Liga

8 Tim Kuat Ancam MU di Fase Grup Liga Champions 2018/19

Kini Manchester United dihadapkan dengan pengundian fase grup Liga Champions 2018/19 yang memungkinkan mereka akan bertemu 8 tim kuat.

Galih Priatmojo | Andiarsa Nata

Manchester United merayakan gol ke gawang Leicester City ( @ChampionsLeague/Twitter)
Manchester United merayakan gol ke gawang Leicester City ( @ChampionsLeague/Twitter)

Bolatimes.com - Urung usai dengan masalah inkonsistensi di kompetisi domestik, Manchester United kembali harus menghadapi ujian berat jelang pengundian fase grup Liga Champions 2018/19. Mereka kemungkinan akan bertemu 8 tim kuat.

Pengundian fase grup Liga Champions 2018/19 akan berlangsung pada Kamis (30/8/2018) pukul 18:00 waktu setempat yang akan dihelat di Grimaldi Forum, Monako.

Sebelumnya, pada Rabu (29/8/2018) enam tim seperti Ajax Amsterdam, PSV Eindhoven, Benfica, Crvena Zvezda, Young Boys, AEK Athens baru saja usai melakoni laga playoff untuk memastikan lolos ke babak penyisihan grup. Enam tim itu melengkapi 32 tim yang akan berlaga di fase grup Liga Champions 2018/19.

Manchester United sendiri masuk dalam 8 tim dari pot 2 yang lolos dengan status runner up Liga Primer Inggris 2017/18. Setan Merah pun memiliki peluang akan bertemu dengan 8 tim kuat di fase grup.

Tim besutan Jose Mourinho ini perlu menghindari beberapa tim kuat, khususnya tim yang berada di pot 1 yang diisi oleh sebagian besar tim kuat. Manchester United hanya perlu berhadapan dengan tim-tim di luar Liga Primer Inggris dan tim yang berada di pot 2.

Manchester United sendiri berada di pot 2 bersama Porto, Borussia Dortmund, Shakhtar Donetsk, Napoli, AS Roma, dan Benfica yang berada di pot 2.

Nah, untuk 8 tim kuat yang akan menyulitkan Manchester United di fase grup kebanyakan berasal dari pot 1.

Pot 1 (Real Madrid, Juventus, Atletico Madird, Barcelona, Bayern Munchen)

Para pemain Real Madrid usai merayakan gol Karim Benzema (Janek Skarzynski/AFP)
Para pemain Real Madrid usai merayakan gol Karim Benzema (Janek Skarzynski/AFP)

 

Lima tim di atas adalah klub kuat yang berada di pot 1 yang perlu dihindari oleh Manchester United. Terutama Real Madrid, Atletico Madrid, dan Bayern Munchen. Tiga klub ini tercatat lebih sering menang ketika berhadapan dengan Manchester United.

Bahkan ketika berhadapan dengan Atletico Madrid, Manchester United belum sama sekali merasakan kemenangan.

Sisanya adalah Juventus dan Barcelona. Berdasarkan statistik pertemuan Barcelona dengan Manchester United dalam 12 kali pertemuan, Setan Merah menang 4 kali, kalah 5 kali, dan seri 4 kali.

Sementara ketika berhadapan dengan Juventus, kedua tim sama-sama meraih lima kali kemenangan dan dua kali seri.

Pot 3 ( Ajax Amsterdam, Valencia)

Pemain Ajax Amsterdam saat final Liga Europa 2017/18 (Jonathan Nackstrand/AFP)
Pemain Ajax Amsterdam saat final Liga Europa 2017/18 (Jonathan Nackstrand/AFP)

 

Kedua tim di atas memang jarang terlihat melangkah jauh di Liga Champions. Tapi melihat catatan pertemuannya dengan Manchester United, kedua tim di atas tidak bisa dianggap remeh.

Pertemuan Manchester United dengan Ajax Amsterdam, klub Liga Belanda ini berhasil menang 2 kali melawan The Red Devils dan kalah 3 kali.

Begitu juga dengan Valencia. Catatan pertemuannya imbang dengan Manchester United. Dari 8 kali pertemuan, Valencia mengalami kekalahan 2 kali, menang 1 kali, dan sisanya hasil imbang.

Pot 4 (Galatasaray)

Pelatih dan pemain Galatasaray berpose memegang trofi Liga Champion Turki 2017/18 (Ozan Kose/AFP)
Pelatih dan pemain Galatasaray berpose memegang trofi Liga Champion Turki 2017/18 (Ozan Kose/AFP)

 

Klub raksasa Liga Turki ini menjadi satu-satunya tim kuat yang menyulitkan Manchester United di pot 4. Beberapa tahun terakhir hingga saat ini pun Galatasaray memiliki skuat yang mumpuni yang pernah bermain di liga top Eropa.

Dalam rekor pertemuan dengan Manchester United, Galatasary tidak kalah jauh. Dari 6 laga, Galatasaray menang 1 kali, kalah 2 kali, dan sisanya imbang.

Berita Terkait

Berita Terkini