Selamat! Liverpool Resmi Juarai Liga Inggris 2019/2020

Setelah 30 tahun menenti, Liverpool akhirnya juarai Liga Inggris

Irwan Febri Rialdi | BolaTimes.com
Jum'at, 26 Juni 2020 | 07:00 WIB
Liverpool juara Liga Inggris 2019/2020. (Twitter/@LFC).

Liverpool juara Liga Inggris 2019/2020. (Twitter/@LFC).

Bolatimes.com - Liverpool resmi menjuarai Liga Inggris 2019/2020. Kepastian ini didapat setelah Manchester City kalah 1-2 dari Chelsea pada pekan ke-31 di Stamford Bridge, London, Jumat (26/6/2020) dini hari WIB.

Keunggulan Chelsea lewat Christian Pulisic sempat diimbangi Manchester City melalui tendangan bebas Kevin De Bruyne.

Sayang, Fernandinho melakukan handsball di kotak terlarang yang berbuah tendangan penalti bagi Chelsea, yang dieksekusi dengan sempurna oleh Willian untuk memastikan kemenangan tuan rumah dengan skor 2-1.

Baca Juga: Ini WAGs dengan Followers Terbanyak di Instagram, Georgina Kalah Jauh

Hasil ini pun memastikan Liverpool keluar sebagai kampiun Liga Inggris 2019/2020, yang jadi gelar liga domestik pertama The Reds dalam kurun waktu 30 tahun terakhir!

Liverpool mengoleksi 86 poin di papan klasemen, unggul 23 poin atas Manchester City yang berada di peringkat kedua.

Meski EPL musim ini masih menyisakan tujuh matchweek, namun gap tersebut sudah tak mungkin lagi terkejar.

Baca Juga: Cantiknya Ginevra Lambruschi, Kekasih Pemain AS Roma yang Gemar Ciuman

Terlepas dari perannya 'membantu' Liverpool, kemenangan ini sendiri memantapkan posisi Chelsea (54 poin) di empat besar klasemen.

Chelsea melebarkan jarak keunggulan lima poin atas tim peringkat kelima serta keenam, yakni Manchester United dan Wolves.

Di Stamford Bridge, ucapan manajer Manchester City, Pep Guardiola yang mengaku bakal memprioritaskan laga perempatfinal Piala FA ketimbang menunda pesta juara Liverpool terbukti hanya bualan belaka, sebagaimana The Citizens tampil full team menghadapi Chelsea.

Baca Juga: Respons Osvaldo Haay soal Permainannya yang Dinilai Mirip Kylian Mbappe

Manchester City bahkan langsung mengancam dengan cepat di awal laga, memanfaatkan blunder umpan kiper Chelsea, Kepa Arrizabalaga.

Beruntung, umpan terobosan yang mengarah ke Bernardo Silva bisa disapu oleh Antonio Rudiger.

Kepa tampil lebih sigap pada menit ke-18 untuk mengamankan bahaya yang berasal dari sundulan Fernandinho, dengan menepis bola ke atas mistar gawang.

Baca Juga: Messi Ultah, Bocah Viral Asal India Ini Punya Cara Unik buat Beri Selamat

Perlahan tapi pasti Chelsea mulai menemukan ritme permainan mereka, sayang tiga peluang beruntun dari Mason Mount, Pulisic dan Ross Barkley masih bisa diamankan barisan pertahanan Man City.

Akan tetapi lini belakang tim tamu kemudian melakukan kesalahan ketika Ilkay Guendogan dan Benjamin Mendy terlibat miskomunikasi dan bola direbut oleh Pulisic yang berlari menuju kotak penalti Man City sebelum menaklukkan kiper Ederson Moraes demi menyarangkan bola ke pojok kanan bawah gawang. Chelsea memimpin 1-0 pada menit ke-36.

Man City hampir segera membalas ketika Riyad Mahrez memperoleh sedikit ruang di dalam kotak penalti tuan rumah, tetapi tembakannya masih tipis di atas mistar gawang.

Tim tamu akhirnya berhasil menyamakan kedudukan pada menit ke-55 lewat eksekusi tendangan bebas De Bruyne yang melayang melewati pagar hidup sebelum menukik ke pojok kiri atas gawang tak terjangkau Kepa.

Dua menit setelahnya, Man City hampir berbalik unggul lewat sebuah serangan balik yang dieksekusi cepat dan berakhir dengan Raheem Sterling sukses memperdaya Kepa, tapi bola tendangannya mengarah tepat ke tiang gawang sebelum disapu oleh para pemain Chelsea.

Man City yang keasyikan menyerang kembali menemui masalah di lini pertahanan mereka pada menit ke-71, ketika Pulisic bisa mengalahkan Fernandinho untuk mengejar bola umpan terobosan. Pulisic lantas mengecoh Ederson, dan melepaskan tembakan tapi Kyle Walker cukup gesit untuk pasang badang menghalau bola sebelum melewati garis gawang.

Empat menit kemudian, Ederson melakukan penyelamatan gemilang untuk menolak tembakan Tammy Abraham, bola liar berusaha disontek Pulisic tetapi Fernandinho berdiri di garis gawang untuk menolaknya.

