Profil Taiwan U-23, Calon Lawan Timnas Indonesia U-23 di Kualifikasi Piala Asia U-23 2024

Mengenal Taiwan U-23, salah satu lawan Timnas Indonesia U-23 di Kualifikasi Piala Asia U-23 2024.

Rauhanda Riyantama | BolaTimes.com
Jum'at, 26 Mei 2023 | 19:00 WIB
Potret pemain Timnas Taiwan U-23. (Instagram/ctfa.football)

Potret pemain Timnas Taiwan U-23. (Instagram/ctfa.football)

Bolatimes.com - Timnas Indonesia U-23 sudah mendapatkan lawan-lawan yang akan dihadapi di Kualifikasi Piala Asia U-23 204, salah satunya Taiwan.

Berdasarkan hasil drawing pembagian grup Kualifikasi Piala Asia U-23 2024 pada Kamis (25/5/2023), Timnas Indonesia U-23 yang tergabung di Grup K akan bersaing melawan Turkmenistan U-23 dan Taiwan U-23.

Salah satu jalur terbaik yang bisa dimaksimalkan Timnas Indonesia U-23 untuk lolos ke putaran final Piala Asia U-23 2024 ialah menjadi juara Grup K. Sebetulnya, ada alternatif lainnya dari jalur runner-up terbaik.

Baca Juga: Curhat ke Media Korea soal Masa Depannya di Timnas Indonesia, Shin Tae-yong Bawa-bawa Park Hang-seo

Namun, untuk opsi yang disebut terakhir, potensinya memang sangat tipis. Sebab, Garuda Muda harus bisa bersaing dengan 10 kontestan dari grup lain untuk melenggang ke putaran final melalui skema ini.

Apabila melihat dua lawan yang bakal dihadapi di Grup K, pesaing terberat anak asuh Indra Sjafri untuk lolos ialah Turkmenistan. Sebab, ada rekor pertemuan yang tak berpihak pada skuad Garuda Muda.

Adapun, untuk menumbangkan Taiwan, Indonesia punya peluang yang cukup besar. Di atas kertas, Indonesia memang selalu unggul. Empat pertemuan yang sudah terjadi selama ini berakhir dengan tiga kemenangan untuk Garuda.

Baca Juga: Muncul Kabar Jepang Batal Lawan Argentina di FIFA Matchday Juni karena Match Fee Terlalu Mahal

Momen pertemuan terakhir antara keduanya terjadi di Asian Games 2018 yang ketika itu digelar di Jakarta-Palembang. Hasilnya, anak asuh Luis Milla sukses menang telak dengan skor 4-0.

Lantas, seperti apa sepak terjang dari Taiwan U-23 sendiri?

Profil Taiwan

Baca Juga: Ke Media Korea, Shin Tae-yong Ungkap Piala Asia 2023 Bisa Jadi Kompetisi Terakhirnya Bersama Timnas Indonesia

Taiwan U-23 berada di bawah naungan Federasi Sepak Bola China Taipei (Taiwan). Untuk mendapatkan pengalaman, Taiwan U-23 sempat bermain di Liga Sepak Bola Taiwan.

Ya, hal ini hampir sama seperti yang terjadi di Indonesia Basketball League (IBL) di mana timnas muda yaitu Indonesia Patriot ikut bermain di liga.

Pada perjalanannya, Taiwan U-23 menggunakan beberapa nama saat bermain di Liga Taiwan. Mulai dari China Steel dan Fubon Financial. Namun setelah Liga Taiwan mengalami pembaharuan, Taiwan U-23 tak lagi bermain di liga. 

Baca Juga: Tak Main di Piala Dunia U-20, Alejandro Garnacho Bakal Bela Argentina Lawan Timnas Indonesia di FIFA Matchday

Prestasi Taiwan U-23 sendiri tidak terlalu mentereng. Mereka tidak pernah lolos ke putaran final Piala Asia U-23 sejak 2013 hingga terakhir 2022.

Taiwan U-23 juga baru sekali mentas di Asian Games yaitu di edisi 2018. Saat itu Taiwan U-23 cuma meraih sekali imbang dan tiga kali kalah di fase grup Saat ini, Taiwan U-23 dilatih oleh pelatih lokal yaitu Tsai Shang-ming.

