Liga

Profil Albert Sambi Lokonga, Pemain Anyar Arsenal Pengganti Granit Xhaka

Albert Sambi didatangkan Arsenal dari Anderlecht

Irwan Febri Rialdi

Gelandang Belgia Albert Sambi Lokonga (kanan) saat sesi latihan di base camp timnas Belgia di Tubize pada 9 Juni 2021 menjelang kompetisi sepak bola UEFA EURO 2020. John THYS / AFP
Gelandang Belgia Albert Sambi Lokonga (kanan) saat sesi latihan di base camp timnas Belgia di Tubize pada 9 Juni 2021 menjelang kompetisi sepak bola UEFA EURO 2020. John THYS / AFP

Bolatimes.com - Arsenal yang terlihat sibuk sepanjang bursa transfer musim panas ini baru saja resmi mendatangkan gelandang berkebangsaan Belgia, Albert Sambi Lokonga dari Anderlecht.

Albert Sambi Lokonga didatangkan Arsenal  untuk menggantikan peran Granit Xhaka yang santer dilaporkan akan berlabuh ke AS Roma.

Tak diketahui berapa besar biaya yang dikeluarkan Arsenal. Namun beberapa media Inggris menyebutkan bahwa kesepakatan awal berkisar 15 juta poundsterling (Rp298 miliar).

Lokonga menjadi rekrutan kedua Arsenal di musim panas ini setelah sebelumnya mendatangkan Nuno Tavares dari Benfica.

Kedatangan Albert Sambi Lokonga sendiri tak ayal kian membuat langkah Granit Xhaka untuk hengkang dari Arsenal kian mudah.

Xhaka dilaporkan akan bergabung AS Roma dan siap menghalalkan segala cara agar kepindahannya ke Olimpico berjalan mulus.

Kesepakatan personal yang telah didapat Xhaka dan AS Roma hanya terganjal persetujuan Arsenal, terutama soal harga.

Namun, kedatangan Lokonga dengan biaya yang tak mahal diyakini memberi jalan luas kepada Xhaka untuk hengkang di musim panas ini.

Kedatangan Lokonga disyukuri oleh Mikel Arteta selaku pelatih Arsenal. Bagi pria berusia 39 tahun ini, pemain yang membela tim nasional U-21 Belgia tersebut merupakan pemain yang cerdas.

“Albert adalah pemain yang sangat cerdas, yang telah menunjukkan kedewasaan luar biasa dalam penampilannya selama perkembangannya,” kata Arteta dikutip dari Reuters.

Lantas, siapakah sosok Albert Sambi Lokonga tersebut?

Profil Albert Sambi Lokonga

Albert Sambi Lokonga datang ke Arsenal bukannya tanpa bantuan. Ada andil dari Vincent Kompany yang merekomendasikannya kepada Arteta.

Lokonga sendiri musim lalu dilatih oleh Kompany yang bertugas sebagai pelatih Anderlecht. Di bawah arahannya, pemain berusia 21 tahun tersebut menjadi andalan di lini tengah.

Lokonga sendiri memang berkebangsaan Belgia. Ia lahir di negara penghasil Coklat tersebut dari orang tua yang berdarah Kongo.

Perjalanan Lokonga ke sepak bola profesional memang bermula dari Anderlecht. Dikutip dari Transfermarkt, ia telah berada di akademi raksasa sepak bola Belgia tersebut sejak 2016.

Setiap tahunnya, ia selalu naik tingkat ke kelompok umur di atasnya hingga puncaknya pada musim 2018/18 Lokonga mulai dipromosikan ke tim utama.

Debutnya pertama kali terjadi di musim 2017/18 kala tampil di Jupiler Pro League di pekan ke-20 pada saat Anderlecht menghadapi KAS Eupen pada 22 Desember 2017.

Di musim tersebut, ia hanya tampil sebanyak lima kali bersama Anderlecht di Jupiler Pro League dan dua kali di JPL Playoff.

Sama dengan musim 2017/18, di musim 2018/19 Lokonga tak hanya bermain untuk tim utama, melainkan juga masih membela tim muda di ajang UEFA Youth League.

Penampilan penuh bersama tim utama baru datang pada musim 2019/20 di mana Lokonga mulai mendapat tempat reguler dan tampil sebanyak 23 kali di Jupiler Pro League dan berlanjut ke musim 2020/21 dengan jumlah penampilan sebanyak 27 kali.

Total hingga resmi hijrah ke Arsenal, Lokonga bermain sebanyak 78 kali bagi Anderlecht di segala ajang dengan torehan tiga gol dan tujuh assist.

Gaya Bermain

Sejak promosi ke tim utama Anderlecht, Albert Sambi Lokonga selalu memainkan peran sebagai gelandang tengah baik sebagai gelandang bertahan atau gelandang Box to Box.

Perannya sebagai gelandang jangkar pun cukup mumpuni. Dilansir dari Whoscored, Lokonga memiliki kemampuan komplit sebagai gelandang.

Lokonga andal dalam melepaskan umpan, umpan terobosan (Through Balls), dribel, tembakan jarak jauh, dan intersep.

Secara statistik yang dilansir dari Arseblog, dalam menyerang Lokonga memiliki rata-rata 0,9 tembakan per 90 menit dengan kesuksesan 66 persen, 0,06 NPxG (Non Penalty Expected Goals) dan 0,11 NPG (Non Penalty Goals) per 90 menit.

Dalam Build Up permainan, catatan Lokonga terbilang apik dengan 0,94 umpan kunci, 0,87 umpan kunci dalam Open Play dan 0,8 assist per 90 menit.

Dalam bertahan, Lokonga melepaskan rata-rata 1,9 tekel, 2,1 intersep, 1,2 sapuan dan 7,4 Ball Recoveries per 90 menit.

Dengan catatan tersebut, Albert Sambi Lokonga terbilang komplit dan pantas menggantikan Granit Xhaka untuk menemani Thomas Partey dalam skema 4-2-3-1 andalan Mikel Arteta.

Kontributor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya

Berita Terkait

Berita Terkini