Positif Doping, Sprinter Terancam Kehilangan Medali

Setelah dilakukan uji sampel kedua, hasilnya tetap positif doping.

Husna Rahmayunita | BolaTimes.com
Rabu, 15 September 2021 | 12:35 WIB
Sejumlah pelari memacu langkahnya dalam final 800 meter putra cabang atletik Olimpiade Tokyo 2020 di Stadion Olimpiade Tokyo, Jepang, Rabu (4/8/2021). (ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan/foc)

Sejumlah pelari memacu langkahnya dalam final 800 meter putra cabang atletik Olimpiade Tokyo 2020 di Stadion Olimpiade Tokyo, Jepang, Rabu (4/8/2021). (ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan/foc)

Bolatimes.com - Seorang sprinter dinyatakan positif doping setelah berhasil merebut medali perak Olimpiade Tokyo 2020 nomor estafet 4x100 meter.

Ialah Chijindu Ujah, sprinter asal Inggris Raya. Saat dilakukan uji sampel A pada Agustus 2021, Ujah dinyatakan positif doping.

Hasil uji sampel A dari sprinter 27 tahun itu mengandung zat terlarang jenis ostarine dan S-23 yang membuatnya diskors untuk sementara.

Baca Juga: Prediksi Liverpool vs AC Milan, Drama di 2 Final Liga Champions Terulang?

Ujah membantah telah melakukan pelanggaran. Ia bahkan mengaku terkejut mengetahui hasil tersebut.

"Saya tidak pernah dan tidak akan pernah secara sadar menggunakan zat terlarang," ujarnya seperti dikutip dari Reuters.

Namun menurut laporan Badan Pengujian Internasional (ITA), setelah dilakukan uji sampel kedua, hasilnya tetap sama yakni Ujah positif doping.

Baca Juga: Urusan Koleksi Mobil, Lionel Messi Lebih Unggul Ketimbang Cristiano Ronaldo

"ITA mengonfirmasi bahwa sesuai permintaan atlet, analisis sampel B dilakukan di laboratorium terakreditasi WADA di Tokyo pada 19 Agustus 2021 dan prosedur tersebut mengonfirmasi hasil sampel A," demikian pernyataan ITA.

Atas kasus ini, kata ITA, sesuai dengan Aturan Anti-Doping Komite Olimpiade Internasional (IOC) dan Peraturan Anti-Doping Atletik Dunia, atlet yang melakukan Pelanggaran Peraturan Anti-Doping secara otomatis didiskualifikasi.

"Kasus ini kemudian akan dirujuk ke Unit Integritas Atletik (World Athletics) untuk menindaklanjuti sanksi di luar Olimpiade Tokyo 2020," kata ITA.

Baca Juga: Ditawari Balik ke Arsenal, Begini Komentar Menyentuh Jack Wilshere

Ujah meraih perak pada nomor 4x100 meter putra Olimpiade Tokyo bersama dengan Zharnel Hugnes, Richard Kilty, dan Nethaneel Mitchell-Blake.

Dengan adanya kasus tersebut, Inggris Raya terancam kehilangan medali perak yang sebelumnya didapat Ujah.

Sementara Kanada yang sebelumnya di posisi ketiga di Olimpiade Tokyo secara otomatis bakal naik peringkat dan berhak atas perak. Adapun China yang sebelumnya berada di urutan keempat, akan mendapatkan medali perunggu.

Baca Juga: Statistik Miris Jesse Lingard, Cuma Satu Umpan Sukses dan Blunder Fatal

(Antara)

Berita Rekomendasi
Berita Terkait
TERKINI

Bagnaia menjadi bagian sukses baru Ducati, dan Marquez baru menjalani debut yang tergolong gemilang dengan motor dari pabrikan asal Italia itu.

arena | 11:21 WIB

Pebalap Jorge Martin bereaksi setelah hanya memimpin klasemen MotoGP 2024 dalam waktu singkat, pasca Francesco Bagnaia (Ducati Lenovo) keluar sebagai juara MotoGP Qatar.

arena | 11:06 WIB

Manajer tim Ducati Lenovo, Luigi Dall'Igna menilai strategi Francesco Bagnaia demi meraih kemenangan dalam seri pembuka MotoGP 2024 karena berani mengambil risiko yang besar.

