Liga

Kepa Arrizabalaga dan Deretan Kiper Termahal di Dunia

Kepa Arrizabalaga menjelma sebagai kiper termhal dunia setelah diboyong Chelsea dari Atletic Bilbao.

Stephanus Aranditio | Irwan Febri Rialdi

Kepa Arrizabalaga . (Chelseafc.com)
Kepa Arrizabalaga . (Chelseafc.com)

Bolatimes.com - Chelsea baru saja ditinggalkan kiper andalan mereka, Thibaut Courtois, yang hengkang ke Real Madrid. Skuat The Blues pun segera mencari kiper pengganti dan pilihan itu jatuh kepada kiper asal Spanyol yang dibeli dengan harga selangit.

Ya, dia adalah Kepa Arrizabalaga, kiper 23 tahun yang baru saja didatangkan dari Athletic Bilbao dengan mahar 80 juta euro atau Rp 1,3 triliun.

Harga tersebut membuat Kepa menjadi kiper termahal di dunia. Bahkan, transfer itu mengalahkan Alisson Becker yang beberapa waktu diresmikan Liverpool dengan harga 72,5 juta euro. Sebuah transfer yang fantastis!

Lantas, kira-kira siapa saja kiper termahal di dunia?

Berikut Bolatimes.com menyajikan update lima kiper termahal di dunia.

5. Gianluigi Buffon

Gianluigi Buffon (Sumber: Twitter)
Gianluigi Buffon (Sumber: Twitter)

Gianluigi Buffon direkrut Juventus dari Parma pada 2014. Saat itu, kala usianya 26 tahun dan dibeli dengan harga 33 juta poundsterling atau Rp 624 miliar.

Di Juventus, Buffon selalu menjadi pilihan utama hingga 13 musim lamanya. Kini kiper 40 tahun itu bermain untuk Paris Saint-Germain (PSG).

4. Thibaut Courtois

Thibatu Courtois (Pierre-Philippe Marcou/AFP)
Thibatu Courtois (Pierre-Philippe Marcou/AFP)

Thibaut Courtois kini telah hijrah ke Real Madrid. Kendati ia berstatus salah satu kiper terbaik dunia, nyatanya Los Blancos tak perlu merogoh kocek dalam untuk memboyong kiper asal Belgia itu.

Kabarnya, Real Madrid hanya merogoh 35 juta poundsterling plus meminjamkan Mateo Kovacic untuk mendapatkannya dari Chelsea.

3. Ederson Moraes

Kiper Manchester City, Ederson Moraes (Sumber: Twitter)
Kiper Manchester City, Ederson Moraes (Sumber: Twitter)

Ederson Moraes didatangkan Manchester City pada musim lalu. Ia digaet dari FC Porto dengan mahar 35 juta poundsterling atau Rp662 miliar.

Ia pun langsung sukses menggeser Claudio Bravo di bawah mistar The Citizens dan meraih gelar Liga Primer Inggris musim 2017/2018.

2. Alisson Becker

Alisson Becker (@AnfieldHQ/Twitter)
Alisson Becker (@AnfieldHQ/Twitter)

Alisson Becker baru saja diboyong Liverpool dari AS Roma pada bursa transfer musim panas ini. Kiper utama Brasil di Piala Dunia 2018 itu dibeli dengan nilai 66,8 juta pound sterling atau Rp 1,26 triliun.

Kini, Alisson berpeluang besar menjadi kiper utama The Reds setelah Loris Karius kerap melakukan blunder.

1. Kepa Arrizabalaga

Kepa Arrizabalaga saat sesi latihan bersama Timnas Spanyol di Piala Dunia 2018 (Pierre-Philippe Marcou/AFP)
Kepa Arrizabalaga saat sesi latihan bersama Timnas Spanyol di Piala Dunia 2018 (Pierre-Philippe Marcou/AFP)

Tujuh bulan lalu Kepa Arrizabalaga bukanlah siapa-siapa, bahkan Real Madrid enggan membeli ketika harganya masih Rp334 miliar.

Namun, kini namanya tercatat di buku rekor kiper termahal dunia.

Chelsea yang baru saja kehilangan Courtois memboyong Kepa dengan harga transfer sebesar 80 juta euro atau sekitar Rp1,3 triliun. Ia pun diikat dengan durasi kontrak tujuh musim ke depan.

Berita Terkait

Berita Terkini