Klub Juara Liga Arab Saudi Diajukan Tampil di Liga Champions Eropa, Memangnya Bisa?

Apakah bisa klub dari Asia ikut Liga Champions Eropa?

Irwan Febri Rialdi | BolaTimes.com
Jum'at, 18 Agustus 2023 | 13:14 WIB
Neyamar gabung Al Hilal. (Instagram/@alhilal)

Neyamar gabung Al Hilal. (Instagram/@alhilal)

Bolatimes.com - Baru-baru ini, muncul sebuah wacana yang menyebutkan bahwa jawara Saudi Pro League alias Liga Pro Saudi akan diusulkan untuk mendapat tiket tampil di Liga Champions Eropa. 

Wacana pengiriman jawara Liga Pro Saudi ke Liga Champions Eropa ini sudah muncul dalam pemberitaan-pemberitaan media olahraga internasional. Salah satu yang memberitakannya yakni Sportbible.

Mereka mengklaim bahwa Arab Saudi tengah menyiapkan rencana untuk memberi hadiah kepada pemenang Liga Pro Saudi untuk tampil di Kualifikasi Liga Champions Eropa.

Idenya ialah dengan mengajukan permintaan ke Konfederasi Sepak Bola Eropa (UEFA) untuk memberikan wildcard kepada juara Liga Arab Saudi. Hal ini tak terlepas dari banyaknya pemain bintang dunia yang kini berkarier di Arab Saudi.

"Arab Saudi dilaporkan tengah berencana untuk menghadiahkan pemenang Liga Pro Saudi dengan tiket tampil di kualifikasi ke Liga Champions UEFA," tulis Sportbible dalam beritanya, Kamis (17/8/2023).

"Mereka berencana untuk mengusulkan wild card ke UEFA yang akan memungkinkan juara Saudi untuk berpartisipasi dalam Liga Champions Eropa, yang akan dimainkan oleh 36 tim mulai 2024/25," tulis Sportbible.

"Jika proposal tersebut diterima oleh UEFA, kita berpotensi melihat pemain seperti Cristiano Ronaldo, Karim Benzema, dan Neymar bermain di Eropa sekali lagi. Apakah Anda ingin melihat klub Saudi bermain di Liga Champions?," tulis Sportbible.

Lalu, apakah klub yang nantinya mampu meraih gelar juara Liga Pro Saudi bisa berpartisipasi di Liga Champions Eropa? 

Jika merujuk pada istilahnya, Wild Card berarti bahwa undangan yang diberikan kepada salah satu tim untuk berpartisipasi dalam kompetisi. 

Selain itu, tim tersebut juga dapat memperoleh izin untuk bermain, baik setelah kualifikasi berakhir (kalah dalam pertandingan kualifikasi atau tidak lulus peringkat), atau sebelum dimulainya turnamen.

Contoh utama dari hal ini ialah Piala Dunia. Negara yang berstatus sebagai tuan rumah dapat menurunkan tim nasionalnya sendiri tanpa pertandingan tambahan.

Menurut sejumlah media asing, klub Liga Arab Saudi memang berpotensi tampil di Liga Champions Eropa. Goal.com, misalnya, menyebut bahwa banyaknya pemain bintang jadi alasannya.

“Jika proposal ini diterima oleh UEFA, ada potensi melihat pemain seperti Cristiano Ronaldo, Karim Benzema, dan Neymar, bermain di Eropa sekali lagi. Selain itu, hal ini tentunya akan semakin meningkatkan profil dan prestise Liga Saudi dalam skala global,” tulis .com.

“Tentu saja, tantangan yang signifikan bagi otoritas Arab Saudi ialah untuk meyakinkan UEFA karena mungkin memerlukan perombakan struktural kompetisi secara menyeluruh. Masih harus dilihat apakah proposal ini bisa menghasilkan kemungkinan positif,” tambahnya.

Sementara itu, Marca memang melihat adanya potensi yang sama. Namun, bukan tidak mungkin hal semacam ini bisa terwujud, setidaknya dalam beberapa tahun ke depan.

“Yang jelas, pemimpin UEFA dan Arab Saudi telah berbicara pada kesempatan yang berbeda, tetapi opsi juara negara Arab itu untuk bisa berpartisipasi di Liga Champions masih di ambang kemustahilan, setidaknya dalam beberapa tahun ke depan,” tulis Marca.

