5 Hal Tentang Cristiano Ronaldo yang Belum Diketahui Banyak Orang

Percaya atau tidak, nomor 7 bukan nomor impian Cristiano Ronaldo.

Stephanus Aranditio | BolaTimes.com
Sabtu, 08 September 2018 | 18:00 WIB
Pemain Juventus, Cristiano Ronaldo (AFP)

Pemain Juventus, Cristiano Ronaldo (AFP)

Bolatimes.com - Cristiano Ronaldo adalah ikon sepak bola masa kini, kapten timnas Portugal, lima Ballon d'Or, dan legenda Real Madrid, tapi lima hal ini mungkin saja belum kalian ketahui tentang CR7.

Semua orang sudah tahu, Cristiano Ronaldo memiliki penggemar fanatik di seluruh dunia yang terobsesi dengan setiap pergerakannya di lapangan termasuk gaya hidupnya.

Ronaldo selalu menjadi sorotan media, bahkan ia meminta pengamanan ketat ketika sedang berlibur di Yunani pasca Piala Dunia 2018 dimana disana ia menandatangi kontrak dengan Juventus.

Baca Juga: Boaz Solossa Marah Saat Dipanggil Timnas Indonesia vs Mauritius

Namun, lima hal dibawah ini mungkin saja belum kalian ketahui soal Cristiano Ronaldo:

1. Tak pernah menginginkan nomor 7.

Nacho dan Ronaldo/Instgaram
Nacho dan Ronaldo/Instgaram

Julukan CR7 sangat melekat dengan Cristiano Ronaldo, tetapi pada kenyataannya ia tidak pernah mengingkan nomor tersebut melekat di punggungnya.

Baca Juga: Sergio Ramos Tegaskan Tak Peduli dengan Mohamed Salah

Sebelum bergabung dengan Manchester United, ia mengenakan nomor 28 di Sporting Lisbon, ia sebenarnya ingin mengenakan nomor itu juga di Old Trafford.

Ronaldo yang saat itu berusia 18 tahun mungkin terintimidasi oleh sejarah bertingkat nomor 7 di Old Trafford. Nomor yang sama telah dipakai oleh legenda seperti George Best, Eric Cantona dan David Beckham di masa lalu.

Tetapi pelatih Manchester United, Sir Alex Ferguson telah melihat potensi di Ronaldo dan meyakinkan dia untuk mengambil nomor legendaris 7.

Baca Juga: Punya Klub Baru, Beckham Ingin Datangkan Ronaldo dan Rooney

Nomor itu kemudian berlanjut di Real Madrid pada 2009, meski harus mengenakan nomor 9 terlebih dahulu sembari menunggu Raul Gonzales pindah ke Bundesliga waktu itu.

2.  Cristiano Ronaldo memiliki masalah kesehatan.

Pemain Juventus, Cristiano Ronaldo (AFP)
Pemain Juventus, Cristiano Ronaldo (AFP)

Meski disebut lebih muda 20 tahun oleh tim dokter saat menjalani tes medis di Juventus beberapa waktu lalu, nyatanya Cristiano Ronaldo memiliki masalah kesehatan pada masa kecilnya.

Baca Juga: Selain Mourinho, 4 Pemain Ini Juga Pernah Menggelapkan Pajak

Saat berusia 15 tahun ia didiagnosa mengidap penyakit jantung, Jantung Ronaldo sering berdegup dengan cepat saat beranjak dewasa.

Bahkan sang Ibu, Dolores sempat takut penyakit ini dapat mengganggu masa depan Ronaldo di dunia sepak bola. Tapi untungnya, dia menjalani operasi yang sukses untuk menyembuhkan detak jantungnya yang tidak teratur dan kembali berlatih beberapa hari kemudian. 

3. Pecahkan Rekor Maradona

Cristiano Ronaldo saat diperkenalkan di depan publik Real Madrid (sumber: Twitter)
Cristiano Ronaldo saat diperkenalkan di depan publik Real Madrid (sumber: Twitter)

Kedatangan Cristiano Ronaldo ke Real Madrid adalah kejutan yang terjadi pada bursa transfer musim panas pada tahun 2009 dengan menjadikannya pemain termahal di dunia.

Namun rekor itu tak bertahan lama, rekor lain yang diciptakan Ronaldo terjadi saat ia muncul di Santiago Bernabeu mengenakan jersey putih-putih Real Madrid.

Ini adalah rekor penonton terbanyak pada upacara presentasi pemain. Ketika Real Madrid meluncurkan Ronaldo sebagai pemain Real Madrid, 80.000 fans Los Blancos memadati Santiago Bernabeu untuk menjadi saksi penandatanganan rekor dunia mereka.

80.000 penonton itu memecahkan rekor Diego Maradona pada presentasinya saat bergabung dengan Napoli pada 1984 yang dihadiri 75.000 penonton.

4. Ronaldo disebut bayi cengeng saat kecil.

Potret Cristiano Ronaldo saat masih kecil (Dok. Sportskeeda)
Potret Cristiano Ronaldo saat masih kecil (Dok. Sportskeeda)

Kepemimpinan dan kegagahan Cristiano Ronaldo saat bermain di lapangan hijau baik saat berseragam klub ataupun tim nasional Portugal tak perlu diragukan lagi.

