Liga

5 Pemilik Nomor Punggung 10 di Barcelona sebelum Era Lionel Messi, Didominasi Legenda Brasil

Tiga di antaranya adalah legenda Brasil

Irwan Febri Rialdi

Lionel Messi, Samuel Eto'o dan Ronaldinho saat merayakan gol kedua Messi pada laga El Clasico 10 Maret 2007 (Cesar Rangel/AFP)
Lionel Messi, Samuel Eto'o dan Ronaldinho saat merayakan gol kedua Messi pada laga El Clasico 10 Maret 2007 (Cesar Rangel/AFP)

Bolatimes.com - Era Lionel Messi sudah berakhir di Barcelona. Dia meninggalkan klub yang sudah dibela belasan tahun itu pada musim lalu.

La Pulga, julukan Messi, kemudian memutuskan pindah ke raksasa asal Prancis, PSG. Dengan perginya Messi, maka ditinggalkan pula nomor punggung 10.

Kini nomor punggung 10 di Barcelona dikenakan oleh Ansu Fati. Dengan apa yang sudah dicapai Messi bersama Barcelona, jelas beban berat dipikul Fati dengan mengenakan nomor punggung tersebut.

Nah, sebelum dikenakan oleh Messi, nomor punggung 10 di Barcelona juga dikenakan oleh sosok-sosok yang legendaris. Siapa saja mereka?

1. Laszlo Kubala

Selama 9 musim Kubala mengenakan nomor punggu 10 di Barcelona, dari 1951 hingga 1960. Pemain asal Hongaria itu tercatat sebagai salah satu penyerang hebat milik Blaugrana.

Kubala yang debutnya tertunda setahun karena regulasi, bisa membuktikan kehebatannya dengan membikin 194 gol dari 281 laga bersama Barcelona.

2. Diego Maradona

Satu ini sebetulnya sosok yang cukup lekat buat Messi. Ya, legenda Argentina itu pernah mengenakan nomor punggung 10 saat bermain untuk Barcelona.

Maradona direkrut Barcelona dari Boca Juniors pada 1982. Meski Maradona cukup banyak disorot karena tindakan indisipliner, Maradona tetap mampu memberi 2 gelar buat Barcelona.

3. Romario

Setelah era Maradona, muncul sosok penyerang asal Brasil yang mengenakan nomor punggung 10 di Barcelona, yaitu Romario.

Romario tampil apik pada musim perdananya di tahun 1993/94 dengan mencetak 32 gol. Namun, konflik dengan Johan Cruyff bikin Romario tampil menurun di musim kedua dan akhirnya pulang ke Brasil.

4. Rivaldo

Pemegang nomor punggung 10 di Barcelona kembali dipakai oleh pemain asal Brasil. Kali ini ada Rivaldo yang masuk ke Barcelona pada tahun 1997.

Rivaldo awalnya tak memakai nomor 10, tapi 11. Dia baru memakai nomor punggung 10 pada tahun 2000-2002. Rivaldo tetap tampil ciamik dengan kedua nomor punggung itu.

5. Ronaldinho

Nah, pemilik nomor punggung 10 terakhir sebelum Messi adalah legenda asal Brasil lagi, Ronaldinho. Dia mencetak 94 gol dan 71 assist selama 5 tahun di Barcelona.

Setelah Ronaldinho pergi meninggalkan Barcelona, Messi yang awalnya mengenakan nomor punggung 19, kemudian berganti mengenakan nomor 10 hingga akhirnya hengkang.

Kontributor: Aditia Rizki Nugraha

Berita Terkait

Berita Terkini