9 Pesepak Bola Eropa yang Akan Jalani Puasa Ramadan, Mo Salah hingga Benzema

Benzema menjadi salah satu pesepak bola dunia terbaik yang akan ikut menjani puasa ramadan.

Irwan Febri Rialdi | BolaTimes.com
Kamis, 31 Maret 2022 | 15:00 WIB
Striker Real Madrid, Karim Benzema, mengenakan busana muslim. (Instagram/@karimbenzema)

Striker Real Madrid, Karim Benzema, mengenakan busana muslim. (Instagram/@karimbenzema)

Bolatimes.com - Bulan suci Ramadhan 1443 H sebentar lagi tiba. Bulan suci bagi umat muslim di seluruh dunia itu tak cuma dirasakan oleh masyarakat Indonesia, tetapi juga dari bumi belahan lain.

Di bulan suci ini, umat muslim diwajibkan untuk menjalankan puasa, tidak terkecuali para pesepak bola top dunia yang kini merumput di Eropa.

Dengan profesi mereka sebagai atlet, mereka dituntut untuk tetap menjaga tubuh supaya terus bugar sambil harus menjalankan ibadah puasa.

Baca Juga: Fakta-fakta Ronaldinho, Legenda Brasil yang Diboyong Rans Cilegon FC

Meski terbilang akan berat dijalani, mengingat banyak kompetisi di Eropa yang masih akan berjalan di bulan puasa, para pesepak bola muslim ini nyatanya tetap menjalankan ibadah puasa.

Siapa saja mereka? Berikut ulasannya.

1. Mesut Ozil

Baca Juga: Bernyali Besar, Pol Espargaro Belajar Banyak dari Marc Marquez

Mesut Ozil resmi berseragam Fenerbahce. (© twitter.com/Fenerbahce)
Mesut Ozil resmi berseragam Fenerbahce. (© twitter.com/Fenerbahce)

Mantan pemain Arsenal ini menjadi pesepak bola muslim yang begitu dekat dengan Indonesia. Kini pemain asal Jerman itu bermain di Liga Turki bersama Fenerbahce.

Ozil pindah ke Turki setelah tidak lagi mendapatkan tempat di Arsenal. Ozil terbilang seorang muslim yang taat dan selalu terlihat berdoa sebelum memulai laga dengan menengadahkan tangannya.

2. Sadio Mane

Baca Juga: Didatangkan Rans Cilegon FC ke Indonesia, Ini Respons Ronaldinho

Sadio Mane antar Senegal juara Piala Afrika 2021. (CHARLY TRIBALLEAU / AFP)
Sadio Mane antar Senegal juara Piala Afrika 2021. (CHARLY TRIBALLEAU / AFP)

Sadio Mane dikenal sebagai pesepak bola muslim yang taat. Dalam kesempatan terakhir saat perayaan juara Liverpool di Piala Liga Inggris, Mane menolak minuman beralkohol.

Mane juga dikenal sebagai pemain sepak bola muslim yang taat beribadah, termasuk menjalankan puasa meski kompetisi masih berjalan.

3. Mohammed Salah

Baca Juga: 9 Artis Cantik yang Gemari Olahraga Menembak, Ada Nia Ramadhani

Selebrasi penyerang Liverpool, Mohamed Salah usai bobol gawang Inter Milan di leg pertama babak 16 besar Liga Champions. (FILIPPO MONTEFORTE / AFP)
Selebrasi penyerang Liverpool, Mohamed Salah usai bobol gawang Inter Milan di leg pertama babak 16 besar Liga Champions. (FILIPPO MONTEFORTE / AFP)

Tandem Mane di Liverpool ini juga bakal menjalani ibadah puasa sambil tetap bermain. Pemain asal Mesir ini juga dikenal sebagai sosok yang rajin beribadah.

4. Paul Pogba

Gelandang Manchester United, Paul Pogba. (Paul Ellis/AFP).
Gelandang Manchester United, Paul Pogba. (Paul Ellis/AFP).

Gelandang andalan Manchester United ini juga menjadi pesepak bola Eropa selanjutnya yang bakal menjalani ibadah puasa.

5. Franck Ribery

Frank Ribery berselebrasi usai menjebol gawang AC Milan. (Tiziana Fabi/AFP).
Frank Ribery berselebrasi usai menjebol gawang AC Milan. (Tiziana Fabi/AFP).

Mantan bintang Bayern Munchen yang kini membela klub Serie A, Salernitana, ini juga menjadi pesepak bola Eropa yang akan menjalani puasa. Menariknya, di usianya yang sudah 38 tahun, Ribery tetap aktif bermain.

6. Arda Turan

Pemain Barcelona Arda Turan (AFP)
Pemain Barcelona Arda Turan (AFP)

Mantan pemain Barcelona yang kini membela klub Liga Turki, Galatasaray, tersebut juga akan menjadi deretan pemain sepak bola Eropa yang menjalani puasa tahun ini.

7. Xherdan Shaqiri

Xherdan Shaqiri merayakan golnya ke gawang Manchester United pada 16 Desember 2018 (Paul Ellis/AFP)
Xherdan Shaqiri merayakan golnya ke gawang Manchester United pada 16 Desember 2018 (Paul Ellis/AFP)

Shaqiri yang kini membela klub MLS, Chicago Fire FC, juga bakal menjalani puasa. Dia terbilang sebagai muslim yang sangat mengedepankan toleransi, hal ini tidak terlepas dari lingkungan keluarganya di masa kecil.

