Liga

Profil Al Nassr, Klub Arab Saudi yang Siap Beri Gaji Cristiano Ronaldo Rp3,2 triliun per Tahun

Al Nassr dikabarkan telah mencapai kesepakatan untuk mendatangkan Ronaldo dengan gaji mencapai Rp3,2 triliun per tahun.

Rauhanda Riyantama

Potret anak Indonesia bernama Ulul Albab El Ibrahim dampingi Cristiano Ronaldo saat Portugal kalahkan Ghana di Piala Dunia 2022. (Instagram/indonesiaindoha)
Potret anak Indonesia bernama Ulul Albab El Ibrahim dampingi Cristiano Ronaldo saat Portugal kalahkan Ghana di Piala Dunia 2022. (Instagram/indonesiaindoha)

Bolatimes.com - Berikut profil Al Nassr, klub Arab Saudi yang membuat gebrakan dengan siap memberi gaji sebesar Rp3,2 triliun kepada Cristiano Ronaldo andai mau bergabung.

Di tengah gegap gempita Piala Dunia 2022, jagat sepak bola dihebohkan dengan laporan bahwa mega bintang Portugal, Cristiano Ronaldo, telah menemukan tempat pelabuhan baru.

Adapun klub yang dilaporkan jadi pelabuhan baru pemain berusia 37 tahun tersebut adalah klub raksasa Arab Saudi, Al Nassr.

Sebagaimana diketahui, Ronaldo saat ini berstatus bebas transfer usai dirinya sepakat mengakhiri kontraknya dengan Manchester United.

Hal ini membuatnya bisa bergabung klub manapun di dunia ini kendati bursa transfer belum dibuka sama sekali. Alhasil muncul berbagai rumor yang mengaitkan nama Ronaldo.

Teranyar, muncul rumor jika Ronaldo telah menemukan pelabuhan barunya. Dilaporkan oleh pakar transfer, Fabrizio Romano, pihak Ronaldo mendapatkan proposal resmi untuk bergabung Al Nassr.

Dalam proposal ini, terdapat klausul mencengangkan di mana Ronaldo nantinya akan mendapat bayaran hampir sebesar 200 juta euro atau Rp3,2 triliun hingga 2025 nanti.

Bayaran sebesar ini pun akan membuatnya menjadi atlet termahal sejagat, mengalahkan nama-nama besar seperti Kylian Mbappe.

Lantas, bagaimana dengan profil klub Al Nassr tersebut? Mengapa klub ini bisa mengiming-imingi gaji ke Ronaldo hingga nilai triliunan rupiah? Berikut profilnya.

Salah Satu Klub Tersukses Arab Saudi

Al Nassr merupakan klub kaya raya asal Arab Saudi yang terbentuk pada 24 Oktober 1955 atau 67 tahun silam.

Klub berjuluk Al-Aalami ini tak hanya berstatus klub kaya di Arab Saudi, melainkan juga salah satu tim tersukses di negara tersebut.

Al Nassr sendiri dibentuk oleh Zeid bin Mutlaq Al-Ja’ba. Pada awal berdirinya klub ini, Al-Aalami sendiri berstatus klub amatir hingga tahun 1960.

Setelah resmi didaftarkan, Al Nassr kemudian bermain di kancah profesional dengan mengawali kiprahnya di kasta kedua liga Arab Saudi.

Tak butuh waktu lama, Al Nassr berhasil menembus kasta teratas di 1963 dan terus bertahan di kasta teratas hingga saat ini.

Sejak era 1970 hingga awal 2000 an, Al Nassr mampu menstabilkan diri sebagai salah satu tim papan atas Arab Saudi dengan merengkuh berbagai gelar domestik.

Di tahun 2003 hingga 2007, Al Nassr sempat mengalami kemunduran dan hampir terdegradasi. Kemunduran ini membuat pihak klub melakukan perombakan besar-besaran di tubuh manajemen dan skuadnya.

Hasilnya pun Al Nassr bisa kembali bersaing di pentas teratas dan meraih berbagai gelar di kancah domestik seperti juara Saudi Professional League, King’s Cup, dan Saudi Crown Prince’s Cup.

Hingga tahun 2022 ini, Al Nassr mampu meraih 20 gelar juara di kancah domestik dan 20 kali menjadi Runner Up.

Di kancah internasional, Al Nassr baru sekali menjuarai Asian Cup Winners Cup pada 1997/1998 dan Asian Super Cup pada 1998.

Sedangkan di Liga Champions Asia, Al Nassr belum pernah menjadi juara. Pencapaian terbaiknya hanya menjadi Runner Up pada 1995 silam.

Kontributor: Felix Indrajaya

Berita Terkait

Berita Terkini