Erick Thohir Bantah Renovasi JIS Telan Anggaran Rp5 Triliun: Pembohongan Publik!

Ketum PSSI, Erick Thohir membantah rumor renovasi JIS habiskan Rp5 triliun.

Rauhanda Riyantama | BolaTimes.com
Sabtu, 08 Juli 2023 | 12:30 WIB
Ketum PSSI, Erick Thohir, saat meninjau langsung JIS. (Dok. PSSI)

Ketum PSSI, Erick Thohir, saat meninjau langsung JIS. (Dok. PSSI)

Bolatimes.com - Polemik renovasi Jakarta International Stadium (JIS) untuk Piala Dunia U-17 2023 kian memanas. Kini muncul rumor bahwa renovasi stadion tersebut akan menelan anggaran Rp5 triliun.

Terkait kabar tersebut, Ketum PSSI Erick Thohir dengan tegas membantah. Ia bahkan menyebut informasi tersebut sebagai pembohongan publik.

"Standar FIFA bukan standar PSSI. Saya mau menambahkan karena kemarin juga banyak komentar. Kita lihat banyak juga isu di sosmed yang sangat tidak benar," kata Erick Thohir di Jakarta, Jumat (7/7/2023).

Baca Juga: BRI Liga 1 Tak Libur Saat Timnas Indonesia Tampil di Piala AFF U-23 dan Asian Games

"Kalau media kan ada check and balance, saya sangat terganggu ketika stadion JIS itu renovasinya [disebut bisa menelan] dengan angka Rp4,5 triliun. Mau direnovasi 5 triliun, ini pembohongan publik yang luar biasa," tambahnya.

JIS memang tengah ramai dibicarakan setelah pemerintah berencana untuk melakukan renovasi agar stadion tersebut bisa lolos sebagai salah satu venue Piala Dunia U-17 2023.

Meski dibangun dengan standar tinggi, JIS dinilai masih butuh perbaikan dari segi fasilitas penunjang seperti akses masuk dan kantung parkir yang diperbanyak.

Baca Juga: Jadi Top Skor Sementara Piala AFF Wanita U-19, Striker Indonesia Berdarah Jerman Beri Respons Tak Terduga

Selain itu, kabar terbaru menyebut kualitas rumput JIS juga diklaim tidak memenuhi standar FIFA dan harus segera diperbaiki agar siap digunakan saat Piala Dunia U-17 2023 bergulir pada 10 November hingga 2 Desember mendatang.

Erick Thohir menjelaskan sama sekali tidak ada niatan politik dalam urusan renovasi JIS. Ia menyebut apa yang dilakukan PSSI bersama pemerintah pusat dan daerah adalah demi menjadikan JIS berstandar internasional dan FIFA.

Bukan cuma JIS, ada 22 stadion di Indonesia yang akan direnovasi. Oleh sebab itu, eks presiden Inter Milan tersebut meminta polemik soal renovasi JIS segera dihentikan.

Baca Juga: Jadwal BRI Liga 1 2023 Hari Ini: Ada Persebaya Surabaya vs Barito Putera hingga Borneo FC vs Bali United

"Pak Anies (Baswedan) sendiri sudah bicara. ‘Stadion JIS milik Indonesia, milik bangsa kita dan terbuka untuk diperbaiki’. Nah sama, kita ini datang ke sana, bukan mempolitisasi aset yang ingin diperbaiki. Itu bukan hanya JIS, ada 22 stadion yang akan diperbaiki. Kalau dibilang anggarannya JIS saja 5 triliun, salah. 22 stadion itu anggarannya 1,9 triliun," ucapnya.

"Saya mohon rekan-rekan media membantu polemik yang tidak penting. Kan kita ingin perbaiki ini sama-sama agar sukses Piala Dunia U-17 2023. Ada yang bilang juga U-20 dan U-17 berbeda, ya tapi tetep aja kejuaraan dunia."

"Memang kita mau gagal lagi? masa sudah diberi kesempatan digagalkan lagi oleh diri sendiri. Bangsa apa kita ketika gagal marah-marah, menang berjibaku saling menyalahkan."

Baca Juga: Piala AFF Wanita U-19: Timnas Putri U-19 Comeback Manis Lawan Laos

"Saya harap ini perdebatan yang tidak bermanfaat. Kami di sini PSSI jamin kita ingin perbaikan sepak bola tidak dalam konteks politik. Ini benar niat baik sama-sama perbaiki," pungkasnya.