Akan tetapi, wasit Stuart Attwell mendapat masukan dari VAR bahwa Fernandinho mengayungkan tangan kirinya untuk menghalau bola dan memberi hadiah tendangan penalti untuk tuan rumah sembari mengganjar kartu merah bagi pemain Brazil itu.

Willian yang menghadapi bola dengan dingin memperdaya kompatriot senegaranya, Ederson, untuk mencetak gol dari titik putih dan membawa Chelsea kembali memimpin 2-1 pada menit ke-78.

Ketimpangan jumlah pemain memudahkan tugas Chelsea untuk menjaga keunggulan mereka hingga peluit tanda laga usai dengan kemenangan 2-1 atas Man City.

Chelsea akan melakoni laga pekan ke-32 mereka pada Rabu (1/7) waktu setempat (Kamis WIB) di kandang West Ham, sedangkan Man City baru main sehari berselang menjamu pemuncak klasemen/tim juara baru Liverpool.

Penulis: Rully Fauzi

Berita Rekomendasi
Berita Terkait
TERKINI

Pebalap Marc Marquez angkat bicara mengenai insiden yang menimpanya dengan Francesco Bagnaia (Ducati Lenovo) pada balapan di Sirkuit Algarve, Portimao, seri MotoGP Portugal, pada Minggu, (24/3/2024).

liga | 20:01 WIB

Beckham Putra akan bergabung dengan Timnas U-23 Indonesia yang akan berlaga di ajang Piala Asia U-23 2024 yang bertempat di Qatar.

liga | 17:02 WIB

Beckham Putra dan rekan-rekan Persib lainnya ingin menjaga ritme kemenangan karena tengah berada dalam tren positif di empat laga terakhir.

liga | 16:31 WIB

Waktu yang tersedia bagi Ten Hag bersama Man United disebut-sebut tidak banyak, terutama setelah kedatangan Sir Jim Ratcliffe.

liga | 08:00 WIB

Thomas Tuchel, pelatih saat ini dari Bayern Muenchen, juga mungkin tersedia setelah dia memutuskan untuk meninggalkan klub tersebut pada musim panas.

liga | 07:30 WIB

David da Silva tak jemawa meski berhasil mencetak brace dan membawa kemenangan Persib 1-3 atas Persikabo. Sebaliknya, ia mengucapkan selamat kepada rekan-rekannya usai pertandingan.

liga | 15:00 WIB

Persikabo harus mengakui keunggulan tamunya, Persib Bandung pada pekan 29 Liga 1 2023/2024. Persikabo takluk 1-3 dari Persib. Kekalahan tersebut menodai debut pelatih baru Persikabo, Djajang Nurdjaman.

liga | 13:45 WIB

Tampil dengan 10 pemain tak mempengaruhi kekuatan Persib Bandung saat hadapi Persikabo. Sebaliknya, tim besutan Bojan Hodak seolah mendapat durian runtuh usai Dedi Kusnandar mendapat kartu kuning kedua dari wasit pada menit 36

liga | 12:57 WIB

Pertandingan Persikabo vs Persib akan berlangsung di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar, Bali pada Jumat, (15/3/2024) kick off pukul 20.30 WIB.

liga | 10:15 WIB

Duel Persikabo vs Persib bakal dilangsungkan di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar, Bali dengan kick off 20.30 WIB live Indosiar.

liga | 09:57 WIB

Persib Bandung akan menghadapi Persikabo pada pekan 29 Liga 1 2023/2024 yang berlangsung di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar, Bali, malam ini. Laga kontra Laskar Pajajaran dinilai akan berbeda karena berkaitan dengan posisi lawan di klasemen.

liga | 08:40 WIB

Pertandingan Persikabo vs Persib akan berlangsung di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar, Bali dengan kick off pukul 20.30 WIB live televisi Indosiar.

liga | 20:27 WIB

Duel Persikabo vs Persib pada pekan ke-29 dalam jadwal Liga 1 2023/2024 akan digelar di Stadion Kapten I Wayan Dipta, pada Jumat (15/3/2024).

liga | 20:04 WIB

Laga Persikabo vs Persib akan digelar di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar, Bali pada Jumat, (15/3/2024).

liga | 20:22 WIB

Persib Bandung akan melanjutkan perjuangannya di Liga 1 2023/2024 dengan memainkan laga tandang melawan Persikabo 1973, pada Jumat, (15/3/2024).

liga | 20:01 WIB

Pada pekan ke-28 dalam jadwal Liga 1 2023/2024, laga Persib vs Persija di Stadion Si Jalak Harupat harus berakhir dengan skor 2-1, pada Sabtu (9/3/2024).

liga | 12:33 WIB

Dalam jadwal Liga 1 2023/2024 pekan ke-28, Persib sukses menuai tiga poin saat menjamu Persija, pada Sabtu, 9 Maret 2024.

liga | 12:15 WIB

Nonton Persib Bandung vs Persija Jakarta dalam jadwal Liga 1 2023/2024 pekan ke-28 di Stadion Si Jalak Harupat, Kabupaten Bandung, Sabtu 9 Maret 2024, pukul 15.00 WIB.

liga | 14:07 WIB
Tampilkan lebih banyak