Boladunia

Ronaldo Ikut Kritik Transfer Gila-gilaan Belakangan Ini

Menurut Ronaldo, ada beberapa kesepakatan transfer yang dinilai sangat berlebihan.

Rauhanda Riyantama

Selebrasi Cristiano Ronaldo saat merayakan gelar juara Serie A Italia bersama Juventus, meski baru semusim bergabung. (MARCO BERTORELLO / AFP)
Selebrasi Cristiano Ronaldo saat merayakan gelar juara Serie A Italia bersama Juventus, meski baru semusim bergabung. (MARCO BERTORELLO / AFP)

Bolatimes.com - Baru-baru ini, bintang Juventus, Cristiano Ronaldo, turut angkat bicara terkait fenomena tingginya harga transfer pemain dalam beberapa tahun terakhir. Menurutnya, ada beberapa kesepakatan transfer yang dinilai sangat berlebihan.

Bisa dibayangkan, harga pemain zaman sekarang bisa mencapai angka 100 juta euro lebih. Padahal, pemain tersebut terbilang masih sangat muda dan beberapa di antaranya belum menunjukkan kapasitas sebagai pemain yang pantas dihargai setinggi langit.

''Sulit untuk membuat kalkulasi di sepakbola modern. Banyak klub yang berani mengambil risiko pada pemain potensial, dan memang industri sepakbola sekarang itu berbeda,'' ungkap Ronaldo, seperti dilansir dari Marca.

Saat ini, rekor pemain termahal masih dipegang Neymar saat dibeli Paris Saint-Germain dari Barcelona. Bintang asal Brasil itu ditebus dengan mahar mencapai 222 juta euro pada 2017.

Dan pada bursa transfer musim panas ini, transfer gila-gilaan itu kembali terjadi. Ada tiga nama yang cukup menggemparkan dunia dengan harganya yang mencapai angka 100 juta euro lebih, yakni Eden Hazard, Antoine Griezmann, dan Joao Felix.

Selain itu, ada juga nama Harry Maguire. Pemain yang berposisi sebagai bek tengah itu memecahkan rekor transfer sebagai pemain belakang termahal di dunia saat dibeli Manchester United dari Leicester City dengan harga sebesar 87 juta euro.

''Mengesampingkan Joao Felix, pemain manapun bisa dibayar 100 juta euro, meski tanpa menunjukkan apapun. Ada lebih banyak uang dalam sepakbola. Bek tengah dan kiper bisa dihargai 70 atau 80 juta euro,'' ujar Ronaldo.

''Saya tidak sepakat (dengan harga transfer sekarang), tapi inilah dunia yang kita tinggali sekarang dan Anda harus menghormatinya,'' tandas pemain yang mengoleksi lima gelar Ballon d'Or itu.

Lebih lanjut, menanggapi kicauan Ronaldo bisa dibilang wajar-wajar saja. Sebab, di masa keemasannya, ia sempat didapuk sebagai pemain termahal juga saat dibeli Real Madrid dari Manchester United seharga 94 juta euro pada 2009.

Namun, bedanya pemain berlabel termahal saat itu memang sudah menunjukkan kapasitasnya sebagai pesepak bola hebat. Seperti diketahui, sebelum dibeli Real Madrid, Ronaldo telah menjadi tulang punggung The Red Devils dalam meraih beberapa gelar, di antaranya Liga Champions dan titel juara Liga Primer Inggris. 

Berita Terkait

Berita Terkini