Namun di balik wibawa tersebut, Ronaldo sempat dicap sebagai bayi cengeng oleh teman-temannya saat masih kecil. Salah satu teman kecil Ronaldo, Ricardo Santos mengungkapkan cerita masa kecilnya di Pulau Madeira, Portugal.

Menurut Santos, julukan itu muncul ketika marah ketika timnya kalah atau orang tidak memberikan bola kepadanya ia akan menangis.

5. Hampir gabung Barcelona

Cristiano Ronaldo mengadang laju Lionel Messi. [AFP]
Cristiano Ronaldo mengadang laju Lionel Messi. [AFP]

Selama 10 tahun terakhir pertarungan antara Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi memunculkan cap bahwa Ronaldo adalah Real Madrid sejati, namun nyatanya suami Georgina Rodriguez itu hampir bergabung dengan Barcelona.

Presiden Barcelona, Joan Laporta yang memimpin pada 2003 hingga 2010 mengungkapkan bahwa dia pernah ditawari jasa Cristiano Ronaldo dengan bayaran € 17 juta oleh agennya pada tahun 2003.

Namun pada saat itu, Barcelona belum membutuhkan Ronaldo karena sudah ada Ronaldinho, Marquez, dan Quaresma yang mengisi kekuatan Blaugrana.

Berita Rekomendasi
Berita Terkait
TERKINI

Bek Persib Bandung Henhen Herdiana tidak pernah menyangka akan melakoni 100 pertandingan bersama Pangeran Biru. Sejak promosi dari Diklat Persib 2016 silam, Henhen tak pernah membayangkan bisa bermain hingga sejauh ini.

liga | 11:07 WIB

David da Silva akhirnya berdamai dengan Persib Bandung setelah proses administasi telah diselesaikan

liga | 16:08 WIB

Berbagai pertimbangan dilakukan oleh PT Liga Indonesia Baru sebelum memutuskan kembali menggulirkan Liga 1 2023/2024 pada 15 April 2024 mendatang

liga | 15:35 WIB

FIFA menjatuhkan sanksi untuk lima tim Indonesia, satu di antaranya Persija Jakarta. Macan Kemayoran tak bisa melakukan transfer pemain selama tiga musim.

liga | 13:04 WIB

Pelatih Persib Bojan Hodak memberikan waktu libur untuk anak asuhnya selama tiga hari. Jeda kompetisi Liga 1 2023/2024 selama Piala Asia U-23 2024 di Qatar membuat tim punya waktu luang dalam masa persiapan

liga | 16:08 WIB

Gelandang Persib Bandung Stefano Beltrame tak mau santai walau Liga 1 2023/2024 terjeda selama gelaran Piala Asia U-23 2024 di Qatar.

liga | 14:13 WIB

Pemain Persib Bandung Ryan Kurnia mengambil sisi positif dari jeda Liga 1 2023/2024 selama gelaran Piala Asia U-23 2024 di Qatar. Ryan bisa menjalani pemulihan cedera selama jeda kompetisi.

liga | 13:57 WIB

Adapun jadwal Liga 1 pekan ke-31 hingga pekan ke-34, dan jadwal Championship Series dijadwalkan kembali oleh operator komisi, yakni PT Liga Indonesia Baru (LIB) dalam waktu dekat.

liga | 19:50 WIB

Pelatih Persib Bandung Bojan Hodak melihat sisi positif dari penundaan kompetisi Liga 1 2023/2024 selama Piala Asia 2023

liga | 16:04 WIB

Sementara dalam jadwal Liga 1 2023/2024 pekan ke-31, Persib akan melakukan lawatan ke markas Persita Tangerang, pada Selasa (2/4/2024).

liga | 14:04 WIB

Duel Bali United vs Persija akan berlangsung di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar, pada Sabtu, (30/3/2024) kick off pukul 20.00 WIB.

liga | 13:27 WIB

Pebalap Marc Marquez angkat bicara mengenai insiden yang menimpanya dengan Francesco Bagnaia (Ducati Lenovo) pada balapan di Sirkuit Algarve, Portimao, seri MotoGP Portugal, pada Minggu, (24/3/2024).

liga | 20:01 WIB

Beckham Putra akan bergabung dengan Timnas U-23 Indonesia yang akan berlaga di ajang Piala Asia U-23 2024 yang bertempat di Qatar.

liga | 17:02 WIB

Beckham Putra dan rekan-rekan Persib lainnya ingin menjaga ritme kemenangan karena tengah berada dalam tren positif di empat laga terakhir.

liga | 16:31 WIB

Waktu yang tersedia bagi Ten Hag bersama Man United disebut-sebut tidak banyak, terutama setelah kedatangan Sir Jim Ratcliffe.

liga | 08:00 WIB

Thomas Tuchel, pelatih saat ini dari Bayern Muenchen, juga mungkin tersedia setelah dia memutuskan untuk meninggalkan klub tersebut pada musim panas.

liga | 07:30 WIB

David da Silva tak jemawa meski berhasil mencetak brace dan membawa kemenangan Persib 1-3 atas Persikabo. Sebaliknya, ia mengucapkan selamat kepada rekan-rekannya usai pertandingan.

liga | 15:00 WIB

Persikabo harus mengakui keunggulan tamunya, Persib Bandung pada pekan 29 Liga 1 2023/2024. Persikabo takluk 1-3 dari Persib. Kekalahan tersebut menodai debut pelatih baru Persikabo, Djajang Nurdjaman.

liga | 13:45 WIB
Tampilkan lebih banyak