Nih 5 Transfer Terbaik Sepanjang Masa Juventus

Ronaldo jadi salah satu transfer terbaik yang dilakukan musim ini oleh Juventus. Nah ini derean transfer terbaik sepanjang masa yang dilakukan Juventus

Galih Priatmojo | BolaTimes.com
Sabtu, 01 September 2018 | 19:18 WIB
Cristiano Ronaldo dengan Jersey barunya di Juventus (Sumber: Juventus)

Cristiano Ronaldo dengan Jersey barunya di Juventus (Sumber: Juventus)

Bolatimes.com - Keputusan Cristiano Ronaldo untuk berseragam Juventus sempat membuat sejumlah pihak terkejut. Mengingat ia baru saja mencetak rekor mempersembahkan untuk ketiga kalinya secara beruntun trofi Champions kepada Real Madrid.

Sembilan tahun meniti karir di Santiago Bernabeu, banyak yang menganggap pemain yang berjuluk CR7 itu akan mengakhiri karir bersama skuat Los Blancos. Apalagi dengan sederet prestasi yang ditorehkannya bersama El Real.

Namun, petualangannya bersama Los Merengues harus berkesudahan di tahun ini. Ronaldo pun menggebrak bursa transfer musim panas ini hijrah ke Juventus dengan bandrol yang fantastis.

Baca Juga: Pakai Nomor Tujuh di Madrid, Sanggupkah Mariano Samai Ronaldo?

Bersama si Nyonya Tua, Ronaldo percaya dengan kemampuannya yang sekarang ini bisa lebih bersinar. Ia menyebut Juventus adalah klub besar dan rumah para bintang.

Dengan reputasi dan sejarah yang dimiliki, pemain yang kini menginjak usia 33 tahun itu yakin bersama Juventus ia bisa tampil lebih baik lagi.

Tak dimungkiri Ronaldo adalah transfer terbaik di musim ini yang didapatkan Juventus. Namun Bianconeri bukanlah anak kemarin sore, apalagi untuk urusan transfer pemain.

Baca Juga: Gelar Uji Coba di Malaysia, Timnas U-16 Petik Kemenangan Perdana

Pengalaman yang segudang membuat Juventus piawai dalam urusan bursa transfer. Bahkan tak sedikit di antaranya yang tampil mengkilap.

Nah, berikut buktinya. Ini adalah lima transfer terbaik sepanjang masa yang pernah dilakukan Juventus

Gianluigi Buffon

Baca Juga: PSSI Tegaskan Timnas Indonesia Bisa Gunakan SUGBK di Ajang AFF

Pemain yang kini memilih hijrah ke Paris Saint Germain itu pernah menjadi salah satu legenda terbesar dengan jumlah penampilan terbanyak untuk Juventus sepanjang masa.

Mantan penggawa Parma yang dibeli dengan bandrol 52 juta euro pada 2001 ini menjelma sebagai salah satu kiper terbaik dalam sejarah selama berseragam Bianconeri.

Gianluigi Buffon/Twitter
Gianluigi Buffon/Twitter

Kiper Terbaik Serie A delapan kali tersebut berhasil membawa Juventus meraih scudetto 2011/2012.

Baca Juga: Berseteru, Federasi Sepakbola Mesir Lempar Ancaman ke Salah

Buffon menjadi sosok yang tak tergantikan di bawah mistar gawang Juventus. Pemain yang mendapat julukan Superman tersebut telah menghadirkan tiga scudetto bagi Juventus (2002, 2003, 2012), belum termasuk 2 scudetti yang dicabut.

Saat berseragam Juventus, Buffon bahkan pernah mengantarkan negaranya Italia memenangi Piala Dunia 2006 dan tetap loyal pada klub sebelum mengakhiri masa 17 tahun di Turin di usianya yang ke-40 tahun.

Alessandro Del Piero

Alessandro Del Piero dibeli dari Padova dengan nilai transfer 2,6 juta euro pada 1993.

Bersama si Nyonya Tua, Del Piero telah mengukir banyak prestasi. Ia bahkan didapuk sebagai legenda Juventus setelah mencetak 207 gol dari 512 penampilan bersama La Vecchia Signora di Serie A.

Namanya pun termasuk ke dalam 125 pemain terbaik di dunia versi Pele. Pemain yang biasa berposisi sebagai penyerang dan penyerang lubang tersebut telah menyumbangkan 6 Scudetto bagi Bianconeri (1995, 1997, 1998, 2002, 2003, 2012), 2 gelar lainnya dicabut akibat skandal calciopolli.

