Boladunia

Park Hang-seo Mundur, Ini Sosok Pelatih Vietnam di Piala AFF U-23 2022

Park Hang-seo tak mendampingi skuat Vietnam untuk tampil di Piala AFF U-23.

Rauhanda Riyantama

Pelatih Timnas Vietnam U-22, Park Hang-seo. (Giuseppe Cacace/AFP).
Pelatih Timnas Vietnam U-22, Park Hang-seo. (Giuseppe Cacace/AFP).

Bolatimes.com - Timnas Vietnam tak lagi menggunakan jasa pelatih asal Korea Selatan, Park Hang-seo untuk Piala AFF U-23 2022 mendatang. Sebagai penggantinya adalah sosok bernama Dinh The Nam.

Federasi sepak bola Vietnam (VFF) resmi menunjuk Dinh The Nam sebagai juru taktik tim U-23 guna menghadapi Piala AFF U-23 2022 yang akan berlangsung di Kamboja.

Langkah yang diambil VFF ini sebagai langkah regenerasi, mengingat Park Hang-seo telah berusia 64 tahun. Selain itu, penunjukkan Dinh The Nam juga dimaksudkan agar Park Hang-seo fokus ke tim senior.

Penunjukkan Dinh The Nam oleh VFF sendiri sejatinya bukan tanpa alasan. Ia memiliki kiprah apik selama menukangi tim nasional kelompok umur.

Pencapaian terbaik Dinh The Nam yakni pernah mengantar Vietnam U-16 menembus perempat final Piala Asia U-16 pada 2016 lalu. Nantinya, di Piala AFF U-23 2022 Dinh The Nam akan memimpin para pemain Vietnam yang berusia 21 tahun, atau mantan anak asuhnya di Piala Asia U-16 2016 lalu.

Langkah ini dimaksudkan untuk mencetak pemain yang siap bermain di SEA Games 2023 dan mampu meraih gelar juara. Di Piala AF U-23 2022 nanti, Dinh The Nam akan menjalani ujian berat mengingat Vietnam tergabung di grup C bersama Thailand dan Singapura.

Sedangkan Timnas Indonesia U-23 yang akan diasuh Shin Tae-yong, tergabung di grup B bersama Malaysia, Myanmar dan Laos.

Kiprah Park Hang-seo Bersama Timnas Vietnam U-23

Dinh The Nam pun akan dibebani pencapaian apik Park Hang-seo saat mengambil alih jabatan pelatih Timnas Vietnam U-23.

Meski Dinh The Nam punya catatan apik di level U-16, catatan itu belum mampu menyamai apa yang diukir Park Hang-seo bersama Vietnam U-23.

Bersama Vietnam U-23, Park Hang-seo mampu meraih medali emas di SEA Games 2019 Filipina dengan mengalahkan Timnas Indonesia 3-0.

Tak cukup sampai di situ, Park Hang-seo mampu membuat Vietnam U-23 berbicara banyak di kancah Asia yakni dengan menempati peringkat keempat di Asian Games 2018.

Di tahun yang sama pula, Park Hang-seo membuat kejutan dengan membawa Vietnam U-23 menjadi finalis Piala Asia U-23 2018 usai tumbang dari Uzbekistan di partai puncak.

Kontributor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya

Berita Terkait

Berita Terkini