Boladunia

5 Pemain dengan Gol Terbanyak di El Clasico

Berikut lima pencetak gol terbanyak di El Clasico.

Rauhanda Riyantama

Jordi Amat ketika mencoba merebut bola dari Lionel Messi. (Lluis Gene/AFP)
Jordi Amat ketika mencoba merebut bola dari Lionel Messi. (Lluis Gene/AFP)

Bolatimes.com - Laga klasik antara Barcelona vs Real Madrid atau El Clasico, telah berlangsung di pekan ke-10 La Liga Spanyol 2021-2022 di mana Los Blancos berhasil memenangkan pertandingan dengan skor 2-1.

Di laga yang berlangsung di Camp Nou tersebut, Real Madrid berhasil menggasak perlawanan Barcelona berkat gol David Alaba di menit ke-32 dan Lucas Vazquez di menit ke-90+4.

Sedangkan Barcelona berhasil membalasnya di menit-menit akhir lewat pemain anyarnya, Sergio Aguero, pada menit ke-90+7.

Laga El Clasico yang tersaji pada Minggu (24/10/21) ini, merupakan laga perdana El Clasico tanpa adanya sosok Lionel Messi.

Hengkangnya Messi di musim panas 2021 ke Paris Saint-Germain kian membuat El Clasico kehilangan pamornya di mata penikmat sepak bola dunia.

Meski demikian, El Clasico tetap mampu menarik minat banyak orang. Apalagi, tingginya intensitas pertandingan ini dirasa menyulitkan beberapa bintang ternama untuk mencetak gol, seperti halnya yang terjadi di pekan ke-10 La Liga 2021-2022 kemarin.

Berbicara soal produktivitas dalam mencetak gol di El Clasico, kira-kira siapa pemain yang paling banyak mencatatkan namanya di papan skor pada duel panas ini? Berikut rangkumannya.

1. Lionel Messi

Pep Guardiola dan Lionel Messi saat masih di Barcelona. (AFP PHOTO/JAVIER SORIANO)
Pep Guardiola dan Lionel Messi saat masih di Barcelona. (AFP PHOTO/JAVIER SORIANO)

Meski tak lagi berseragam Barcelona, nama Lionel Messi akan tetap abadi bagi pendukung Blaugrana. Selain karena prestasinya yang segunung, juga karena kemampuannya menjadi pahlawan di laga El Clasico.

Messi tercatat telah mencetak 26 gol dalam 45 pertandingan El Clasico melawan Real Madrid di berbagai ajang. Bahkan, ia mampu membawa Barcelona meraih 19 kemenangan, 11 hasil imbang da hanya menelang 15 kekalahan saja.

2. Alfredo Di Stefano

Alfredo di Stefano. (Sumber: JOE.ie)
Alfredo di Stefano. (Sumber: JOE.ie)

Legenda Real Madrid ini juga tercatat dalam sejarah sebagai pemain yang paling sering mencetak gol di laga El Clasico antara dua klub terbesar di Spanyol itu.

Alfredo Di Stefano sendiri telah tampil di El Clasico sebanyak 26 kali di berbagai ajang. Total 18 gol telah ia lesakkan di mana berkat golnya tersebut, ia berhasil membawa Los Blancos mempecundangi Barcelona sebanyak 16 kali.

3. Cristiano Ronaldo

Megabintang Real Madrid, Cristiano Ronaldo (AFP/Christophe SIMON)
Megabintang Real Madrid, Cristiano Ronaldo (AFP/Christophe SIMON)

Ada nama Messi, tentu akan ada nama Cristiano Ronaldo. Meski hanya bermain 9 tahun di Real Madrid, pria asal Portugal ini mampu masuk dalam sejarah El Clasico.

Sama seperti Di Stefano, Ronaldo telah mencetak 18 gol di laga El Clasico dari 29 penampilan. Gol terakhirnya di El Clasico terjadi pada Mei 2018 saat Real Madrid bermain imbang 2-2.

Uniknya, laga yang berakhir imbang itu juga menandai gol terakhir Messi di El Clasico sebelum memutuskan hengkang pada musim panas 2021 ke Paris Saint-Gemain.

4. Raul Gonzalez

Raul Gonzalez saat masih aktif bermain bersama Real Madrid. (AFP)
Raul Gonzalez saat masih aktif bermain bersama Real Madrid. (AFP)

Pangeran Real Madrid ini juga mencatatkan tinta emas dalam pertandingan El Clasico. Raul Gonzalez telah mencatatkan 15 gol di laga bergengsi tersebut.

Raul menorehkan 15 golnya di El Clasico dalam 37 laga sejak debutnya di laga tersebut pada Januari 1995 hingga laga terakhirnya di El Clasico pada April 2010.

5. Ferenc Puskas

Lagi-lagi pemain Real Madrid yang menguasai daftar ini. Selain Di Stefano, Ronaldo, dan Raul, ada nama Ferenc Puskas yang telah mencetak 14 gol di El Clasico.

Torehan 14 gol Puskas ini sejatinya sama dengan para pemain dari kedua kubu lainnya yakni Cesar Rodriguez (Barcelona) dan Francisco Gento (Real Madrid). Hanya saja, pemain legendaris Hungaria ini mencetak jumlah tersebut dalam waktu singkat yakni sejak 1958 hingga 1966.

Kontributor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya

Berita Terkait

Berita Terkini