18 Tahun Lalu, Seorang Bocah Menjelma Jadi Alien Bernama Messi

Xavi Hernandez: ''Saya lupa namanya, yang saya tau dia (Lionel Messi) luar biasa bisa melewati Puyol dan Thuram!''

Stephanus Aranditio | BolaTimes.com
Senin, 17 September 2018 | 20:00 WIB
Kartu Anggota La Masia, Lionel Messi (FC Barcelona)

Kartu Anggota La Masia, Lionel Messi (FC Barcelona)

Bolatimes.com - Pada hari ini pada tahun 2000, seorang pemuda berusia 13 tahun dari Rosario, Argentina, hijrah ke Spanyol dan bergabung dengan Akademi La Masia dan sepakbola Barcelona berubah pada saat itu.

Dia adalah bocah cilik bernama lengkap Lionel Andres Messi yang menjelma menjadi ''alien'' yang menguasai dunia satu dekade terakhir bersama seorang Alien lain dari Portugal bernama Cristiano Ronaldo.

10 Piala Ballon d'Or silih berganti masuk ke dalam lemari kaca mereka, masing-masing lima untuk keduanya. Lahir dari klub masa kecilnya Newell's Old Boys di Argentina, Messi memutuskan untuk pindah ke Catalonia melanjutkan impiannya menjadi pemain bintang dunia.

Baca Juga: Jadwal Liga 1 Hari Ini: Arema FC vs MU, Borneo FC vs Persib

Dan 18 tahun kemudian, pantas rasanya untuk mengatakan bahwa Messi telah melakukannya semuanya dengan baik. Total 33 Trofi telah dipersembahkan La Pulga untuk Blaugrana.

556 gol dan 215 assist dalam 642 pertandingan bersama Barcelona hingga hari ini rasanya lebih dari cukup untuk membuat legenda sepak bola sekelas Ronaldinho menyarankan manajemen untuk mengistirahatkan nomor pungung 10 Messi selamanya.

''Ketika Messi pensiun, klub bisa meninggalkan nomor sepuluh miliknya dan tidak ada seorangpun yang akan memakainya lagi,'' kata Ronaldinho dilansir Bolatimes.com dari goal.

Baca Juga: 4 Statistik Apik Ronaldo Usai Cetak Dua Gol Perdananya di Serie A

Pemain Barcelona Lionel Messi digendong Ronaldinho saat merayakan gol melawan Albacete di Stadion Camp Nou 01 May 2005. (AFP)
Pemain Barcelona Lionel Messi digendong Ronaldinho saat merayakan gol melawan Albacete di Stadion Camp Nou 01 May 2005. (AFP)

Ronaldinho menambahkan, orang-orang tidak akan melihat lagi bakat seperti yang dimiliki Lionel Messi di kemudian hari jika ia sudah pensiun.

''Messi tidak diragukan lagi adalah pemain terbaik dalam sejarah klub, selama bertahun-tahun, dia melakukan apa yang tidak bisa dilakukan siapapun dan dia yang terbaik,'' jelas Ronaldinho.

Selain Ronaldinho, legenda Barcelona lainnya Xavi Hernandez juga terkesima dengan permainan Lionel Messi. Sebelum Messi bergabung, Xavi telah mendengar kabar bahwa ada seorang bocah cilik berbakat dari La Masia yang akan promosi ke skuat utama. 

Baca Juga: Tampil Impresif Bersama Lechia Gdansk II, Egy Dipanggil Messi

''Mereka sudah bercerita tentang anak ini, saya telah diperingatkan bahwa ada anak muda Argentina yang datang dengan sangat baik,'' kata Xavi.

Pemain Barcelona Lionel Messi dan Xavi Hernandez merayakan gelar juara Spanish Supercup setelah mengalahkan Sevilla di partai final di Camp Nou Stadium, Barcelona (21/8/2010) (AFP)
Pemain Barcelona Lionel Messi dan Xavi Hernandez merayakan gelar juara Spanish Supercup setelah mengalahkan Sevilla di partai final di Camp Nou Stadium, Barcelona (21/8/2010) (AFP)

Xavi bahkan mengaku sempat lupa dengan nama Lionel Messi, ia hanya tahu ada seorang anak yang bisa melewati dua bek tangguh Barcelona kala itu yakni Lilian Thuram dan kapten Carles Puyol saat sesi latihan.

''Mereka bahkan menyebut namanya tapi saya lupa. Tapi kemudian, ketika saya melihat dia di pelatihan berusia 16 tahun, saya bisa melihat persis apa yang sedang mereka lakukan. Ada pelatihan yang biasa kami lakukan di mana pemain adalah satu lawan satu melawan Thuram, dan Puyol.''

