5 Kisruh Terpanas Jose Mourinho di Manchester United Musim Ini

Jose Mourinho menuai banyak kontroversi di musim ini.

Senin, 01 Oktober 2018 | 16:00 WIB
Jose Mourinho saat memimpin laga Manchester United melawan West Ham United pada 29 September 2018 (Ian Kington/AFP)

Jose Mourinho saat memimpin laga Manchester United melawan West Ham United pada 29 September 2018 (Ian Kington/AFP)

Bolatimes.com - Jose Mourinho terus menjadi sorotan sejak awal musim 2018/19. Terlebih, ia tak mampu mengangkat prestasi Manchester United di awal Liga Primer Inggris. Kisruh Jose Mourinho dengan Manchester United pun terus berlanjut apalagi kini mereka terlempar ke posisi 10 klasemen sementara.

Manchester United tengah dalam periode buruk. Pada tiga laga terakhir di berbagai kompetisi, anak asuh Jose Mourinho tak meraih kemenangan. Terbaru, Setan Merah harus tumbang 1-3 saat melawat ke markas West Ham United pada lanjutan Liga Primer Inggris di Stadion London, Sabtu (29/9/2018). Rentetan hasil negatif itu membuat Jose Mourinho terus disudutkan.

Selain performa yang buruk, Mourinho juga mengalami masalah internal dengan anak asuhnya. Ia dikabaran bersitegang dengan sejumlah pemain Setan Merah seperti Marcus Rashford dan Paul Pogba. Situasi tersebut memanaskan rumor jika sang manajer atau pemain Manchester United akan hengkang dalam waktu dekat.

Baca Juga: 5 Catatan Penting Jelang Timnas Indonesia U-16 vs Australia U-16

Pelatih Jose Mourinho berjabat tangan dengan Paul Pogba saat menggantinya (Alain Grosclaude/AFP)
Pelatih Jose Mourinho berjabat tangan dengan Paul Pogba saat menggantinya (Alain Grosclaude/AFP)

Berbagai polemik yang telah tercipta di Manchester United bukanlah satu atau dua kali. Beberapa kali manajer asal Portugal itu terlibat perselisihan, baik dengan pemain, petinggi Manchester United, dan media-media di Inggris.

Merangkum dari BBC, berikut Bolatimes.com ulas sejumlah kisruh yang telah dibuat Jose Mourinho sejauh ini di musim 2018/2019.

1. Komentar pedas dalam tur pramusim

Baca Juga: Rekor Pertemuan Indonesia U-16 vs Australia: Pernah Sekali Menang

Jose Mourinho kerap mengeluh ketika menjalani tur pramusim di Amerika Serikat, Juli 2018. Ia sering kecewa karena tak bisa memainkan para pemain intinya yang masih menjalani liburan setelah Piala Dunia 2018.

Tak hanya itu, ia mengeluh karena penampilan buruk anak asuhnya dan tak pantas untuk disaksikan. Ia pun menyindir jika jadi suporter, ia tak akan menyaksikan pertandingan Manchester United.

''Atmosfernya bagus. Namun, bila saya menjadi para suporter, saya tidak akan datang. Saya tidak akan menghabiskan uang saya untuk melihat tim seperti ini,'' kata Mourinho, 29 Juli 2018.

Baca Juga: Seperti Juventus, 5 Klub Top Eropa Ini Juga Belum Terkalahkan

2. Transfer berantakan, Mourinho Sindir Ed Woodward

Jose Mourinho telah melakukan perencanaan untuk mendatangkan pemain baru menjalang musim 2018/2019, ia pun menyiapkan lima nama. Namun,tak ada tanda-tanda dari pemilik klub Ed Woodward dan ia pun mulai ragu dengan datangnya pemain anyar.

''Saya ingin punya dua pemain lagi. Beberapa bulan lalu, saya sudah memberikan daftar lima pemain incaran. Kini, saya tidak yakin bisa mendapat dua pemain baru. Saya hanya bisa menunggu apakah bisa mendapat salah satu pemain atau tidak sama sekali,'' kata Mourinho, 29 Juli 2018.

Baca Juga: Diguncang Gempa, Rumah Atlet Taekwondo Abdul Rahman Rusak

Sebelas hari kemudian, Jose Mourinho kembali menyindir Ed Woodward setelah tak mampu mendatangkan bek baru menjelang bergulirnya musim.

''Ini akan menjadi musim yang sulit bagi semuanya, bukan hanya kami. Saya memiliki rencana selama berbulan-bulan dan kenyataannya saya mengalami situasi yang tak saya harapkan ketika bursa transfer ditutup," ujar Mourinho.

''Ini terakhir kali saya membicarakan hal ini. Bursa transfer sudah ditutup. Itulah manajemen sepak bola. Saya rasa sepak bola sudah berubah dan manajer harusnya disebut pelatih kepala. Kami harus menunggu hingga akhir November untuk mengetahui apakah kami bisa memperebutkan gelar,'' imbuhnya.

3. Marah kepada media Inggris

Jose Mourinho merasa kesal ketika dirinya merasa disudutkan oleh media-media Inggris menyusul kekalahan 0-3 Manchester United atas Tottenham Hotspur di Stadion Old Trafford, 28 Agustus 2018.

Ia pun kesal dengan mengatakan kepada wartawan jika arti tiga itu merupakan tanda trofi Liga Primer Inggris yang pernah ia menangi.

"3-0, 3-0, Anda tahu apa artinya itu? 3-0 ini juga berarti tiga gelar Premier League yang saya menangi sendiri, tidak dengan 19 manajer lainnya. Tunjukan rasa hormat," ujar Mourinho.

