Liga

Pengakuan Emiliano Martinez, Gabung Arsenal karena 'Terpaksa'

"Keluarga saya sedikit kekurangan finansial. Saya melakukannya (pindah ke Arsenal) lebih untuk itu daripada olahraga," kata Martinez.

Irwan Febri Rialdi | Arif Budi Setyanto

Emiliano Martinez jadi pahlawan Argentina lolos ke final Copa America 2021. (EVARISTO SA / AFP)
Emiliano Martinez jadi pahlawan Argentina lolos ke final Copa America 2021. (EVARISTO SA / AFP)

Bolatimes.com - Kiper asal Argentina, Emiliano Martinez, membuat pernyataan mengejutkan. Kompatriot Lionel Messi di Timnas Argentina itu mengaku 'terpaksa' gabung dengan mantan klubnya, Arsenal.

Sebagai informasi, Emiliano Martinez direkrut Arsenal pada 2010 silam dari tim Argentina, Independiente. Saat itu, usia Martinez masih sangat muda, yakni 17 tahun.

Bersama Arsenal, Martinez lebih sering dipinjamkan ke klub lain. Usaha kerasnya akhirnya berbuah manis pada musim 2019/2020, karena kiper berusia 29 tahun ini mendapatkan kesempatan bermain di tim utama berkat cederanya Bernd Leno.

Tercatat, Martinez bermain dalam sembilan laga di Premier League serta enam pertandingan di Piala FA. Martinez pun menunjukkan performa apik serta membantu Arsenal meraih trofi Piala FA.

Sayangnya, penampilan apik Martinez masih dinilai kurang oleh Mikel Arteta. Sebab, kiper berpaspor Argentina ini tak mendapatkan garansi sebagai kiper utama jika Leno sembuh dari cedera.

Pada akhirnya, Martinez memutuskan untuk hengkang ke Aston Villa. Kini di musim keduanya bersama Aston Villa, Martinez membuat pernyataan mengejutkan karena dirinya sejatinya tidak ingin bergabung Arsenal.

Martinez terpaksa menerima tawaran Arsenal saat dia masih muda karena dorongan dari keluarganya. Jadi dia terpaksa untuk merantau ke Inggris di usia muda.

"Arsenal datang mencari saya dan Pepe Santoro (pelatih Independiente) mengatakan kepada saya bahwa kereta hanya lewat sekali seumur hidup," ucap Martinez kepada media Spanyol El Pais.

Emiliano Martinez saat masih berseragam Arsenal. (Glyn KIRK / POOL / AFP)
Emiliano Martinez saat masih berseragam Arsenal. (Glyn KIRK / POOL / AFP)

"Keluarga saya dan agen juga berpikir hal sama. Jadi keputusannya lebih untuk mereka daripada yang lain. Saya tidak ingin pergi, tapi tidak menyesalinya."

"Saya hanya ingin bermain di Independiente. Untuk sementara saya berpikir 'Jika saya bertahan, dalam dua tahun saya akan melakukan debut'. Namun, keluarga saya sedikit kekurangan finansial. Saya melakukannya (pindah ke Arsenal) lebih untuk itu daripada olahraga," imbuhnya.

Kini Martinez sendiri bisa keluar dari bayang-bayang menjadi kiper cadangan. Sebab, di Aston Villa dia selalu menjadi andalan untuk berada di bawah mistar gawang.

Tercatat di musim pertamanya bersama Aston Villa, Emiliano Martinez selalu bermain dalam 38 pertandingan Premier League. Di musim baru ini, posisinya juga juga belum tergantikan.

Terlebih, Martinez juga mencatatkan prestasi di tim nasional. Sebab, dia membantu Argentina untuk meraih juara Copa America 2021 lalu.

Berita Terkait

Berita Terkini