Kontributor: M Faiz Alfarizie
Berita Rekomendasi
Berita Terkait
TERKINI

Sporting Director PT Persib Teddy Tjahjono membantah tudingan yang menyebutkan dirinya sebagai saksi yang memberatkan dalam persidangan kasus kericuhan yang melibatkan Bobotoh

liga | 17:40 WIB

Bek Persib Bandung Henhen Herdiana tidak pernah menyangka akan melakoni 100 pertandingan bersama Pangeran Biru. Sejak promosi dari Diklat Persib 2016 silam, Henhen tak pernah membayangkan bisa bermain hingga sejauh ini.

liga | 11:07 WIB

David da Silva akhirnya berdamai dengan Persib Bandung setelah proses administasi telah diselesaikan

liga | 16:08 WIB

Berbagai pertimbangan dilakukan oleh PT Liga Indonesia Baru sebelum memutuskan kembali menggulirkan Liga 1 2023/2024 pada 15 April 2024 mendatang

liga | 15:35 WIB

FIFA menjatuhkan sanksi untuk lima tim Indonesia, satu di antaranya Persija Jakarta. Macan Kemayoran tak bisa melakukan transfer pemain selama tiga musim.

liga | 13:04 WIB

Pelatih Persib Bojan Hodak memberikan waktu libur untuk anak asuhnya selama tiga hari. Jeda kompetisi Liga 1 2023/2024 selama Piala Asia U-23 2024 di Qatar membuat tim punya waktu luang dalam masa persiapan

liga | 16:08 WIB

Gelandang Persib Bandung Stefano Beltrame tak mau santai walau Liga 1 2023/2024 terjeda selama gelaran Piala Asia U-23 2024 di Qatar.

liga | 14:13 WIB

Pemain Persib Bandung Ryan Kurnia mengambil sisi positif dari jeda Liga 1 2023/2024 selama gelaran Piala Asia U-23 2024 di Qatar. Ryan bisa menjalani pemulihan cedera selama jeda kompetisi.

liga | 13:57 WIB

Adapun jadwal Liga 1 pekan ke-31 hingga pekan ke-34, dan jadwal Championship Series dijadwalkan kembali oleh operator komisi, yakni PT Liga Indonesia Baru (LIB) dalam waktu dekat.

liga | 19:50 WIB

Pelatih Persib Bandung Bojan Hodak melihat sisi positif dari penundaan kompetisi Liga 1 2023/2024 selama Piala Asia 2023

liga | 16:04 WIB

Sementara dalam jadwal Liga 1 2023/2024 pekan ke-31, Persib akan melakukan lawatan ke markas Persita Tangerang, pada Selasa (2/4/2024).

liga | 14:04 WIB

Duel Bali United vs Persija akan berlangsung di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar, pada Sabtu, (30/3/2024) kick off pukul 20.00 WIB.

liga | 13:27 WIB

Pebalap Marc Marquez angkat bicara mengenai insiden yang menimpanya dengan Francesco Bagnaia (Ducati Lenovo) pada balapan di Sirkuit Algarve, Portimao, seri MotoGP Portugal, pada Minggu, (24/3/2024).

liga | 20:01 WIB

Beckham Putra akan bergabung dengan Timnas U-23 Indonesia yang akan berlaga di ajang Piala Asia U-23 2024 yang bertempat di Qatar.

liga | 17:02 WIB

Beckham Putra dan rekan-rekan Persib lainnya ingin menjaga ritme kemenangan karena tengah berada dalam tren positif di empat laga terakhir.

liga | 16:31 WIB

Waktu yang tersedia bagi Ten Hag bersama Man United disebut-sebut tidak banyak, terutama setelah kedatangan Sir Jim Ratcliffe.

liga | 08:00 WIB

Thomas Tuchel, pelatih saat ini dari Bayern Muenchen, juga mungkin tersedia setelah dia memutuskan untuk meninggalkan klub tersebut pada musim panas.

liga | 07:30 WIB

David da Silva tak jemawa meski berhasil mencetak brace dan membawa kemenangan Persib 1-3 atas Persikabo. Sebaliknya, ia mengucapkan selamat kepada rekan-rekannya usai pertandingan.

liga | 15:00 WIB
Tampilkan lebih banyak