4. Copot ban kapten Paul Pogba

Kisruh Jose Mourinho dengan Manchester United makin kronis setelah ia resmi mencopot ban kapten Manchester United dari lengan Paul Pogba. Keputusan itu diklaim sebagai buntut dari perselisihan antara keduanya.

Namun, Mourinho berdalih jika itu sudah menjadi keputusan dirinya bersama staff pelatih. Seperti diketahui, ketika Setan Merah kalah 1-3 dari West Ham, ban kapten Manchester United berpindah ke lengan Ashley Young.

''Saya menganalisa Pogba dari sudut pandang sebagai pemain dan kapten dan setelah berminggu-minggu menganalisa dan bertukar pendapat dengan staf saya, kami memutuskan Paul adalah seorang pemain saja dan bukan seorang kapten,'' kata Mourinho kepada ESPN.

5. Mourinho dan Pogba berselisih di sesi latihan

Perseteruan antara Jose Mourinho dan Paul Pogba masih terus menuai sorotan. Perselisihan keduanya semakin memanas ketika menjalani sesi latihan pada 25 September 2018, keduanya tertangkap kamera tengah bersitegang.

Menurut pemberitaan di Inggris, Jose Mourinho geram karena Pogba dinilai mengejek Manchester United ketika kalah adu penalti dari Derby County di babak ketiga Piala Liga Inggris, Jumat (26/9/2018).

Itulah tadi deretan kisruh Jose Mourinho di Manchester Unted yang telah terjadi sejak tur pramusim hingga pekan ketujuh Liga Primer Inggris musim 2018/2019.

Berita Rekomendasi
Berita Terkait
TERKINI

Sporting Director PT Persib Teddy Tjahjono membantah tudingan yang menyebutkan dirinya sebagai saksi yang memberatkan dalam persidangan kasus kericuhan yang melibatkan Bobotoh

liga | 17:40 WIB

Bek Persib Bandung Henhen Herdiana tidak pernah menyangka akan melakoni 100 pertandingan bersama Pangeran Biru. Sejak promosi dari Diklat Persib 2016 silam, Henhen tak pernah membayangkan bisa bermain hingga sejauh ini.

liga | 11:07 WIB

David da Silva akhirnya berdamai dengan Persib Bandung setelah proses administasi telah diselesaikan

liga | 16:08 WIB

Berbagai pertimbangan dilakukan oleh PT Liga Indonesia Baru sebelum memutuskan kembali menggulirkan Liga 1 2023/2024 pada 15 April 2024 mendatang

liga | 15:35 WIB

FIFA menjatuhkan sanksi untuk lima tim Indonesia, satu di antaranya Persija Jakarta. Macan Kemayoran tak bisa melakukan transfer pemain selama tiga musim.

liga | 13:04 WIB

Pelatih Persib Bojan Hodak memberikan waktu libur untuk anak asuhnya selama tiga hari. Jeda kompetisi Liga 1 2023/2024 selama Piala Asia U-23 2024 di Qatar membuat tim punya waktu luang dalam masa persiapan

liga | 16:08 WIB

Gelandang Persib Bandung Stefano Beltrame tak mau santai walau Liga 1 2023/2024 terjeda selama gelaran Piala Asia U-23 2024 di Qatar.

liga | 14:13 WIB

Pemain Persib Bandung Ryan Kurnia mengambil sisi positif dari jeda Liga 1 2023/2024 selama gelaran Piala Asia U-23 2024 di Qatar. Ryan bisa menjalani pemulihan cedera selama jeda kompetisi.

liga | 13:57 WIB

Adapun jadwal Liga 1 pekan ke-31 hingga pekan ke-34, dan jadwal Championship Series dijadwalkan kembali oleh operator komisi, yakni PT Liga Indonesia Baru (LIB) dalam waktu dekat.

liga | 19:50 WIB

Pelatih Persib Bandung Bojan Hodak melihat sisi positif dari penundaan kompetisi Liga 1 2023/2024 selama Piala Asia 2023

liga | 16:04 WIB

Sementara dalam jadwal Liga 1 2023/2024 pekan ke-31, Persib akan melakukan lawatan ke markas Persita Tangerang, pada Selasa (2/4/2024).

liga | 14:04 WIB

Duel Bali United vs Persija akan berlangsung di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar, pada Sabtu, (30/3/2024) kick off pukul 20.00 WIB.

liga | 13:27 WIB

Pebalap Marc Marquez angkat bicara mengenai insiden yang menimpanya dengan Francesco Bagnaia (Ducati Lenovo) pada balapan di Sirkuit Algarve, Portimao, seri MotoGP Portugal, pada Minggu, (24/3/2024).

liga | 20:01 WIB

Beckham Putra akan bergabung dengan Timnas U-23 Indonesia yang akan berlaga di ajang Piala Asia U-23 2024 yang bertempat di Qatar.

liga | 17:02 WIB

Beckham Putra dan rekan-rekan Persib lainnya ingin menjaga ritme kemenangan karena tengah berada dalam tren positif di empat laga terakhir.

liga | 16:31 WIB

Waktu yang tersedia bagi Ten Hag bersama Man United disebut-sebut tidak banyak, terutama setelah kedatangan Sir Jim Ratcliffe.

liga | 08:00 WIB

Thomas Tuchel, pelatih saat ini dari Bayern Muenchen, juga mungkin tersedia setelah dia memutuskan untuk meninggalkan klub tersebut pada musim panas.

liga | 07:30 WIB

David da Silva tak jemawa meski berhasil mencetak brace dan membawa kemenangan Persib 1-3 atas Persikabo. Sebaliknya, ia mengucapkan selamat kepada rekan-rekannya usai pertandingan.

liga | 15:00 WIB
Tampilkan lebih banyak