4 Hal yang Harus Dilakukan Rusia untuk Singkirkan Spanyol

Setidaknya ada empat hal yang wajib dilakukan Rusia untuk meredam sekaligus memberi pukulan telak untuk membuat Spanyol angkat koper dari Piala Dunia 2018.

Stephanus Aranditio | Dany Garjito | BolaTimes.com
Minggu, 01 Juli 2018 | 19:30 WIB
Ini yang Harus Dilakukan Rusia untuk Kalahkan Spanyol Instagram.com/@teamrussia

Ini yang Harus Dilakukan Rusia untuk Kalahkan Spanyol Instagram.com/@teamrussia

Bolatimes.com - Spanyol vs Rusia akan menjadi ujian berat bagi tuan rumah. Rusia tentu tidak ingin malu di depan publik sendiri. Meski Spanyol lebih diunggulkan, La Furia Roja punya banyak kelemahan di Piala Dunia 2018 ini.

Setidaknya ada empat hal yang harus dilakukan timnas Rusia untuk mengusir timnas Spanyol dari Negeri Vladimir Putin.

Meskipun Rusia akan mendapat dukungan yang lebih banyak karena mereka bertindak sebagai tuan rumah Piala Dunia 2018, timnas Spanyol masih bisa angkat dagu karena tim Matador lebih difavoritkan untuk lolos ke perempat final.

Baca Juga: Kylian Mbappe, Penggemar Ronaldo Penghancur Mimpi Messi

Langkah Spanyol bisa sampai sejauh ini juga tidak terlalu mulus. Satu grup dengan Portugal, Iran dan Maroko, tim asuhan Fernando Hierro ini sudah kewalahan.

Tim Beruang Merah Rusia harus memanfaatkan beberapa celah kelemahan timnas Spanyol kalau tidak mau menanggung malu di depan ribuan pasang mata pendukung Rusia, baik yang menyaksikan langsung di Luzhniki Stadium maupun yang menyaksikan dari layar kaca.

Pertandingan Spanyol vs Rusia digelar pada Minggu (1/7) pukul 21.00 WIB.

Baca Juga: 5 Pemain Paling Kotor di Piala Dunia 2018

Dilansir Bolatimes.com dari Fifa, pelatih Rusia Stanislav Cherchesov saat diwawancarai FIFA TV mengaku bahwa pasti timnya akan kesulitan untuk menyerang Spanyol, tapi Rusia akan terus mencoba.

Cherchesov juga menambahkan, Rusia pernah melawan timnas Spanyol kala La Furia Roja masih dilatih Julen Lopetegui dan sekarang saat dilatih Hierro ada sedikit perbedaan dalam gaya permainan, dan itu patut diwaspadai timnas Rusia.

Lalu apa strategi timnas Rusia untuk bisa mengalahkan timnas Spanyol?

Baca Juga: Layak Ditiru! Ronaldo Tunjukkan Simpatinya Kepada Pemain Lawan

Setidaknya ada empat hal yang wajib dilakukan timnas Rusia untuk meredam sekaligus memberi pukulan telak untuk membuat Spanyol angkat koper menyusul Argentina dan Portugal. Berikut diantaranya!

Eksploitasi terus kelemahan di sektor pertahanan

Gaya permainan tiki-taka yang telah menjadi identidas timnas Spanyol memang menarik untuk disaksikan.

Baca Juga: Ini Dugaan Netizen Soal Protes Keras Ronaldo yang Berujung Kartu

Tapi gaya permainan tersebut memiliki beberapa kelemahan, salah satu yang sudah mulai bisa ditebak adalah meninggalkan banyak ruang atau space antara pemain belakang dan kiper.

Tentu saja hal ini harus terus dieksploitasi timnas Rusia. Apalagi kiper Spanyol De Gea juga sering melakukan blunder selama Piala Dunia 2018.

Bek sayap Spanyol Jordi Alba dan Dani Carvajal juga rajin membantu penyerangan namun sering terlambat untuk menutup ruang yang mereka tinggalkan ketika terjadi serangan balik.

Penyerang sayap Rusia seperti Aleksandr Samedov dan Denis Cheryshev harus jeli membaca peluang tersebut.

Rajin memberi tekanan dengan penuh perhitungan

Pressure tinggi pada setiap pemain Spanyol wajib dilakukan oleh para pemain Rusia. Hal ini bisa digunakan untuk mengacaukan konsentrasi dan taktik yang diterapkan Hierro pada Spanyol.

Dan ketika tiba saatnya Spanyol kehilangan bola, manfaatkan momen kebingungan mereka dengan serangan balik cepat. Hal itu sudah terbukti beberapa kali seperti saat Belanda menghancurkan Spanyol di Piala Dunia 2014 di Brasil.

Perlu dicatat, memberi tekanan dengan penuh perhitungan, yaitu harus tetap waspada pada pergerakan tanpa bola yang sering dilakukan pemain-pemain seperti Isco dan Iniesta.

Plus Diego Costa jangan sampai dibiarkan memiliki kesempatan menendang bola ke gawang Rusia. Rusia bisa menerapkan cara yang sama ketika mereka meredam Mohammed Salah.

Manfaatkan servis bola mati

Permainan terbuka mungkin menjadi senjata timnas Spanyol. Tetapi sebagus apapun timnya, jika tim lawan mampu memanfaatkan servis bola mati seperti dari sepakan pojok, tendangan bebas, dan penalti, tentu akan kewalahan juga.

