Liga

Untung Gede, 5 Penjualan Termahal yang Pernah Dilakukan Atletico Madrid

Atletico Madrid hobi mengorbitkan pemain top, beberapa di antaranya pun langsung ditebus klub lain dengan harga yang bombastis

Irwan Febri Rialdi

Antoine Griezmann. (Sumber: Twitter/@Squawka).
Antoine Griezmann. (Sumber: Twitter/@Squawka).

Bolatimes.com - Atletico Madrid menjadi salah satu klub kuat di Liga Spanyol. Rojiblancos bahkan kerap menjadi penjegal dominasi Real Madrid dan Barcelona dalam berebut gelar.

Atletico juga dikenal sebagai pemasok talenta menjanjikan. Bila sudah bermain di Atletico, si pemain akan dijual dengan harga mahal jika ada klub-klub luar yang kepincut mendatangkan jasa mereka.

Berikut Bolatimes rangkum pemain dengan penjualan termahal yang pernah dilakukan oleh Atletico Madrid:

1. Fernando Torres

Fernando Torres/Instagram
Fernando Torres/Instagram

Torres merupakan pemain binaan Atletico. Pemain kelahiran 1984 itu bahkan sudah menjabat sebagai kapten tim sejak usia 19 tahun.

Catatan 214 penampilan dan 82 gol membuat Liverpool kepincut untuk mendatangkannya. pada musim 2007, usai menghabiskan 6 musim bersama Atletico, Torres pindah ke Anfield.

Di Liverpool, Torres membikin 142 penampian dan mencetak 82 gol selama tiga musim. Catatan itu terbilang ciamik dengan mahar 38 juta pounds saat mendatangkannya.

2. Sergio Aguero

Sergio Aguero resmi berseragam Barcelona. (Instagram/kunaguero)
Sergio Aguero resmi berseragam Barcelona. (Instagram/kunaguero)

Aguero datang dari Atletico ke Man City pada musim 2011. Ketika itu, label pencetak gol terbanyak selama 4 musim belakangan adalah catatan Aguero di Atletico.

Dengan mahar 40 juta pound, Aguero resmi mendarat di Man City. Selama 10 musim, pemain 33 tahun ini sudah mencatatkan 275 penampilan dan 184 gol buat The Citizens.

Kini, ia bergabung Barcelona.

3. Diego Costa

Pemain Real Madrid, Sergio Ramos (kiri) menghalau pemain Atletico Madrid, Diego Costa di Stadion Santiago Bernabeu (AFP)
Pemain Real Madrid, Sergio Ramos (kiri) menghalau pemain Atletico Madrid, Diego Costa di Stadion Santiago Bernabeu (AFP)

Pada 2014, Costa membantu Atletico Madrid menjuarai Liga Spanyol. Namanya seketika melambung dan membuat Chelesea kepincut dengan torehan 35 gol selama 1 musim.

Pada musim berikutnya, Chelsea yang merogoh kocek 38 juta pound mendapatkan jasanya. Bersama The Blues, Costa memainkan 89 pertandingan dan mencetak 52 gol.

4. Rodri

Pada Juli 2019, Rodri resmi berseragam Man City. Kedatangan pemain asli binaan Atletico Madrid ini cukup mengejutkan lantaran di usianya yang terbilang muda yakni 24 tahun, dia sudah bernilai 62,7 juta pound.

Sejatinya, Rodri punya atribut dan pengalaman cukup mumpuni sebelum berbaju Man City. Pada 2015 dan 2016, dia adalah andalan Villarreal B dan musim 2015 dan 2018, Rodri masuk tim utama tim Kapal Selam Kuning.

Berkat 63 caps dan 1 gol di Villarreal, Rodri dipinang selama satu musim. Oleh Atletico, Rodri dilepas lantaran mahar yang cukup fantastis.

5. Antoine Griezmann

Joao Felix dan Antoine Griezmann. (GABRIEL BOUYS / AFP)
Joao Felix dan Antoine Griezmann. (GABRIEL BOUYS / AFP)

Griezmann sempat dilepas ke Barcelona musim 2019/20. Selama dua musim di Camp Nou, pemain Timnas Prancis ini sudah menyumbangkan 21 gol dari 74 laga.

Bicara biaya perpindahan Griezmann dari Atletico ke Barcelona, Blaugrana cukup besar mengeluarkan dana transfer yakni 120 juta pound.

Hanya, uang sebesar itu tak memenuhi ekspektasi Barcelona. Alhasil, Griezmann dipinjamkan kembali ke Atletico musim ini dengan perjanjian akan dipermanenkan musim berikutnya.

Kontributor: Kusuma Alan

Berita Terkait

Berita Terkini