8. Shkodran Mustafi

Bek Arsenal, Shkodran Mustafi berjabat tangan dengan pemain Lyon pada laga pramusim 2019. (Ben STANSALL / AFP)
Bek Arsenal, Shkodran Mustafi berjabat tangan dengan pemain Lyon pada laga pramusim 2019. (Ben STANSALL / AFP)

Pesepak bola muslim Eropa selanjutnya yang bakal menjalani puasa tahun ini adalah mantan bek Arsenal, Shkodran Mustafi. yang kini membela Levante.

9. Karim Benzema

Karim Benzema cetak hattrick saat Real Madrid kalahkan PSG 3-1. (GABRIEL BOUYS / AFP)
Karim Benzema cetak hattrick saat Real Madrid kalahkan PSG 3-1. (GABRIEL BOUYS / AFP)

Bukan menjadi rahasia umum bahwa Benzema merupakan salah satu striker muslim terbaik di dunia. Ia yang kini menjadi andalan Real Madrid bahkan kerap melakukan sunah nabi, yakni berbekam.

Kontributor: Aditia Rizki

Berita Rekomendasi
Berita Terkait
TERKINI

Tiga negara yang memastikan diri lolos ke babak final Euro 2024, yakni Georgia, Ukraina, dan Polandia akan terbang ke Jerman, yang menjadi tuan rumah Euro 2024.

boladunia | 15:18 WIB

Pertandingan Vietnam vs Indonesia akan berlangsung di Stadion My Dinh, Hanoi pada Selasa, (26/3/2024) pukul 19.00 WIB.

boladunia | 20:26 WIB

Deretan laga besar akan tersaji dalam Euro 2024 yang tak lama lagi akan digelar di Benua Biru. Jelang pertarungan bergengsi antar-negara di Eropa ini, ada sejumlah fakta menarik yang layak untuk dikupas.

boladunia | 09:15 WIB

Barcelona terjepit. Klub Catalan itu sudah disebut miskin oleh pemain incarannya. Pengaturan transfer menjadi lebih lancar ketika klub memiliki sumber daya finansial yang pas-pasan.

boladunia | 22:17 WIB

Liverpool memiliki kesempatan besar dalam mencari pengganti Juergen Klopp yang akan segera meninggalkan klub.Xabi Alonso, yang saat itu menjadi pelatih Bayer Leverkusen, pernah menjadi pilihan utama Liverpool.

boladunia | 21:58 WIB

Hasil undian untuk semifinal Piala FA diumumkan sekitar dua puluh lima menit setelah pertandingan Man United vs Liverpool di Old Trafford berakhir pada hari Minggu, tanggal 17 Maret 2024.

boladunia | 20:52 WIB

Striker AC Milan, Olivier Giroud dikabarkan akan merapat ke klub sepakbola asal Amerika Serikat. Saat ini disebutkan jika sang pemain sedang dalam tahap pembicaraan dengan LAFC di Amerika Serikat.

boladunia | 00:05 WIB

Di pertandingan melawan Hellas Verona pada pekan ke-29 Liga Italia, Pulisic mencetak gol penting yang mencatat sejarah bagi klub.

boladunia | 15:00 WIB

Gelaran drawing Europa Conference League 2023/2024 dilakukan di Nyon, Swiss pada Jumat, 15 Maret 2024. Dalam undian ada empat laga akan digelar pada delapan besar.

boladunia | 21:19 WIB

Detik-detik menegangkan terjadi ketika VAR melakukan tinjauan intensif untuk memastikan keabsahan gol tersebut, menciptakan ketegangan dan euforia di seluruh stadion.

boladunia | 07:00 WIB

Dalam pertandingan tersebut, Simone Inzaghi's squad mencetak gol melalui kontribusi Mateo Darmian, Lautaro Martinez, Federico Dimarco, dan Davide Frattesi, mengumpulkan total 69 poin, unggul 12 poin dari Juventus yang menempati posisi kedua dengan 57

boladunia | 06:15 WIB

Pertandingan tandang Al Nassr melawan Al Shabab pada pekan ke-21 Liga Pro Arab Saudi, Senin (26/2/2024) dini hari WIB, berlangsung di Prince Faisal bin Fahd Stadium.

boladunia | 11:33 WIB

Suporter fanatik Timnas Indonesia, Katon, dikabarkan telah meninggal dunia karena sakit yang dideritanya.

boladunia | 21:35 WIB

Babak 16 besar Liga Europa menunjukkan bahwa AC Milan berpeluang menghadapi Liverpool. AC Milan dan Liverpool bertemu di babak final Liga Europa, bukan di fase awal eliminasi.

boladunia | 11:02 WIB

Di era di mana penilaian terhadap pemain semakin berkutat pada statistik serangan mereka, mengutip rangkuman transfermarkt-com, ada 20 puluh pemain papan atas di Eropa yang berhasil mencatatkan angka dua digit dalam mencetak gol dan memberikan assist

boladunia | 10:17 WIB

Laga Al-Nasr vs Al-Hilal berlangsung di Kingdom Arena, pada Jumat, (9/2/2024). Tim dengan jersey warna kuning dominan itu harus mengakui keunggulan Al-Hilal dengan skor 2-0.

boladunia | 08:25 WIB

Partai final Piala Asia 2023, laga antara Qatar vs Yordania berlangsung di Stadion Lusail, pada Sabtu, (10/2/2024) malam WIB.

boladunia | 08:13 WIB

Laga final Piala Asia 2023 antara Yordania menantang tim tuan rumah Qatar bakal berlangsung di Stadion Lusail, pada Sabtu (10/2/2024) pukul 22.00 WIB.

boladunia | 13:21 WIB
Tampilkan lebih banyak