Boladunia

5 Rekor Liga Spanyol yang Tak Bisa Dipecahkan Messi dan Ronaldo

Messi dan Ronaldo ternyata belum memecahkan sedereta rekor ini di Liga Spanyol.

Rauhanda Riyantama

Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo saat berhadapan di El Clasico pada tahun 2013 (Quique Garcia/AFP)
Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo saat berhadapan di El Clasico pada tahun 2013 (Quique Garcia/AFP)

Bolatimes.com - Tak ada yang meragukan kapasitas Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo sebagai pemain terbaik saat ini atau sepanjang masa yang identik dengan rekor. Namun di balik kehebatan keduanya tersebut, nyatanya ada beberapa rekor yang tak bisa mereka pecahkan, terutama di Liga Spanyol.

Baik Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo sama-sama pemain terbaik yang hampir seluruh kariernya dihabiskan di kancah sepak bola Spanyol.

Messi sendiri hampir menghabiskan seluruh karier sepak bolanya di Spanyol. Tercatat sejak debutnya, ia bermain di La Liga selama 17 tahun atau sejak 2004 hingga 2021 sebelum pindah ke Paris Saint-Germain.

Lain halnya dengan Messi, karier Ronaldo di La Liga hanya berjalan 9 tahun saja yakni sejak berlabuh ke Real Madrid pada 2009 hingga memutuskan hengkang pada 2018.

Dalam periode masing-masing pemain tersebut, banyak rekor di La Liga Spanyol yang telah dipecahkan oleh Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo.

Entah rekor pencetak gol terbanyak sepanjang sejarah, gol terbanyak dalam satu musim, bahkan sederet rekor lainnya yang diyakini akan sulit dipecahkan oleh pemain lainnya dalam waktu dekat.

Meski banyak rekor yang telah ciptakan, nyatanya masih ada beberapa rekor di La Liga yang tak mampu mereka pecahkan sampai akhirnya memutuskan hengkang dari Spanyol.

Kira-kira, rekor apa saja yang tak bisa mereka pecahkan tersebut? Berikut ulasannya.

1. Hattrick Beruntun

Messi dan Ronaldo memang teruji sebagai predator di muka gawang. Tak jarang keduanya kerap menciptakan Hattrick atau tri gol dalam satu laga.

Namun, ketajaman keduanya masih kalah dari Isidro Langara dari Real Oviedo yang mampu mencetak Hattrick di tiga laga beruntun La Liga pada 1935. Catatan ini menjadi rekor tersendiri yang tak bisa disamai atau dipecahkan Messi dan Ronaldo

2. Penampilan Terbanyak di La Liga

Di La Liga, Messi baru mencatatkan 520 penampilan selama 17 tahun bermain  di kompetisi tersebut. Sedangkan Ronaldo hanya mencatatkan 292 penampilan selama 9 tahun di Real Madrid.

Catatan keduanya itu masih kalah dari kiper legendaris Andoni Zubizarreta yang mencatatkan 620 penampilan di La Liga bersama Barcelona, Athletic Bilbao, dan Valencia. Jumlahnya tersebut pun menjadi jumlah penampilan terbanyak di kompetisi tersebut.

3. Gol Terbanyak dalam 1 Laga

Hingga artikel ini dimuat, rekor pencetak gol terbanyak dalam 1 laga La Liga masih dipegang oleh Laszlo Kubala dan Agustin Sauto Arana di mana keduanya  mencetak 7 gol dalam 1 laga pada tahun 1952 dan 1931.

Catatan keduanya tersebut tak mampu dipecahkan Messi dan Ronaldo. La Pulga sendiri hanya mampu mencetak 4 gol dalam 1 laga. Sedangkan CR7 hanya mampu mencetak 5 gol dalam 1 laga.

4. Hattrick Tersingkat

Messi dan Ronaldo memang kerap membuat Hattrick di La Liga. Namun, Hattrick keduanya tak dilakukan dalam waktu singkat seperti Kevin Gameiro.

Gameiro mencetak Hattrick hanya dalam waktu 4 menit 43 detik. Ia mampu mengalahkan rekor milik David Villa yang mencetak Hattrick dalam waktu 4 menit 47 detik pda 2006 bersama Valencia.

5. Gol Tercepat di La Liga

Hingga saat ini, rekor gol tercepat di La Liga masih dipegang oleh Seydou Keita yang mencetak gol hanya dalam waktu 7,6 detik saat berseragam Valencia.

Dalam 17 tahun dan 9 tahun karier Messi serta Ronaldo di La Liga, keduanya sulit menyamai atau memecahkan rekor ini kendati keduanya berstatus predator di muka gawang.

Kontributor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya

Berita Terkait

Berita Terkini