Boladunia

Daftar 10 Pemain Paling Berharga di Dunia, Nomor 1 Kylian Mbappe

Mbappe jadi pemain paling berharga di dunia.

Rauhanda Riyantama

Kylian Mbappe dan Nasser Al-Khelaifi, Presiden Paris Saint Germain). (en.psg.fr)
Kylian Mbappe dan Nasser Al-Khelaifi, Presiden Paris Saint Germain). (en.psg.fr)

Bolatimes.com - Berikut 10 pemain yang punya nilai pasar paling tinggi di dunia sepak bola saat ini, di mana nama Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo tak ada dalam daftar.

Era Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo tampaknya akan segera berakhir menyusul hilangnya nama kedua pemain ini dalam daftar pemain paling berharga di dunia saat ini.

Belum lama ini, CIES Football Observatory selaku kelompok riset di sepak bola, merilis daftar 10 pemain berharga di dunia sepak bola saat ini.

Daftar ini didapat usai melakukan riset atau penelitian menggunakan model statistik yang akan memperkirakan nilai transfer suatu pemain.

Untuk menentukan nilai transfer pemain itu, CIES mengambil data dari usia, nilai klub yang dibela pemain tersebut, performa pemain, dan inflasi di dunia sepak bola saat ini.

Sampel yang digunakan pun tak main-main, yakni dari 1790 transfer yang terjadi sejak Juli 2012 hingga Januari 2020 di lima liga top Eropa.

Hasilnya pun cukup mengejutkan. Nama Messi dan Ronaldo yang dalam sedekade terakhir selalu berada di daftar teratas, kini tak lagi ada.

Lantas, siapa saja 10 pemain berharga di dunia sepak bola saat ini versi CIES? Berikut daftarnya.

1. Kylian Mbappe (PSG)

Kylian Mbappe didapuk sebagai pemain berharga di dunia saat ini, dengan nilai transfer yang dimiliki sebesar 205,6 juta euro atau Rp3,2 triliun.

Nilai sebesar ini didapat setelah dirinya memutuskan menolak bergabung Real Madrid dan memilih bertahan di Paris Saint-Germain hingga 2025.

2. Vinicius Junior (Real Madrid)

Meski gagal mendapatkan Mbappe, Real Madrid masih bisa berbangga hati melihat salah satu pemainnya, Vinicius Junior, berada di peringkat kedua daftar ini.

Pemain asal Brasil itu diperkirakan CIES memiliki nilai transfer fantastis, yakni sebesar 185,5 juta euro (Rp2,8 triliun) berkat penampilannya di musim lalu.

3. Erling Haaland (Manchester City)

Rival Mbappe di sepak bola saat ini, Erling Haaland, menempati posisi ketiga dalam daftar ini dengan nilai sebesar 152,9 juta euro (Rp2,3 triliun).

Nilai ini didapat berkat konsistensi penampilannya di usia yang baru 21 tahun bersama Borussia Dortmund sejak 2019.

4. Pedri (Barcelona)

Wonderkid Barcelona, Pedri juga masuk dalam daftar ini. Di usia yang baru 19 tahun, ia telah menjadi andalan di klub dan Timnas Spanyol.

Saat ini, Pedri menjadi pemain yang paling berharga di Barcelona dengan nilai sebesar 135,1 juta euro atau setara Rp2,08 triliun.

5. Jude Bellingham (Borussia Dortmund)

Selain Haaland yang nilainya menanjak bersama Dortmund, Die Borussen mengirim nama Jude Bellingham dalam daftar ini.

Pemain berkebangsaan Inggris itu punya nilai fantastis dan menjadi pemain Inggris yang paling berharga dengan 133,7 juta euro (Rp2,05 triliun).

Daftar Lainnya:

6. Phil Foden (Manchester City): 124 juta euro (Rp1,9 triliun)
7. Frenkie de Jong (Barcelona): 112,5 juta euro (Rp1,7 triliun)
8. Luis Diaz (Liverpool): 110,1 juta euro (Rp1,69 triliun)
9. Ruben Dias (Manchester City): 109,6 juta euro (Rp1,68 triliun)
10. Ferran Torres (Barcelona): 109,5 juta euro (Rp1,65 triliun)

(Kontributor: Felix Indra  Jaya)

Berita Terkait

Berita Terkini