Liga

3 Pemain Top Eropa yang Pernah Main di Liga Arab Saudi, Cristiano Ronaldo Menyusul?

Tiga pemain ini berpengalaman mencicipi Liga Arab Saudi.

Husna Rahmayunita

Ever Banega saat membel Sevilla, menjaga bola dari kejaran Paul Pogba. (Martin Meissner/AFP)
Ever Banega saat membel Sevilla, menjaga bola dari kejaran Paul Pogba. (Martin Meissner/AFP)

Bolatimes.com - Cristiano Ronaldo sedang santer dikabarkan akan merapat ke klub Arab Saudi, Al Nassr. Masa depan Ronaldo sendiri memang sedang dipertanyakan setelah resmi meninggalkan Manchester United.

Menurut laporan Marca, Ronaldo dan Al Nassr bahkan sudah mencapai kesepakatan verbal. Pemain berusia 37 tahun tersebut dikabarkan setuju dengan kontrak berdurasi 2,5 tahun.

Jika bergabung dengan Al Nassr, gaji Ronaldo ditaksir mencapai 200 juta euro per tahun atau Rp 3,2 triliun. Nilai ini setara dengan gaji 19 pemain bintang Man United.

Al Nassr yang pernah menjadi runner-up Liga Champions Asia tersebut dinilai siap membayar gaji selangit Ronaldo. Jika tak ada aral melintang, rumor ini benar-benar bisa terwujud.

Sebelum Cristiano Ronaldo benar-benar mentas bersama Al Nassr, sederet pemain bintang sudah lebih dulu pernah bermain di Liga Arab. Berikut ulasannya!

1. Ever Banega

Ever Banega saat ini tercatat masih menjadi pemain Al Shabab. Ia diboyong dari Sevilla pada tahun 2020 lalu dan langsung ditunjuk sebagai kapten Al Shabab.

Banega yang sudah meraih berbagai gelar bersama Boca Juniors, Valencia, hingga Sevilla, masih tampil menjanjikan meski usianya kini sudah 34 tahun.

Selama kurun waktu 2,5 musim terakhir bersama Al Shabab, Ever Banega sudah melakoni 66 laga lintas ajang dengan torehan 16 gol dan 17 assist.

2. Sebastian Giovinco

Eks pemain Juventus ini juga tercatat pernah berkarier di Liga Arab Saudi bersama Al-Hilal. Ia datang pada 30 Januari 2019 dari klub MLS, Toronto FC.

Bersama Al-Hilal, karier Giovinco terbilang cukup gemilang. Meski cuma mencatatkan 16 gol dan 19 assist selama 2,5 musim, ia berhasil membawa Al-Hilal meraih berbagai gelar.

Di antaranya adalah dua gelar Liga Arab, satu kali King Cup, dan menjadi kampiun Liga Champions Asia 2019. Setelah dari Al-Hilal, Giovinco sempat bergabung dengan Sampdoria, tapi kini ia tercatat tak memiliki klub.

3. M'Baye Niang

Berbeda dengan nama-nama pemain top Eropa sebelumnya, Niang justru datang ke Al-Ahli pada Februari 2021 dengan status pinjaman dari Stade Rennes.

Namun penampilan Niang sangat mengecewakan saat itu dengan hanya tampil sebanyak lima kali tanpa mencetak gol atau assist.

Setelah dari sana, Niang dilepas Rennes ke Bordeaux dan kembali dilepas ke Auxerre di musim 2022/23.

Kontributor: Aditia Rizki Nugraha

Berita Terkait

Berita Terkini