arena | 19:20 WIB

Mereka masing-masing finis di posisi kelima dan tujuh dalam Sprint Race MotoGP Qatar yang berlangsung di Sirkuit Internasional Lusail, pada Sabtu (9/3/2024).

arena | 11:49 WIB

Berstatus sebagai polesitter, Jorge Martin tampil dengan apik sejak lampu hijau dinyalakan pada balapan 11 lap di Sirkuit Internasional Lusai, Sabtu (10/3/2024).

arena | 11:29 WIB

Pebalap tim Prima Pramac, Jorge Martin merebut pole position perdana pada MotoGP 2024, usai menjadi yang tercepat dalam sesi kualifikasi MotoGP Qatar.

arena | 09:46 WIB

Pebalap Alex Rins dan Fabio Quartararo mengakui, bahwa mereka kesulitan ketika berpacu di trek basah, pada sesi latihan bebas (FP) MotoGP Qatar, Jumat (8/3/2024).

arena | 09:29 WIB

Pebalap Ducati Lenovo, Francesco Bagnaia mengaku kecewa karena tak bisa tampil maksimal pada sesi latihan bebas MotoGP Qatar, yang digelar di Sirkuit Internasional Lusail, pada Jumat, (8/3/2024).

arena | 13:02 WIB

Sejumlah pebalap MotoGP, mulai dari sang juara dunia dua kali Francesco Bagnaia (Ducati Lenovo) hingga Marc Marquez (Gresini Racing) optimistis memulai musim 2024.

arena | 08:43 WIB

Pengumuman tersebut, disampaikan langsung tim Ducati Corse melalui media sosial X (Twitter) beberapa hari jelang gelaran MotoGP 2024 di Sirkuit Internasional Lusail, Qatar akhir pekan ini.

arena | 09:39 WIB

Hal tersebut, jelas menjadi kabar baik bagi tim pabrikan asal Jepang itu menjelang balapan perdana MotoGP 2024 di Sirkuit Internasional Lusail, Qatar pada Maret mendatang.

arena | 10:51 WIB

Pebalap Jorge Martin mengaku siap tancap gas untuk menjadi penantang sang juara bertahan Francesco Bagnaia (Ducati Lenovo) di MotoGP 2024.

arena | 10:26 WIB

Dua pebalap tim Aprilia Racing, Aleix Espargaro dan Maverick Vinales mengaku tak sabar untuk memulai balapan di MotoGP 2024. Adapun balapan perdana akan digelar di Sirkuit Internasional Lusail, dalam jadwal MotoGP Qatar 2024 dimulai pada 8-10 Maret.

arena | 08:32 WIB

Nama pebalap Fabio Di Giannantonio disebut-sebut memiliki potensi untuk menjadi 'kuda hitam' atau pesaing yang harus diwaspadai untuk merebut posisi sebagai yang tercepat di MotoGP 2024.

arena | 07:53 WIB

Pebalap tim Prima Pramac, Jorge Martin menyatakan, bahwa dirinya semakin termotivasi untuk merebut gelar juara dunia MotoGP 2024, sementara Franco Morbidelli tak sabar ingin lebih mengenal motor Desmosedici GP24 di musim ini.

arena | 07:38 WIB

Brad Binder menyatakan, bahwa dirinya semakin percaya diri bisa tampil kompetitif pada gelaran MotoGP 2024. Pebalap andalan Red Bull KTM itu juga yakin bisa bersaing ketat dengan para pebalap top lainnya di MotoGP 2024 nanti.

arena | 15:57 WIB

Pebalap Monster Energy Yamaha, Fabio Quartararo menilai, tim masih perlu meningkatkan performa motor Yamaha M1 agar bisa tampil lebih kompetitif.

arena | 14:56 WIB

Pebalap Ducati Lenovo, Francesco Bagnaia sukses mempertahankan dominasinya untuk memimpin selama dua hari tes pramusim MotoGP 2024 di Sirkuit Internasional Lusai, pada 19-20 Februari.

arena | 14:35 WIB
Tampilkan lebih banyak