Boladunia

7 Fakta Penting Jelang Laga Kroasia vs Inggris

Jika menilik rekor pertemuan, Inggris lebih diunggulkan.

Galih Priatmojo | Irwan Febri Rialdi

Kroasia vs Inggris. (sumber: aljazirahnews).
Kroasia vs Inggris. (sumber: aljazirahnews).

Bolatimes.com - Kroasia akan menantang Inggris pada babak semifinal Piala Dunia 2018 di Stadion Luzhniki, Rabu (11/7/2018) atau Kamis dini hari WIB. Menjelang laga itu, adapun beberapa fakta menarik yang perlu disimak.

Kroasia dan Inggris pernah bertemu sekali sebelum Piala Dunia 2018, tepatnya pada babak penyisihan grup di Euro 2004. Kala itu, skuat Tiga Singa yang keluar sebagai pemenangnya dengan skor 4-2.

Secara keseluruhan kedua negara tersebut telah bersua sebanyak delapan kali. Inggris menang sebanyak empat kali, Kroasia dua kali, dan sisanya berakhir imbang.

Namun, yang lalu telah menjadi masa lalu. Kini Kroasia yang kerap kalah dari Inggris muncul dengan sebutan generasi emas, di mana di skuat mereka ada pemain-pemain top layaknya Luka Modric, Ivan Rakitic, dan Mario Mandzukic.

Sementara Inggris, kali ini mereka datang dengan skuat muda generasi terbaik yang dipimpin oleh pemuda 24 tahun, Harry Kane. Pertemuan antara Kroasia kontra Inggris pun diprediksi akan berlangsung menarik.

Untuk itu, beberapa fakta berikut menjadi wajib untuk diketahui sebelum menyaksikan laga hidup mati tersebut. Melansir dari BBC, berikut Bolatimes.com menyajikan.

1. Kroasia akan memainkan semifinal Piala Dunia kedua mereka. Penampilan semifinal terakhir terjadi pada edisi 1998.

2. Kroasia telah menciptakan 10 gol di sepanjang Piala Dunia 2018. Tujuh berasal dari open play dan tiga lainnya lahir dari set-piece.

3. Namun, Kroasia memiliki sisi lemah jika ada serangan lewat bola mati. Tiga dari empat gol yang bersarang ke gawang mereka lahir dari bola mati.

4. Kroasia tak terkalahkan dalam sembilan pertandingan kompetitif sejak terakhir kali kalah dari Turki pada September 2017.

5. Laga nanti merupakan semifinal ketiga Inggris. Dua sebelumnya terjadi pada Piala Dunia 1990 dan 1996. Namun, mereka selalu kalah.

6. Inggris belum pernah menang melawan dua tim Eropa dalam satu Piala Dunia sejak 1982. 

7. Inggris telah mencetak 11 gol di Piala Dunia 2018. Delapan di antaranya terjadi melalui set-piece. Itu menjadi rekor baru di Piala Dunia.

Dengan berbagai catatan tersebut, Inggris dan Kroasia sama-sama memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Lantas, siapa yang nantinya keluar sebagai juara? mari kita nantikan bersama.

loading...

Berita Terkait

Berita Terkini