Boladunia

Ditanya Pensiun, Cristiano Ronaldo Masih Ingin Lanjut Hingga Usia 40 Tahun

Sepanjang kariernya Ronaldo telah banyak mengukir prestasi baik untuk tim maupun individu.

Galih Priatmojo | Irwan Febri Rialdi

Selebrasi Cristiano Ronaldo usai cetak gol ke gawang Ajax Amsterdam. Dalam laga leg pertama perempat final Liga Champions, Kamis (11/4/2019) dini hari tadi, Juventus bermain imbang 1-1 dengan tuan rumah Ajax Amsterdam. [JOHN THYS / AFP]
Selebrasi Cristiano Ronaldo usai cetak gol ke gawang Ajax Amsterdam. Dalam laga leg pertama perempat final Liga Champions, Kamis (11/4/2019) dini hari tadi, Juventus bermain imbang 1-1 dengan tuan rumah Ajax Amsterdam. [JOHN THYS / AFP]

Bolatimes.com - Usia 34 tahun tampaknya urung mampu menghentikan Cristiano Ronaldo untuk merumput. Ia bahkan memberi sinyal ingin tetap bermain sepak bola hingga usia kepala empat.

Ronaldo tepat berusia 34 tahun pada Februari 2019 lalu. Walau sudah terbilang gaek, taring bintang asal Portugal itu masih tetap tajam dan kondisi fisiknya begitu prima.

Pada musim lalu, ia bahkan mampu mengemas 28 gol dan 10 assist dari 43 pertandingan bersama Juventus. Padahal, itu musim perdananya bersama klub Kota Turin setelah diboyong dari Real Madrid pada Juni 2018.

Ronaldo mengaku belum menyusun rencana untuk gantung sepatu. Ia merasa masa 'istirahat' tersebut bisa terjadi kapan saja, baik itu musim depan atau bahkan ketika usianya sudah kepala empat.

Yang jelas, Ronaldo memilih untuk menikmati apa yang terjadi saat ini. Ia akan memikirkan masa pensiun jika kondisi fisiknya mulai dirasa tidak lagi prima.

"Saya tidak pernah memikirkan soal pensiun. Mungkin saya bisa pensiun tahun depan, atau saya bisa saja bermain hingga usia 40-41 tahun," kata Ronaldo, dikutip dari Goal, Rabu (21/8/2019).

"Saya tidak tahu. Apa yang selalu saya katakan adalah menikmati momen saat ini. Saya harus selalu menikmati hadiah tersebut setiap hari," imbuh eks pemain Manchester United tersebut.

Ronaldo telah memenangkan banyak trofi sejak menjadi pesepak bola profesional pada 2002. Selama kariernya, dengan catatan 601 gol dan 210 assist, ia telah memenangkan penghargaan Ballon d'Or sebanyak lima kali.

Kemudian, trofi Liga Inggris, Liga Spanyol, Liga Italia, hingga Liga Champions juga sudah pernah dirinya menangkan. Di level tim nasional bersama Portugal, dua trofi sudah Ronaldo sumbangkan, yakni Euro 2016 dan UEFA Nations League 2019.

Berita Terkait

Berita Terkini