Liga

Daftar Tim yang Lolos ke Semifinal Piala AFF U-19 2022

Berikut 4 tim yang lolos ke semifinal Piala AFF U-19 2022.

Rauhanda Riyantama

Timnas Thailand U-19 di Piala AFF U-19 2022. (Instagram/@changsuek)
Timnas Thailand U-19 di Piala AFF U-19 2022. (Instagram/@changsuek)

Bolatimes.com - Berikut daftar tim yang telah memastikan satu tempat di semifinal Piala AFF U-19 2022, di mana langkah Timnas Indonesia U-19 hanya terhenti di babak grup.

Piala AFF U-19 2022 telah menemukan empat tim yang lolos ke semifinal usai seluruh kontestan melakoni laga terakhir di fase grup.

Indonesia yang menjadi tuan rumah edisi 2022 ini, harus mengulangi catatan buruk di edisi 2005 kala gagal menembus semifinal Piala AFF U-19 kendati berstatus tuan rumah.

Timnas Indonesia U-19 gagal menembus semifinal usai kalah Head to Head dari Vietnam dan Thailand yang bermain imbang 1-1 di laga terakhir.

Timnas Indonesia U-19 pun harus menerima hanya finis di peringkat ketiga grup A Piala AFF U-19 2022, meski mengoleksi poin yang sama dengan Vietnam dan Thailand.

Bahkan secara menyakitkan, Timnas Indonesia U-19 gagal lolos ke semifinal Piala AFF U-19 2022 meski punya catatan gol yang lebih baik ketimbang Vietnam dan Thailand.

Regulasi AFF yang mengedepankan Head to Head ketimbang selisih gol seperti kompetisi pada umumnya, membuat langkah Timnas Indonesia U-19 pun harus terhenti di peringkat ketiga grup A.

Alhasil, Vietnam yang duduk di peringkat pertama dan Thailand yang duduk di peringkat kedua berhak melangkah ke semifinal Piala AFF U-19 2022.

Sedangkan dari grup lainnya, kejutan hadir dari Laos yang secara mengejutkan mampu mengunci satu tempat di semifinal.

Bahkan hingga artikel ini dibuat, Laos masih duduk di puncak klasemen dengan koleksi 9 poin usai meraih tiga kemenangan dari tiga laga yang dijalani.

Laos mampu mengungguli Malaysia yang baru mengoleksi 7 poin buah dari dua kemenangan dan satu hasil imbang dari tiga laga yang telah dilakoni Harimau Malaya.

Dengan koleksi poin yang dimiliki, Laos dan Malaysia pun berhak melaju ke semifinal, mengingat poin kedua tim tak bisa dikejar lawan-lawannya dengan satu laga tersisa di grup B.

Kini, Laos dan Malaysia hanya akan berebut status juara grup saja, saat keduanya bertemu pada Senin (11/7) sore nanti WIB di Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi.

Berikut daftar tim yang sudah lolos ke semifinal Piala AFF U-19 2022.

1. Vietnam (Juara grup A)
2. Thailand (Runner up grup A)
3. Laos
4. Malaysia

Kontributor: Felix Indrajaya

Berita Terkait

Berita Terkini