Alessandro Del Piero (Dok. weloba.com/Galih)
Alessandro Del Piero (Dok. weloba.com/Galih)

Selain itu, pemegang rekor gol Juventus (289 gol) tersebut telah menyumbangkan 4 Super Coppa Italia, 1 Coppa Italia, 1 Liga Champions, 1 Piala Super Eropa, 1 Piala Intertoto, dan 1 Piala Interkontinental.

Del Piero pun tercatat sebagai pemain yang paling lama membela Juventus di berbagai kompetisi dengan 700 penampilan.

Petualangannya bersama Juventus berakhir di periode 2012 usai mengantarkan scudetto. Ia berpisah dengan Juventus setelah kontraknya yang berakhir musim selanjutnya tidak diperpanjang.

Pavel Nedved

Pavel Nedved didatangkan Juventus dari Lazio pada bursa transfer musim panas 2001 dengan bandrol 41,2 juta euro. Kedatangannya ke Turin untuk menggantikan Zinedine Zidane yang dilepas Juventus ke Real Madrid.

Sosok asal Republik Ceko tersebut pun menjawab keraguan publik Delle Alpi. Pemain kelahiran 30 Agustus 1972 tersebut menghadirkan trofi scudetto di musim debutnya bersama La Vecchia Signora. Semusim berselang, 2002/2003, pemain yang dijuluki Furia Cieca oleh tifosi Juventus tersebut kembali menghadirkan scudetto kedua di tahun keduanya di Delle Alpi.

Pavel Nedved (Dok. Dailymail.co.uk/Galih)
Pavel Nedved (Dok. Dailymail.co.uk/Galih)

Pada tahun yang sama, Nedved juga berhasil membawa Juventus ke final Liga Champions di Old Trafford. Nedved sendiri tidak bermain di babak final akibat akumulasi kartu kuning. Meskipun gagal membawa Juventus meraih trofi Liga Champions, Nedved dinobatkan sebagai Pesepakbola Eropa Terbaik 2003.

Selain trofi scudetto (2001/2002 dan 2002/2003), sosok yang tetap bertahan di skuat Bianconeri meskipun terdegradasi ke Serie B tersebut juga menghadirkan trofi Super Coppa Italia di tahun yang sama. Nedved kemudian mengundurkan diri dari kancah sepakbola pada akhir musim 2008/2009.

Pemain yang mengoleksi 247 caps dan 50 gol bersama sepanjang karirnya bersama Juventus tersebut pun kini bergabung dalam jajaran manajemen Juventus.

Ciro Ferrara

Ciro Ferrara merupakan salah satu bek terbaik yang pernah bermain untuk Juventus. Sosok yang sempat melatih Juventus pada musim 2010/2011 tersebut merupakan salah satu pilar penting Juventus di dekade 90-an.

Ferrara mengawali karir sepakbolanya bersama Napoli. Sepuluh musim bersama Napoli, Ferrara kemudian hijrah ke Juventus pada 1994. Total 40 penampilan dan satu gol dicapai Ferrara di musim perdananya bersama Juventus.

Ciro Ferrara (Twitter/Galih)
Ciro Ferrara (Twitter/Galih)

Ferrara pun pernah tercacat sebagai kapten Juventus pada rentang 1995 hingga 1996. Sosok kelahiran 11 Februari 1967 ini kemudian berhasil menghadirkan 6 scudetto bagi Juventus, selain 1 Coppa Italia, 2 Supercoppa Italia, Liga Champions, Piala Uefa, Piala Interkontinental, dan Piala Super Eropa.

Deretan prestasi tersebut pun membuatnya dianggap sebagai salah satu bek terbaik di dunia pada eranya. Ferrara kemudian pensiun dari sepak bola sebagai pemain Juventus pada tahun 2005. Bersama Juventus, Ferrara telah melakoni 253 caps dan 15 gol di Serie A.

Michel Platini

Platini merupakan salah satu pesepak bola terbaik di dunia sepanjang sejarah. Bergabung bersama Juventus dari Saint Etienne pada 1982 dengan bandrol 129 ribu euro, Platini berkembang menjadi salah satu pesepak bola terbaik di masa itu.

Legenda asal Prancis tersebut dua kali dinobatkan sebagai peraih Ballon d’Or pada 1984 dan 1985, pemain pertama yang melakukannya sejak penghargaan tersebut pertama kali diberikan pada 1982. Wajar, selama 5 musim memperkuat Bianconeri, Platini telah menghadirkan 2 Scudetto (1984, 1986), Coppa Italia (1983), Piala Winner (1984), Piala Interkontinental (1985), Piala Super Eropa (1984).

