Mengenal Spidercam, Kamera Canggih di Piala Dunia 2018

Untuk memenuhi kualitas siaran sepak bola Piala Dunia 2018 yang lebih baik sebuah brand ternama mengeluarkan teknologi kamera bernama Spidercam.

Stephanus Aranditio | BolaTimes.com
Senin, 25 Juni 2018 | 18:30 WIB
Spidercam (Sumber: FIFA)

Spidercam (Sumber: FIFA)

Bolatimes.com - Gelaran ajang sepak bola Piala Dunia 2018 sudah berjalan kurang lebih 12 hari dari sekarang.

Gimana nih kamu masih semangat mendukung negara kesayangan kamu?

Kalau kamu suka banget dengan olahraga sepak bola, pastinya lebih seru apabila kamu datang dan menonton langsung gelaran olahraga ini di tempatnya berlangsung. Iya kan?

Baca Juga: Bepe Sindir Umuh Muchtar Jelang Laga Persija Vs Persib

Namun, untuk yang tidak bisa menonton langsung kamu bisa nih menonton siaran langsung melalui televisi yang memiliki izin resmi menayangkan Piala Dunia ini.

Atau kamu juga bisa nih menontonnya melalui aplikasi yang sekarang sudah banyak disediakan di Play Store untuk mendukung Piala Dunia 2018 ini.

Kalau beberapa waktu lalu HiTekno sudah pernah membahas tentang teknologi VAR yang digunakan di Piala Dunia 2018, kali ini HiTekno akan bahas mengenai teknologi Spidercam.

Baca Juga: Bambang Pamungkas: Persija dan Persib Tak Pantas Disebut Rival!

Apa itu Spidercam?

Spidercam/mirror.co.uk
Spidercam/mirror.co.uk

Sumber foto: mirror.co.uk

Dahulu setidaknya teradpat 11 kamera digunakan untuk merekam dan menyiarkan sebuah pertandingan sepak bola.

Baca Juga: Viral! Video Tarian Unik Timnas Senegal Saat Latihan di Rusia

Kamera tersebut di antaranya adalah satu kamera jimmy jib di belakang setiap gawang, satu kamera di setiap sudut lapangan dan tiga kamera di tribun utama yang berada di sisi kiri, kanan dan tengah.

Lalu ada dua kameramen di pinggir lapangan yang bertugas merekam bangku cadangan.

Karena penempatan kamera yang hanya bergerak dari pinggir membuat siaran sepak bola terkesan kaku.

Baca Juga: Mascherano katakan Messi Frustasi, Apakah Messi Menyerah?

Untuk memenuhi kualitas siaran sepak bola Piala Dunia 2018 yang lebih baik sebuah brand ternama mengeluarkan teknologi kamera bernama Spidercam.

Sesuai dengan namanya, kamera ini berbentuk seperti laba-laba, menggantung dan ditopang oleh kabel yang kuat.

Sementara itu, Spidercam memiliki fungsi untuk menambah sudut pandang penyiaran yang tidak bisa dilakukan oleh kamera biasa yang cenderung statis.

Kamera Spidercam memiliki tingkat fleksibilitas yang tinggi, karena kamera ini mampu bergerak di mana saja sesuai dengan areanya, dari sudut ke sudut lain serta naik dan turun.

Bahkan bila memungkinkan, kamera ini bisa berada sejajar dengan si pemaian yang ada di lapangan.

Cara Mengoperasikan Spidercam

Cara kerja kamera Spidercam memanfaatkan kabel yang kokoh untuk menjaga keseimbangan dan menopang pergerakan kamera.

Kabel yang digunakan sebagai jalannya Spidercam menggunakan kabel berbahan kevlar yang kuat.

Kamera Spidercam ini tentunya lebih baik ketimbang drone yang dibatasi berat, angin dan durasi baterai.

Belum lagi kalau tiba-tiba baterai drone habis dan jatuh mengenai pemain sepak bola, hal itu akan lebih bahaya.

Untuk mengoperasikan Spidercam, setidaknya dibutuhkan dua orang yang saling berkomunikasi.

Spidercam/mirror.co.uk
Spidercam/mirror.co.uk

Sumber foto: elcomercio.pe

Orang pertama bertugas mengatur gerak Spidercam, sedangkan orang kedua memiliki tugas untuk mengoperasikan kamera pada alat ini, seperti zoom in/out, bergerak ke kiri/kanan, serta mengambil detail yang pas sehingga akan menghasilkan hasil yang enak dilihat di televisi.

Pergerakan kamera ini menggunakan sistem tarik ulur atau pancing di antara kabelnya yang telah diatur dalam sistem komputer.

Kamera ini dilengkapi empat motor yang membuat Spidercam bisa naik-turun atau bergerak ke mana saja sesuai kontrol.

Karena letak kamera ini berada di atas arena lapangan sepak bola di stadion, sehingga kamera ini tidak akan menganggu gambar di layar televisi kalian.

