Liga

Hasil Kualifikasi Piala Dunia 2022: Jerman Pesta 9 Gol, Portugal Imbang

Jerman hajar Liechtenstein dengan skor 9-0.

Rauhanda Riyantama

Jerman pesta gol 9-0 lawan Liechtenstein di Kualifikasi Piala Dunia 2022. (ODD ANDERSEN / AFP)
Jerman pesta gol 9-0 lawan Liechtenstein di Kualifikasi Piala Dunia 2022. (ODD ANDERSEN / AFP)

Bolatimes.com - Hasil Kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Eropa semalam, Jumat (12/11/2021) dini hari WIB. Timnas Jerman sukses melumat Liechtenstein 9-0, sementara Portugal ditahan imbang Irlandia.

Timnas Portugal harus puas bermain imbang tanpa gol saat menyambangi markas Irlandia di Aviva Stadium, Dublin. Meski demikian, hasil itu cukup membuat mereka mengudeta Serbia di puncak klasemen Grup A.

Dalam laga ini, Portugal menurunkan para pemain bintangnya, tetapi pada akhirnya gagal menciptakan gol hingga laga berakhir imbang 0-0.

Portugal menurunkan trio Andre Silva, Cristiano Ronaldo, dan Goncalo Guedes di lini serang, sementara Matheus Luiz, Joao Palhinha, dan Bruno Fernandes menyokong mereka dari lini tengah.

Di posisi bek, Fernando Santos coba menurunkan quartet Diogo Dalot, Danilo Pereira, Pepe, dan Melson Semedo, untuk melindungi kiper Rui Patricio.

Namun dalam praktinya, Portugal kesulitan membongkar pertahanan rapat Irlandia. Mereka memegang penguasaan bola hingga 64 persen tetapi justru kalah dalam penciptaan peluang.

Cristiano Ronaldo dan kawan-kawan cuma mampu membuat lima percobaan dan hanya dua tembakan yang berhasil tepat sasaran.

Sementara Irlandia yang bermain lebih bertahan, mampu menciptakan delapan peluang yang dua diantaranya mengarah ke gawang.

Hasil imbang ini membuat Portugal mengoleksi 17 poin dan berhak menggusur Serbia ke peringkat kedua. Poin dan jumlah game yang dimainkan kedua negara memang sama, tetapi Selecao Das Quinas unggul selisih gol.

Kondisi itu membuat Portugal belum bisa memastikan diri lolos otomatis ke Piala Dunia 2022 Qatar. Mereka harus memainkan laga terakhir dengan Serbia pada 15 November mendatang.

Sebagai informasi, Kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Eropa hanya menyediakan satu slot lolos otomatis di setiap grupnya. Peringkat kedua harus memainkan babak play-off untuk merebut tiket ke putaran final.

Di sisi lain, hasil imbang ini membuat Irlandia tetap berada di peringkat keempat klasemen Grup A dengan koleksi enam poin, atau hanya lebih baik dari Azerbaijan yang duduk di dasar klasemen dengan satu poin.

Di laga lain, Timnas Jerman berhasil menang telak saat menjamu Liechtenstein dalam laga lanjutan Grup J Kualifikasi Piala Dunia 2022. Der Panzer menggasak tamunya dengan skor 9-0.

Dalam pertandingan di Volkswagen Arena, Jumat (12/11/2021) dini hari WIB itu, Jerman mencetak gol lewat Ilkay Gundogan (11' P), Leroy Sane (22', 49')), Marco Reus (23'), Thomas Muller (77', 86'), Ridle Baku (80'), serta dua gol bunuh diri Daniel Kaufmann (20'), dan Maximilian Goppel (89').

Merujuk statistik pertandingan via LiveScore, tim asuhan Hansi Flick tampil begitu dominan dalam laga di mana Liechtenstein harus bermain dengan 10 orang sejak menit ke-9 setelah Jens Hofer diusir wasit.

Jens Hofer diganjar kartu merah langsung setelah melakukan pelanggaran keras terhadap Leon Goretzka. Pelanggaran itu pula yang berbuah hadiah penalti bagi Jerman yang kemudian diselesaikan dengan apik oleh Gundogan pada menit ke-11.

Hasil ini membuat timnas Jerman yang telah lebih dulu memastikan satu tiket lolos ke putaran final Piala Dunia 2022 Qatar, kian kokoh di puncak klasemen Grup J dengan koleksi 24 poin dari sembilan laga.

Sementara Liechtenstein yang sudah dipastikan gugur, tetap berada di dasar klasemen dengan koleksi satu poin.

Jerman masih akan memainkan satu laga Kualifikasi Piala Dunia 2022 lagi pada 15 November mendatang dengan menghadapi Armenia. Sementara Liechtenstein ditunggu Rumania di tanggal yang sama.

Berikut hasil Kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Eropa, Jumat (12/11/2021).

Grup A
Azerbaijan vs Luksemburg (1-3)
Irlandia vs Portugal (0-0)

Grup B
Georgia vs Swedia (2-0)
Yunani vs Spanyol (0-1)

Grup H
Rusia vs Siprus (6-0)
Malta vs Kroasia (1-7)
Slovakia vs Slovenia (2-2)

Grup J
Armenia vs Makedonia Utara (0-5)
Jerman vs Liechtenstein (9-0)
Rumania vs Islandia (0-0).

Berita Terkait

Berita Terkini