Michele Platini semasa masih bermain untuk Juventus. (Dok. AFP)
Michele Platini semasa masih bermain untuk Juventus. (Dok. AFP)

Platini sendiri kemudian pensiun sebagai pemain sepakbola bersama Juventus pada 1987. Bersama Juventus di Serie A, Platini telah mencicipi 147 caps dan 68 gol.

 

 

Berita Rekomendasi
Berita Terkait
TERKINI

Pebalap Marc Marquez angkat bicara mengenai insiden yang menimpanya dengan Francesco Bagnaia (Ducati Lenovo) pada balapan di Sirkuit Algarve, Portimao, seri MotoGP Portugal, pada Minggu, (24/3/2024).

liga | 20:01 WIB

Beckham Putra akan bergabung dengan Timnas U-23 Indonesia yang akan berlaga di ajang Piala Asia U-23 2024 yang bertempat di Qatar.

liga | 17:02 WIB

Beckham Putra dan rekan-rekan Persib lainnya ingin menjaga ritme kemenangan karena tengah berada dalam tren positif di empat laga terakhir.

liga | 16:31 WIB

Waktu yang tersedia bagi Ten Hag bersama Man United disebut-sebut tidak banyak, terutama setelah kedatangan Sir Jim Ratcliffe.

liga | 08:00 WIB

Thomas Tuchel, pelatih saat ini dari Bayern Muenchen, juga mungkin tersedia setelah dia memutuskan untuk meninggalkan klub tersebut pada musim panas.

liga | 07:30 WIB

David da Silva tak jemawa meski berhasil mencetak brace dan membawa kemenangan Persib 1-3 atas Persikabo. Sebaliknya, ia mengucapkan selamat kepada rekan-rekannya usai pertandingan.

liga | 15:00 WIB

Persikabo harus mengakui keunggulan tamunya, Persib Bandung pada pekan 29 Liga 1 2023/2024. Persikabo takluk 1-3 dari Persib. Kekalahan tersebut menodai debut pelatih baru Persikabo, Djajang Nurdjaman.

liga | 13:45 WIB

Tampil dengan 10 pemain tak mempengaruhi kekuatan Persib Bandung saat hadapi Persikabo. Sebaliknya, tim besutan Bojan Hodak seolah mendapat durian runtuh usai Dedi Kusnandar mendapat kartu kuning kedua dari wasit pada menit 36

liga | 12:57 WIB

Pertandingan Persikabo vs Persib akan berlangsung di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar, Bali pada Jumat, (15/3/2024) kick off pukul 20.30 WIB.

liga | 10:15 WIB

Duel Persikabo vs Persib bakal dilangsungkan di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar, Bali dengan kick off 20.30 WIB live Indosiar.

liga | 09:57 WIB

Persib Bandung akan menghadapi Persikabo pada pekan 29 Liga 1 2023/2024 yang berlangsung di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar, Bali, malam ini. Laga kontra Laskar Pajajaran dinilai akan berbeda karena berkaitan dengan posisi lawan di klasemen.

liga | 08:40 WIB

Pertandingan Persikabo vs Persib akan berlangsung di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar, Bali dengan kick off pukul 20.30 WIB live televisi Indosiar.

liga | 20:27 WIB

Duel Persikabo vs Persib pada pekan ke-29 dalam jadwal Liga 1 2023/2024 akan digelar di Stadion Kapten I Wayan Dipta, pada Jumat (15/3/2024).

liga | 20:04 WIB

Laga Persikabo vs Persib akan digelar di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar, Bali pada Jumat, (15/3/2024).

liga | 20:22 WIB

Persib Bandung akan melanjutkan perjuangannya di Liga 1 2023/2024 dengan memainkan laga tandang melawan Persikabo 1973, pada Jumat, (15/3/2024).

liga | 20:01 WIB

Pada pekan ke-28 dalam jadwal Liga 1 2023/2024, laga Persib vs Persija di Stadion Si Jalak Harupat harus berakhir dengan skor 2-1, pada Sabtu (9/3/2024).

liga | 12:33 WIB

Dalam jadwal Liga 1 2023/2024 pekan ke-28, Persib sukses menuai tiga poin saat menjamu Persija, pada Sabtu, 9 Maret 2024.

liga | 12:15 WIB

Nonton Persib Bandung vs Persija Jakarta dalam jadwal Liga 1 2023/2024 pekan ke-28 di Stadion Si Jalak Harupat, Kabupaten Bandung, Sabtu 9 Maret 2024, pukul 15.00 WIB.

liga | 14:07 WIB
Tampilkan lebih banyak