Liga

Liverpool dan Ajax Susul ke 16 Besar Liga Champions

Kini total sudah ada empat tim yang lolos ke babak 16 besar Liga Champions.

Rauhanda Riyantama

Selebrasi penyerang Liverpool, Diogo Jota usai bobol gawang Atletico Madrid di Liga Champions. (OLI SCARFF / AFP)
Selebrasi penyerang Liverpool, Diogo Jota usai bobol gawang Atletico Madrid di Liga Champions. (OLI SCARFF / AFP)

Bolatimes.com - Liverpool memastikan lolos ke babak 16 besar Liga Champions sebagai juara Grup B setelah membungkam Atletico Madrid 2-0 dalam pertandingan di Stadion Anfield, Inggris, Kamis (4/11/2021) dini hari WIB.

Dua gol Liverpool dicetak oleh Diogo Jota dan Sadio Mane dalam 20 menit awal pertandingan. Keunggulan itu mudah saja dijaga Liverpool sebab Atletico harus menuntaskan pertandingan dengan sepuluh pemain sejak menit ke-36 karena kartu merah yang diterima Felipe.

Liverpool melanjutkan catatan sapu bersih kemenangan dalam empat pertandingan dan mengumpulkan 12 poin di puncak klasemen Grup B, sedangkan Atletico tertahan pada posisi ketiga dengan empat poin setelah disalip Porto (5), demikian laman UEFA.

Ajax Masterdam juga lolos ke babak 16 besar Liga Champions sebagai juara Grup C setelah bangkit menghantam Borussia Dortmund 3-1 di Stadion Signal Iduna Park, Jerman.

Dortmund terpaksa bermain dengan 10 orang usai bek gaek Mats Hummels kena kartu merah sejak menit ke-29 setelah menjatuhkan Antony Matheus dari belakang.

Setelah bermain dengan sepuluh pemain, Dortmund sempat memimpin lebih dulu ketika Bellingham dijatuhkan oleh Noussair Mazraoui di dalam kotak terlarang. Wasit awalnya mengabaikan insiden itu, tapi dia mendapat masukan dari petugas VAR dan membalikkan keputusannya.

Tendangan penalti dihadapi oleh kapten Dortmund Marco Reus yang eksekusinya bisa dijangkau Pasveer tapi laju bola tak terhentikan ke dalam gawang dan tuan rumah memimpin 1-0 pada menit ke-37.

Ajax berusaha membalas tapi dua peluang berbahaya yang mereka ciptakan lewat tembakan Antony masih bisa dimentahkan oleh kiper Gregor Kobel yang memaksa keunggulan Dortmund bertahan sampai turun minum.

Ajax Amsterdam sukses mengalahkan Borussia Dortmund 3-1 pada ajang Liga Champions. (INA FASSBENDER / AFP)
Ajax Amsterdam sukses mengalahkan Borussia Dortmund 3-1 pada ajang Liga Champions. (INA FASSBENDER / AFP)

Selepas turun minum, Dortmund tampaknya tidak terpengaruh ketimpangan jumlah pemain dan dua kali nyaris menggandakan keunggulan, tetapi tembakan Bellingham dan Julian Brandt tidak menemui sasaran.

Hanya tampil dengan sepuluh pemain, stamina para pemain Dortmund perlahan terkuras dan Ajax berhasil menyamakan kedudukan melalui ketenangan Dusan Tadic yang menyelesaikan umpan silang Antony pada menit ke-72.

Lima menit kemudian Dortmund nyaris merestorasi keunggulan mereka tetapi keputusan Donyell Malen menyelesaikan sendiri hanya berakhir dengan tembakan yang mengarah ke pelukan Pasveer.

Nasib Dortmund berbalik pada menit ke-83 saat pertahanan mereka direpotkan tusukan Antony dari sisi sayap kanan yang melanjutkannya dengan umpan silang terukur untuk disambut tandukan tajam Sebastien Haller. Ajax berbalik unggul 2-1 atas Dortmund.

Pada menit ketiga injury time, kemenangan Ajax dilengkapi menjadi 3-1 oleh Davy Klaassen yang merangsek ke dalam kotak penalti guna menuntaskan umpan tarik matang kiriman Antony.

Dengan demikian, sudah ada empat tim yang lolos ke babak 16 besar Liga Champions. Mereka adalah Juventus, Bayern Munich, Liverpool, dan Ajax Amsterdam.

Berita Terkait

Berita Terkini