Liga

Masihkah Anfield Tetap Angker untuk Manchester City?

Liverpool punya rekor apik di kandang.

Galih Priatmojo

Jurgen Klopp vs Pep Guardiola. (Bolatimes.com).
Jurgen Klopp vs Pep Guardiola. (Bolatimes.com).

Bolatimes.com - Duel seru Liverpool kontra Manchester City bakal jadi laga penutup pekan ke-12 Liga Primer Inggris yakni antara Liverpool kontra Manchester City, Minggu (10/11/2019).

Liverpool di atas kertas punya peluang besar untuk meraup tiga poin menghadapi petahana juara Liga Primer Inggris, Manchester City malam nanti.

Alasannya tak lain bukti statistik kala The Reds bermain di kandang. Tercatat skuat bangau merah tak terkalahkan saat bermain di Anfield dalam 45 laga terakhir Liga Primer Inggris.

Rekor keperkasaan mereka di kandang terhitung baru sekali ternodai saat menjamu Crystal Palace pada 2017 lalu. Saat itu, anak asuhan Jurgen Klopp takluk 1-2.

Keangkeran Anfield pun nyata terasa terutama bagi tim-tim the Big Six. Sejak musim lalu tak satupun tim yang termasuk dalam enam besar mampu membawa poin penuh dari Anfield.

Pemain Arsenal sukses menghindarai hadangan pemain Liverpool pada Liga Primer Inggris 2019/20 di Stadion Anfield, Sabtu (24/8/2019).(Instagram/@Arsenal)
Pemain Arsenal sukses menghindarai hadangan pemain Liverpool pada Liga Primer Inggris 2019/20 di Stadion Anfield, Sabtu (24/8/2019).(Instagram/@Arsenal)

 

Terbaru, Arsenal bahkan harus pulang dengan kepala tertunduk saat ditekuk dengan skor mencolok 3-1 di Anfield.

Selain keangkeran Anfield, faktor lain yang membuat Liverpool diunggulkan yakni situasi kurang oke yang tengah dihadapi Manchester City.

City yang saat ini merosot ke urutan keempat klasemen sementara bakal bertamu ke Anfield tanpa kekuatan penuh. Diketahui ada sebanyak enam pemain The Citizens yang absen.

Salah satu yang paling disorot yakni menepinya kiper Ederson Moraes. Kiper yang sudah mencatatkan lima clean sheet tersebut dipastikan absen setelah mendapat cedera saat Manchester City menghadapi Atalanta pekan lalu di Liga Champions.

Sedangkan Liverpool meski kehilangan Joel Matip, Klopp masih memiliki Joe Gomez dan Dejan Lovren yang bisa dimaksimalkan. Selain Matip, hanya Xherdan Shaqiri yang absen hadapi Manchester City.

Faktor lain yang juga membuat Liverpool lebih berpeluang menang yakni rekor pertemuan Klopp dengan Pep Guardiola.

Kolase foto manajer Manchester City, Pep Guardiola (kiri) dan pelatih Liverpool, Jurgen Klopp. [Oli SCARFF, Ian KINGTON / AFP]
Kolase foto manajer Manchester City, Pep Guardiola (kiri) dan pelatih Liverpool, Jurgen Klopp. [Oli SCARFF, Ian KINGTON / AFP]

 

Ya, dari 17 pertemuan Klopp memenangkan delapan laga di antaranya, selisih satu laga dari kemenangan yang diraih Pep. Sisanya dua laga berakhir imbang.

Namun, meski angin seolah berpihak untuk Liverpool bukan berarti City tanpa peluang mencuri poin di Anfield.

Dengan modal bermain tanpa beban, Manchester City bisa saja membuat kejutan saat tim tuan rumah lengah.

Apalagi perlu diketahui, Manchester City kerap memberikan kesulitan buat Liverpool terutama jika merujuk dari lima pertandingan terakhir saat keduanya bentrok.

Lima pertemuan terakhir
19/3/2017 Manchester City vs Liverpool 1-1
9/9/2017 Manchester City vs Liverpool 5-0
14/1/2018 Liverpool vs Manchester City 4-3
7/10/2018 Liverpool vs Manchester City 0-0
3/1/2019 Manchester City vs Liverpool 2-1

Head to Head

44 pertemuan: Liverpool menang 19 kali, Manchester City menang 9 kali, imbang 16 kali.

Berita Terkait

Berita Terkini