Liga

Salernitana Promosi ke Serie A, Bos Lazio Pusing Tujuh Keliling

Presiden Lazio pusing tujuh keliling karena Salernitana berhasil promosi ke Serie A Italia

Irwan Febri Rialdi

Presiden Lazio, Claudio Lotito. [AFP]. (Tiziana Fabi/AFP)
Presiden Lazio, Claudio Lotito. [AFP]. (Tiziana Fabi/AFP)

Bolatimes.com - Presiden Lazio, Claudio Lotito, pusing tujuh keliling setelah Salernitana berhasil promosi ke Serie A Italia. Sebab, klub berjuluk I Granata itu juga merupakan klub miliknya.

Salernitana kembali ke Serie A untuk pertama kalinya dalam 23 tahun, setelah finis kedua di klasemen Serie B usai mengalahkan Pescara 3-0.

Salernitana finis kedua dengan koleksi 69 poin atau unggul lima poin dari Monza di peringkat ketiga. Kondisi itu membuat mereka mendapat tiket promosi langsung ke Serie A bersama Empoli.

Namun hasil itu bisa saja dibatalkan karena masalah kepemilikan. Sebagaimana peraturan FIFA, para pemilik klub dilarang punya dua tim berbeda di satu liga yang sama.

Kondisi itu membuat Lotito mau tidak mau harus menjual salah satu dari Lazio atau Salernitana dalam waktu 30 hari kedepan, sebagaimana dilaporkan Football-Italia.

Presiden FIGC Gabriele Gravina mengonfirmasi bahwa Lotito tidak punya alternatif selain menjual klub.

“Ini adalah aturan yang sejalan dengan aturan FIFA yang tidak mengizinkan kepemilikan lebih dari sebuah klub pada level profesional,” kata Gravina dikutip dari Football-Italia, Selasa (11/5/2021).

“Presiden Lotito telah menikmati derogasi selama bertahun-tahun dan semua orang tahu apa yang akan terjadi."

Apabila Lotito tidak mengindahkan aturan yang ada, Gravina menegaskan bahwa Salernitana akan batal promosi ke Serie A dan tempatnya bakal digantikan Monza yang duduk di peringkat ketiga.

"Aturannya jelas, kepemilikannya tidak dapat dilanjutkan dan jika itu terjadi, itu akan mencegah Salernitana untuk ambil bagian di Serie A musim depan," bebernya.

(Suara.com/Arief Apriadi)

Berita Terkait

Berita Terkini