Buktinya pemain Maroko Youssef En-Nesyri bisa membobol gawang De Gea lewat sundulan yang berawal dari tendangan penjuru. Artem Dzyuba striker Rusia tentu bisa menjadi tumpuan di situasi ini.

Sabar dan menunggu momen yang tepat untuk menyerang

Setiap pemain harus paham betul apa tugas mereka di lapangan, siapa pemain Spanyol yang harus mereka kawal ketat, dan kapan harus keluar menyerang ketika Spanyol membuat kesalahan.

Maka dari itu kesabaran sangat diperlukan di sini. Terpancing emosi bisa sangat berbahaya bagi Rusia, pemain-pemain seperti Sergio Ramos, Jordi Alba, Sergio Busquets dan Diego Costa biasanya akan memancing emosi lawan. Jangan sampai terpancing, Rusia!

Berita Rekomendasi
Berita Terkait
TERKINI

Tiga negara yang memastikan diri lolos ke babak final Euro 2024, yakni Georgia, Ukraina, dan Polandia akan terbang ke Jerman, yang menjadi tuan rumah Euro 2024.

boladunia | 15:18 WIB

Pertandingan Vietnam vs Indonesia akan berlangsung di Stadion My Dinh, Hanoi pada Selasa, (26/3/2024) pukul 19.00 WIB.

boladunia | 20:26 WIB

Deretan laga besar akan tersaji dalam Euro 2024 yang tak lama lagi akan digelar di Benua Biru. Jelang pertarungan bergengsi antar-negara di Eropa ini, ada sejumlah fakta menarik yang layak untuk dikupas.

boladunia | 09:15 WIB

Barcelona terjepit. Klub Catalan itu sudah disebut miskin oleh pemain incarannya. Pengaturan transfer menjadi lebih lancar ketika klub memiliki sumber daya finansial yang pas-pasan.

boladunia | 22:17 WIB

Liverpool memiliki kesempatan besar dalam mencari pengganti Juergen Klopp yang akan segera meninggalkan klub.Xabi Alonso, yang saat itu menjadi pelatih Bayer Leverkusen, pernah menjadi pilihan utama Liverpool.

boladunia | 21:58 WIB

Hasil undian untuk semifinal Piala FA diumumkan sekitar dua puluh lima menit setelah pertandingan Man United vs Liverpool di Old Trafford berakhir pada hari Minggu, tanggal 17 Maret 2024.

boladunia | 20:52 WIB

Striker AC Milan, Olivier Giroud dikabarkan akan merapat ke klub sepakbola asal Amerika Serikat. Saat ini disebutkan jika sang pemain sedang dalam tahap pembicaraan dengan LAFC di Amerika Serikat.

boladunia | 00:05 WIB

Di pertandingan melawan Hellas Verona pada pekan ke-29 Liga Italia, Pulisic mencetak gol penting yang mencatat sejarah bagi klub.

boladunia | 15:00 WIB

Gelaran drawing Europa Conference League 2023/2024 dilakukan di Nyon, Swiss pada Jumat, 15 Maret 2024. Dalam undian ada empat laga akan digelar pada delapan besar.

boladunia | 21:19 WIB

Detik-detik menegangkan terjadi ketika VAR melakukan tinjauan intensif untuk memastikan keabsahan gol tersebut, menciptakan ketegangan dan euforia di seluruh stadion.

boladunia | 07:00 WIB

Dalam pertandingan tersebut, Simone Inzaghi's squad mencetak gol melalui kontribusi Mateo Darmian, Lautaro Martinez, Federico Dimarco, dan Davide Frattesi, mengumpulkan total 69 poin, unggul 12 poin dari Juventus yang menempati posisi kedua dengan 57

boladunia | 06:15 WIB

Pertandingan tandang Al Nassr melawan Al Shabab pada pekan ke-21 Liga Pro Arab Saudi, Senin (26/2/2024) dini hari WIB, berlangsung di Prince Faisal bin Fahd Stadium.

boladunia | 11:33 WIB

Suporter fanatik Timnas Indonesia, Katon, dikabarkan telah meninggal dunia karena sakit yang dideritanya.

boladunia | 21:35 WIB

Babak 16 besar Liga Europa menunjukkan bahwa AC Milan berpeluang menghadapi Liverpool. AC Milan dan Liverpool bertemu di babak final Liga Europa, bukan di fase awal eliminasi.

boladunia | 11:02 WIB

Di era di mana penilaian terhadap pemain semakin berkutat pada statistik serangan mereka, mengutip rangkuman transfermarkt-com, ada 20 puluh pemain papan atas di Eropa yang berhasil mencatatkan angka dua digit dalam mencetak gol dan memberikan assist

boladunia | 10:17 WIB

Laga Al-Nasr vs Al-Hilal berlangsung di Kingdom Arena, pada Jumat, (9/2/2024). Tim dengan jersey warna kuning dominan itu harus mengakui keunggulan Al-Hilal dengan skor 2-0.

boladunia | 08:25 WIB

Partai final Piala Asia 2023, laga antara Qatar vs Yordania berlangsung di Stadion Lusail, pada Sabtu, (10/2/2024) malam WIB.

boladunia | 08:13 WIB

Laga final Piala Asia 2023 antara Yordania menantang tim tuan rumah Qatar bakal berlangsung di Stadion Lusail, pada Sabtu (10/2/2024) pukul 22.00 WIB.

boladunia | 13:21 WIB
Tampilkan lebih banyak