya terkuak beberapa waktu kemudian lewat mulutnya sendiri.

Baru-baru ini, Partey mengakui bahwa dirinya telah menjadi seorang muslim, sekaligus membenarkan rumor yang berkembang sebelumnya.

Dilansir dari Daily Mail, Partey menceritakan bagaimana dirinya menjadi seorang mualaf. Sama seperti Seedorf, ada peran sang istri yang membuat pemain asal Ghana ini berpindah keyakinan.

Selain karena sang istri, Partey juga terinspirasi dari lingkungannya yang beragama Islam. Hal inilah yang kemudian membuatnya mantap menjadi mualaf.

Karena telah menjadi mualaf, Partey pun memiliki nama muslim. Adapun nama muslimnya adalah Yakubu.

“Saya tumbuh dengan (orang) Muslim jadi pada akhirnya itu adalah hal yang sama. Saya sudah menikah dan nama Muslim saya adalah Yakubu,” ujar Partey.

Meski punya nama baru dalam identitas barunya sebagai muslim, Partey tetap akan menggunakan nama aslinya dalam berkarier di sepak bola, termasuk menggunakan nama ‘Thomas’ di punggungnya saat bermain.

Adapun nama Yakubu bukanlah nama asing bagi pesepak bola asal Afrika. Dahulu, di Liga Inggris ada pula pemain asal Nigeria yang bernama Aiyegbeni Yakubu yang sempat membela Everton, Blackburn Rovers, dan Portsmouth.

Yakubu sendiri adalah nama yang digunakan orang muslim di Afrika Barat. Adapun nama Yakubu merujuk pada Nabi Yaqub. 

Dalam Bahasa Inggris, Yakubu bisa berarti Jacob. Bagi Partey, nama Jacob sangat berharga karena nama tersebut adalah nama dari ayahnya.

(Kontributor: Felix Indra Jaya)

Berita Terkait

Berita Terkini