Kontributor: Aditia Rizki Nugraha
Berita Rekomendasi
Berita Terkait
TERKINI

Pemain Naturalisasi Timnas Indonesia Seharga Rp1,3 Miliar bakal menjadi Amunisi Baru Shin Tae Yong di Laga Kontra Irak, optimis menang?

bolaindonesia | 10:49 WIB

Jadwal pertandingan Timnas Indonesia U-23 vs Irak di babak perebutan posisi ketiga Piala Asia U-23 Qatar.

bolaindonesia | 10:23 WIB

Jalani Proses Naturalisasi Timnas Indonesia, Pemain Liga Belanda Dirujak Warganet Karena memanfaatkan keuntungan ini?

bolaindonesia | 10:09 WIB

Profil Lengkap Jens Raven, pemain liga 2 Belanda yang sedang menjalani proses naturalisasi timnas Indonesia.

bolaindonesia | 19:00 WIB

Jalani Proses Naturalisasi, pemain berusia 18 tahun, Jens Raven Diragukan Kualitasnya di Timnas Indonesia, ini alasannya.

bolaindonesia | 18:30 WIB

Kiper Naturalisasi Timnas Indonesia yang saat ini bermain di klub FC Dallas, Maarten Paes sangat optimis bakal debut bersama skuad Garuda di bulan Juni mendatang.

bolaindonesia | 17:15 WIB

Usai menjadi WNI, kiper Naturalisasi Timnas Indonesia, Maarten Paes beberkan impiannya bersama skuad Garuda asuhan Shin Tae Yong.

bolaindonesia | 16:39 WIB

Ketua umum PSSI, Erick Thohir bakal protes ke FIFA setelah Wasit Thailand Sivakorn Pu-Udom Kembali Jadi Wasit VAR Laga Timnas Indonesia kontra Irak di perebutan posisi ketiga Piala Asia U-23 Qatar.

bolaindonesia | 13:45 WIB

Wasit asal Thailand, Sivakorn Pu-Udom Kembali akan menjadi Wasit VAR Laga Timnas Indonesia U-23 Kontra Irak, Erick Thohir Dituntut lakukan protes ke AFC, bakal digubris?

bolaindonesia | 13:11 WIB

Salah Sasaran! Bukan Sivakorn Puudom, Suporter Timnas Indonesia U-23 Malah Ancam Artis Thailand ini Usai Kalah di Piala Asia Qatar

bolaindonesia | 12:37 WIB

Resmi mendapatkan warga negara Indonesia, kasus Kiper FC Dallas, Maarten Paes di CAS sudah clear, bakal debut kontra Irak?

bolaindonesia | 12:07 WIB

Masyarakat Indonesia memiliki antusias dengan pelatih tim nasional Indonesia. Kiprahnya membawa timnas Indonesia bermain dengan gemilang dalam kancah internasional. Apakah Shin Tae Yong tetap berlanjut mengkomandoi para pemain andalan Indonesia?

bolaindonesia | 14:39 WIB

Bek Persib Bandung Kakang Rudianto langsung terbang ke Dubai untuk bergabung bersama Tim Nasional U-23 Indonesia dalam ajang Piala Asia U-23 2024 di Qatar. Timnas mengawalinya dengan pemusatan latihan di Dubai

bolaindonesia | 12:49 WIB

Pelatih Tim Nasional U-23 Indonesia Shin Tae-yong masih mempunyai pekerjaan rumah sebelum menjalani debut di Piala Asia U-23 2024 di Qatar

bolaindonesia | 14:34 WIB

Nathan Tjoe-A-On, pemain asal klub Eredivisie Belanda, SC Heerenveen menjadi nama terakhir yang dipanggil Shin Tae-yong bersama 27 pemain timnas Indonesia guna menjalani persiapan Piala Asia U23 2024 di Qatar.

bolaindonesia | 20:34 WIB

Pelatih timnas Indonesia U23, Shin Tae-yong memberi apresiasi bantuan Ketua Umum PSSI, Erick Thohir, dan para pemilik klub Liga 1 Indonesia.

bolaindonesia | 20:06 WIB

Pelatih Tim Nasional U-23 Indonesia, Shin Tae-yong sampaikan terimakasih kepada klub peserta Liga 1 yang sudah memberikan dukungan penuh untuk timnya tampil dalam Piala Asia U-23 Qatar 2024.

bolaindonesia | 16:37 WIB

Pemain Persib Beckham Putra Nugraha kembali batal memperkuat Tim Nasional Indonesia akibat cedera. Sebelumnya absen dalam ajang Asia Games 2023, kali ini tak tampil di Piala Asia U-23 di Qatar

bolaindonesia | 15:45 WIB
Tampilkan lebih banyak