Liga

Kosmos Holding, Perusahaan Gerard Pique yang Beli Hak Siar Liga Prancis

Perusahaan milik Pique membeli hak siar Liga Prancis menjelang debut Lionel Messi

Irwan Febri Rialdi

Dua pemain Barcelona, Gerard Pique dan Arturo Vidal. (LLUIS GENE / AFP)
Dua pemain Barcelona, Gerard Pique dan Arturo Vidal. (LLUIS GENE / AFP)

Bolatimes.com - Cukup jarang pesepak bola aktif yang juga terjun ke dunia bisnis, salah satunya Gerard Pique. Bek Barcelona tersebut memiliki sebuah perusahaan bernama 

Pique merupakan pendiri sekaligus presiden dari prusahaan tersebut. Pique tak sendirian, dia mendirikan grup investasi olahraga dan media itu bersama Hiroshi Mikitani (pendiri dan bos perusahaan e-commerce Jepang, Rakuten Inc.), Edmund Chu, Nullah Sarker, dan Mike Evans.

Kosmos Holding didirikan pada 2017 di Barcelona dengan nama Kosmos Global Holding, S.L. Prusahaan ini bergerak di bidang olahraga, media, dan hiburan berkualitas tinggi.

Dengan fokus khusus pada olahraga dan akses eksklusif, perusahaan itu memanfaatkan dan membentuk lanskap yang berkembang pesat saat ini.

Salah satu gebarakan yang dilakukan oleh Gerard Pique lewat perusahaanya adalah membeli hak siar Liga Prancis (Ligue 1) selama tiga musim untuk Spanyol.

Tak cuma itu, perusahaan Pique juga mengratiskan tayangan Ligue 1 di Spanyol. Tentu saja, priorotas siaran langsung Ligue 1 ini adalah Paris Saint-Germain dan mantan rekan satu timnya, Lionel Messi.

La Pulga sendiri diperkirakan akan menjalani debutnya pada lanjutan Ligue 1, dengan PSG dijadwalkan bertandang ke markas Reims, Senin (30/8) dini hari WIB.

Menurut ESPN, saluran TV Spanyol Telecinco juga memiliki hak untuk menyiarkan debut pemain internasional Argentina tersebut bersama tim barunya, setelah memutuskan untuk meninggalkan Blaugrana.

Hak siar Ligue 1 sendiri sebelumnya dipegang oleh stasiun TV lokal, Movistar. Mereka menolak opsi perpanjangan kontrak karena dianggap tidak menguntungkan.

Antusiasme publik sepak bola dunia, khususnya Paris, memang begitu besar untuk melihat debut Messi di PSG. Manajer kantor tiket Reims, Alexandre Jeannin, mengatakan bahwa penjualan tiket pertandingan melawan PSG telah dibeli dari berbagai negara di seluruh dunia.

Khusus untuk Pique, ikatannya dengan Messi memang begitu dekat karena keduanya berasal dari akademi La Masia.

Kebersamaan Messi dan Pique sempat terhenti di masa remaja karena suami dari Shakira itu pindah ke Manchester United, sementara Messi tetap di Camp Nou dan masuk tim utama Barcelona.

Setelah empat tahun di Inggris, Pique kembali ke Barcelona. Konon, ajakan Messi menjadi salah satu alasan pulang ke Camp Nou.

Oleh karena itu, Gerard Pique menjadi salah satu pemain Barcelona yang begitu berat melepas kepergian Lionel Messi.

Untuk bisa memantau Messi selama di Prancis, Pique akhirnya membeli hak siar pertandingan Ligue 1 melalui perusahaannya, Kosmos Holding.

Berita Terkait

Berita Terkini