Dengan adanya kamera Spidercam ini, kamu jadi bisa melihat sudut terbaik yang akan diambil dari kamera ini dan dapat menikmati siaran Piala Dunia 2018 dengan nyaman.

 

Berita ini sudah tayang di hitekno.com

Berita Rekomendasi
Berita Terkait
TERKINI

Tiga negara yang memastikan diri lolos ke babak final Euro 2024, yakni Georgia, Ukraina, dan Polandia akan terbang ke Jerman, yang menjadi tuan rumah Euro 2024.

boladunia | 15:18 WIB

Pertandingan Vietnam vs Indonesia akan berlangsung di Stadion My Dinh, Hanoi pada Selasa, (26/3/2024) pukul 19.00 WIB.

boladunia | 20:26 WIB

Deretan laga besar akan tersaji dalam Euro 2024 yang tak lama lagi akan digelar di Benua Biru. Jelang pertarungan bergengsi antar-negara di Eropa ini, ada sejumlah fakta menarik yang layak untuk dikupas.

boladunia | 09:15 WIB

Barcelona terjepit. Klub Catalan itu sudah disebut miskin oleh pemain incarannya. Pengaturan transfer menjadi lebih lancar ketika klub memiliki sumber daya finansial yang pas-pasan.

boladunia | 22:17 WIB

Liverpool memiliki kesempatan besar dalam mencari pengganti Juergen Klopp yang akan segera meninggalkan klub.Xabi Alonso, yang saat itu menjadi pelatih Bayer Leverkusen, pernah menjadi pilihan utama Liverpool.

boladunia | 21:58 WIB

Hasil undian untuk semifinal Piala FA diumumkan sekitar dua puluh lima menit setelah pertandingan Man United vs Liverpool di Old Trafford berakhir pada hari Minggu, tanggal 17 Maret 2024.

boladunia | 20:52 WIB

Striker AC Milan, Olivier Giroud dikabarkan akan merapat ke klub sepakbola asal Amerika Serikat. Saat ini disebutkan jika sang pemain sedang dalam tahap pembicaraan dengan LAFC di Amerika Serikat.

boladunia | 00:05 WIB

Di pertandingan melawan Hellas Verona pada pekan ke-29 Liga Italia, Pulisic mencetak gol penting yang mencatat sejarah bagi klub.

boladunia | 15:00 WIB

Gelaran drawing Europa Conference League 2023/2024 dilakukan di Nyon, Swiss pada Jumat, 15 Maret 2024. Dalam undian ada empat laga akan digelar pada delapan besar.

boladunia | 21:19 WIB

Detik-detik menegangkan terjadi ketika VAR melakukan tinjauan intensif untuk memastikan keabsahan gol tersebut, menciptakan ketegangan dan euforia di seluruh stadion.

boladunia | 07:00 WIB

Dalam pertandingan tersebut, Simone Inzaghi's squad mencetak gol melalui kontribusi Mateo Darmian, Lautaro Martinez, Federico Dimarco, dan Davide Frattesi, mengumpulkan total 69 poin, unggul 12 poin dari Juventus yang menempati posisi kedua dengan 57

boladunia | 06:15 WIB

Pertandingan tandang Al Nassr melawan Al Shabab pada pekan ke-21 Liga Pro Arab Saudi, Senin (26/2/2024) dini hari WIB, berlangsung di Prince Faisal bin Fahd Stadium.

boladunia | 11:33 WIB

Suporter fanatik Timnas Indonesia, Katon, dikabarkan telah meninggal dunia karena sakit yang dideritanya.

boladunia | 21:35 WIB

Babak 16 besar Liga Europa menunjukkan bahwa AC Milan berpeluang menghadapi Liverpool. AC Milan dan Liverpool bertemu di babak final Liga Europa, bukan di fase awal eliminasi.

boladunia | 11:02 WIB

Di era di mana penilaian terhadap pemain semakin berkutat pada statistik serangan mereka, mengutip rangkuman transfermarkt-com, ada 20 puluh pemain papan atas di Eropa yang berhasil mencatatkan angka dua digit dalam mencetak gol dan memberikan assist

boladunia | 10:17 WIB

Laga Al-Nasr vs Al-Hilal berlangsung di Kingdom Arena, pada Jumat, (9/2/2024). Tim dengan jersey warna kuning dominan itu harus mengakui keunggulan Al-Hilal dengan skor 2-0.

boladunia | 08:25 WIB

Partai final Piala Asia 2023, laga antara Qatar vs Yordania berlangsung di Stadion Lusail, pada Sabtu, (10/2/2024) malam WIB.

boladunia | 08:13 WIB

Laga final Piala Asia 2023 antara Yordania menantang tim tuan rumah Qatar bakal berlangsung di Stadion Lusail, pada Sabtu (10/2/2024) pukul 22.00 WIB.

boladunia | 13:21 WIB
Tampilkan lebih banyak