Baca Juga: 5 Potret Cantik Georgina Rodriguez Saksikan Gol Debut Ronaldo

Pemain Barcelona, Carles Puyol merayakan gol bersama Lionel Messi (2006) (AFP)
Pemain Barcelona, Carles Puyol merayakan gol bersama Lionel Messi (2006) (AFP)

''Saya melihat Messi melewati dua orang itu dan tidak bisa mempercayai mata saya. Saya berpikir: 'Astaga, di sini anak ini yang baru berusia 16 tahun berhasil melewati para bek kelas dunia. Bahkan kemudian Anda bisa mengatakan bahwa ia berbeda. Jelas bahwa dia memiliki bakat bawaan ketika dia satu lawan satu, dia cepat, dia mencetak banyak gol, dia lolos, menembak. Dia luar biasa,'' tegas Xavi.

Berikut video skill luar biasa Lionel Messi saat masih bermain di La Masia:

Berita Rekomendasi
Berita Terkait
TERKINI

Sporting Director PT Persib Teddy Tjahjono membantah tudingan yang menyebutkan dirinya sebagai saksi yang memberatkan dalam persidangan kasus kericuhan yang melibatkan Bobotoh

liga | 17:40 WIB

Bek Persib Bandung Henhen Herdiana tidak pernah menyangka akan melakoni 100 pertandingan bersama Pangeran Biru. Sejak promosi dari Diklat Persib 2016 silam, Henhen tak pernah membayangkan bisa bermain hingga sejauh ini.

liga | 11:07 WIB

David da Silva akhirnya berdamai dengan Persib Bandung setelah proses administasi telah diselesaikan

liga | 16:08 WIB

Berbagai pertimbangan dilakukan oleh PT Liga Indonesia Baru sebelum memutuskan kembali menggulirkan Liga 1 2023/2024 pada 15 April 2024 mendatang

liga | 15:35 WIB

FIFA menjatuhkan sanksi untuk lima tim Indonesia, satu di antaranya Persija Jakarta. Macan Kemayoran tak bisa melakukan transfer pemain selama tiga musim.

liga | 13:04 WIB

Pelatih Persib Bojan Hodak memberikan waktu libur untuk anak asuhnya selama tiga hari. Jeda kompetisi Liga 1 2023/2024 selama Piala Asia U-23 2024 di Qatar membuat tim punya waktu luang dalam masa persiapan

liga | 16:08 WIB

Gelandang Persib Bandung Stefano Beltrame tak mau santai walau Liga 1 2023/2024 terjeda selama gelaran Piala Asia U-23 2024 di Qatar.

liga | 14:13 WIB

Pemain Persib Bandung Ryan Kurnia mengambil sisi positif dari jeda Liga 1 2023/2024 selama gelaran Piala Asia U-23 2024 di Qatar. Ryan bisa menjalani pemulihan cedera selama jeda kompetisi.

liga | 13:57 WIB

Adapun jadwal Liga 1 pekan ke-31 hingga pekan ke-34, dan jadwal Championship Series dijadwalkan kembali oleh operator komisi, yakni PT Liga Indonesia Baru (LIB) dalam waktu dekat.

liga | 19:50 WIB

Pelatih Persib Bandung Bojan Hodak melihat sisi positif dari penundaan kompetisi Liga 1 2023/2024 selama Piala Asia 2023

liga | 16:04 WIB

Sementara dalam jadwal Liga 1 2023/2024 pekan ke-31, Persib akan melakukan lawatan ke markas Persita Tangerang, pada Selasa (2/4/2024).

liga | 14:04 WIB

Duel Bali United vs Persija akan berlangsung di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar, pada Sabtu, (30/3/2024) kick off pukul 20.00 WIB.

liga | 13:27 WIB

Pebalap Marc Marquez angkat bicara mengenai insiden yang menimpanya dengan Francesco Bagnaia (Ducati Lenovo) pada balapan di Sirkuit Algarve, Portimao, seri MotoGP Portugal, pada Minggu, (24/3/2024).

liga | 20:01 WIB

Beckham Putra akan bergabung dengan Timnas U-23 Indonesia yang akan berlaga di ajang Piala Asia U-23 2024 yang bertempat di Qatar.

liga | 17:02 WIB

Beckham Putra dan rekan-rekan Persib lainnya ingin menjaga ritme kemenangan karena tengah berada dalam tren positif di empat laga terakhir.

liga | 16:31 WIB

Waktu yang tersedia bagi Ten Hag bersama Man United disebut-sebut tidak banyak, terutama setelah kedatangan Sir Jim Ratcliffe.

liga | 08:00 WIB

Thomas Tuchel, pelatih saat ini dari Bayern Muenchen, juga mungkin tersedia setelah dia memutuskan untuk meninggalkan klub tersebut pada musim panas.

liga | 07:30 WIB

David da Silva tak jemawa meski berhasil mencetak brace dan membawa kemenangan Persib 1-3 atas Persikabo. Sebaliknya, ia mengucapkan selamat kepada rekan-rekannya usai pertandingan.

liga | 15:00 WIB
Tampilkan lebih banyak