Berita Rekomendasi
Berita Terkait
TERKINI

Kiper Naturalisasi Timnas Indonesia yang saat ini bermain di klub FC Dallas, Maarten Paes sangat optimis bakal debut bersama skuad Garuda di bulan Juni mendatang.

bolaindonesia | 17:15 WIB

Usai menjadi WNI, kiper Naturalisasi Timnas Indonesia, Maarten Paes beberkan impiannya bersama skuad Garuda asuhan Shin Tae Yong.

bolaindonesia | 16:39 WIB

Ketua umum PSSI, Erick Thohir bakal protes ke FIFA setelah Wasit Thailand Sivakorn Pu-Udom Kembali Jadi Wasit VAR Laga Timnas Indonesia kontra Irak di perebutan posisi ketiga Piala Asia U-23 Qatar.

bolaindonesia | 13:45 WIB

Wasit asal Thailand, Sivakorn Pu-Udom Kembali akan menjadi Wasit VAR Laga Timnas Indonesia U-23 Kontra Irak, Erick Thohir Dituntut lakukan protes ke AFC, bakal digubris?

bolaindonesia | 13:11 WIB

Salah Sasaran! Bukan Sivakorn Puudom, Suporter Timnas Indonesia U-23 Malah Ancam Artis Thailand ini Usai Kalah di Piala Asia Qatar

bolaindonesia | 12:37 WIB

Resmi mendapatkan warga negara Indonesia, kasus Kiper FC Dallas, Maarten Paes di CAS sudah clear, bakal debut kontra Irak?

bolaindonesia | 12:07 WIB

Masyarakat Indonesia memiliki antusias dengan pelatih tim nasional Indonesia. Kiprahnya membawa timnas Indonesia bermain dengan gemilang dalam kancah internasional. Apakah Shin Tae Yong tetap berlanjut mengkomandoi para pemain andalan Indonesia?

bolaindonesia | 14:39 WIB

Bek Persib Bandung Kakang Rudianto langsung terbang ke Dubai untuk bergabung bersama Tim Nasional U-23 Indonesia dalam ajang Piala Asia U-23 2024 di Qatar. Timnas mengawalinya dengan pemusatan latihan di Dubai

bolaindonesia | 12:49 WIB

Pelatih Tim Nasional U-23 Indonesia Shin Tae-yong masih mempunyai pekerjaan rumah sebelum menjalani debut di Piala Asia U-23 2024 di Qatar

bolaindonesia | 14:34 WIB

Nathan Tjoe-A-On, pemain asal klub Eredivisie Belanda, SC Heerenveen menjadi nama terakhir yang dipanggil Shin Tae-yong bersama 27 pemain timnas Indonesia guna menjalani persiapan Piala Asia U23 2024 di Qatar.

bolaindonesia | 20:34 WIB

Pelatih timnas Indonesia U23, Shin Tae-yong memberi apresiasi bantuan Ketua Umum PSSI, Erick Thohir, dan para pemilik klub Liga 1 Indonesia.

bolaindonesia | 20:06 WIB

Pelatih Tim Nasional U-23 Indonesia, Shin Tae-yong sampaikan terimakasih kepada klub peserta Liga 1 yang sudah memberikan dukungan penuh untuk timnya tampil dalam Piala Asia U-23 Qatar 2024.

bolaindonesia | 16:37 WIB

Pemain Persib Beckham Putra Nugraha kembali batal memperkuat Tim Nasional Indonesia akibat cedera. Sebelumnya absen dalam ajang Asia Games 2023, kali ini tak tampil di Piala Asia U-23 di Qatar

bolaindonesia | 15:45 WIB

Pemain keturunan Seharga Rp31,29 Miliar mengaku sedang melakukan proses naturalisasi, bakal jadi amunisi baru timnas Indonesia kontra Irak?

bolaindonesia | 12:19 WIB

Gelandang Persib Bandung Beckham Putra Nugraha akan fokus untuk menghadapi Bhayangkara FC sebelum berkonsentrasi bersama Tim Nasional U-23 Indonesia dalam AFC U23 Cup 2024 di Qatar

bolaindonesia | 12:40 WIB

Pertandingan Persib kontra Bhayangkara akan jadi pertandingan alumni Seri A Italia

bolaindonesia | 20:34 WIB

Gelandang Persib Bandung, Marc Klok mengalami cedera dan harus menjalani pemulihan di Singapura.Kondisi itu membuat Klok tak ikut dalam dalam rombongan Tim Nasional Indonesia untuk menghadapi Vietnam

bolaindonesia | 19:26 WIB

Setelah pemanggilan pada Sabtu (23/3/2024) pukul 02.44 WIB, hari ini Ernando Ari sudah terlihat ikut berlatih bersama rekan-rekan Timnas lainnya di Hanoi, Vietnam.

bolaindonesia | 09:19 WIB
Tampilkan lebih banyak