Momen Pedih Timnas Indonesia Selalu Jadi Runner Up SEA Games, Akankah Terulang di Edisi 2023?

Timnas Indonesia tercatat lima kali jadi runner up SEA Games.

Rauhanda Riyantama | BolaTimes.com
Selasa, 11 April 2023 | 18:00 WIB
Suasana pelepasan skuat Timnas Indonesia U-23 ke ajang SEA Games 2019 di Filipina. (Dok. PSSI)

Suasana pelepasan skuat Timnas Indonesia U-23 ke ajang SEA Games 2019 di Filipina. (Dok. PSSI)

Bolatimes.com - Melihat momen pedih Timnas Indonesia yang kerap gagal dan selalu puas menjadi Runner Up di pesta olahraga terakbar se Asia Tenggara, yakni SEA Games.

Dalam waktu dekat, kawasan Asia Tenggara akan menyambut pesta olahraga dua tahunan bertajuk SEA Games 2023 di Kamboja.

Adapun pesta olahraga ini dijadwalkan akan berlangsung pada Mei mendatang, tepatnya pada tanggal 5 hingga 17 Mei 2023.

Baca Juga: Seret Timnas Indonesia U-22, Malaysia Sombong Bakal Raih Medali Emas SEA Games 2023

Dari sekian cabang olahraga di ajang ini, cabang olahraga (cabor) sepak bola putra selalu menjadi sorotan banyak penikmat olahraga.

Bisa dikatakan, cabor sepak bola putra ini menjadi ‘mini Piala AFF’ yang merupakan ajang bergengsi di kancah sepak bola Asia Tenggara.

Pada SEA Games cabor sepak bola putra, seluruh negara di kawasan Asia Tenggara akan mengirimkan wakilnya, tak terkecuali Indonesia.

Baca Juga: 3 Sindiran Media Israel terhadap Indonesia setelah Gagal Jadi Tuan Rumah Piala Dunia U-20, Cuma Bisa Nyinyir Doang!

Indonesia akan mengirimkan Timnas U-22 yang dinahkodai Indra Sjafri guna bisa meraup medali emas pada SEA Games 2023 nanti.

Medali emas menjadi target yang selalu dicanangkan Timnas Indonesia pada gelaran SEA Games. Maklum saja, terakhir kali tim Merah Putih meraih medali emas di cabor ini terjadi pada 1991 silam.

Sejak SEA Games 1991 itu, Timnas Indonesia tak pernah lagi meraih medali emas. Kebanyakan, tim Merah Putih justru mentok hanya meraih medali perak atau Runner Up.

Baca Juga: Jadi Pelatih Leicester City hingga Akhir Musim, Dean Smith Sangat Senang

Bolatimes.com pun akan mencoba merangkum momen saat Timnas Indonesia yang kerap meraih medali perak atau Runner Up di ajang SEA Games.

1. SEA Games 1979

Sebelum bisa pecah telur dengan meraih medali emas di 1991, Timnas Indonesia pernah merasakan getirnya meraih medali perak di SEA Games 1979 yang berlangsung di Tanah Air.

Baca Juga: Usai Dihajar Southampton, Pelatih Garuda Select Ambil Langkah Tak Terduga Jelang Lawan Brighton

Saat itu, Timnas Indonesia arahan Wiel Coerver mampu lolos ke final dan berhadapan dengan Malaysia di partai puncak yang digelar di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK).

Di final itu, Timnas Indonesia harus tertunduk malu setelah dibekuk Malaysia dengan skor 0-1 lewat gol Mokhtar Dahari di menit ke-21.

2. SEA Games 1997

Usai meraih medali emas di 1991, Timnas Indonesia berhasrat bisa meraihnya kembali pada SEA Games 1997 yang digelar di Tanah Air.

Tampil di hadapan pendukungnya, Timnas Indonesia terlihat superior dari fase grup hingga melaju ke final untuk bertemu Thailand.

Nahas bagi Timnas Indonesia, di final mereka harus kembali tumbang dari Thailand lewat adu penalti, yang membuat tangis pecah dari para pemain hingga penonton.

3. SEA Games 2011

Di abad ke-21, kutukan Runner Up masih berlanjut untuk Timnas Indonesia, yakni kala berpartisipasi di ajang SEA Games 2011 di Tanah Air.

Timnas Indonesia berhasil lolos ke final usai Runner Up di belakang Malaysia dan mampu mengalahkan Vietnam di semifinal.

Lalu di final, Timnas Indonesia lagi-lagi dibekuk Malaysia di SUGBK. Kali ini lewat adu penalti yang membuat pendukung di SUGBK pun membisu.

4. SEA Games 2013

Dua tahun pasca SEA Games 2011, Timnas Indonesia kembali beraksi di SEA Games 2013 yang digelar di Myanmar.

Indonesia berhasil ke final usai jadi Runner Up grup B di belakang Thailand dan mengalahkan Malaysia di semifinal lewat adu penalti.

Usai melewati hadangan Malaysia, Timnas Indonesia justru harus bertekuk lutut dari Thailand di babak final dengan skor tipis 0-1 lewat gol Sarawut Masuk.

5. SEA Games 2019

Sepak bola Indonesia sempat mati suri selama beberapa tahun, sebelum akhirnya bisa kembali beraksi di SEA Games 2019.

Di ajang yang digelar di Filipina ini, Timnas Indonesia berhasil lolos usai jadi Runner Up grup B di belakang Vietnam dan menang atas Myanmar di semifinal lewat adu penalti.

Di babak final, Timnas Indonesia harus menerima kekalahan 0-3 dari Vietnam yang diwarnai cederanya Evan Dimas akibat diterjang Doan Van Hau.

Cek berita dan artikel Bolatimes.com lainnya di GOOGLE NEWS.

Kontributor: Felix Indrajaya
Berita Rekomendasi
Berita Terkait
TERKINI

Usai menjadi WNI, kiper Naturalisasi Timnas Indonesia, Maarten Paes beberkan impiannya bersama skuad Garuda asuhan Shin Tae Yong.

bolaindonesia | 16:39 WIB

Ketua umum PSSI, Erick Thohir bakal protes ke FIFA setelah Wasit Thailand Sivakorn Pu-Udom Kembali Jadi Wasit VAR Laga Timnas Indonesia kontra Irak di perebutan posisi ketiga Piala Asia U-23 Qatar.

bolaindonesia | 13:45 WIB

Wasit asal Thailand, Sivakorn Pu-Udom Kembali akan menjadi Wasit VAR Laga Timnas Indonesia U-23 Kontra Irak, Erick Thohir Dituntut lakukan protes ke AFC, bakal digubris?

bolaindonesia | 13:11 WIB

Salah Sasaran! Bukan Sivakorn Puudom, Suporter Timnas Indonesia U-23 Malah Ancam Artis Thailand ini Usai Kalah di Piala Asia Qatar

bolaindonesia | 12:37 WIB

Resmi mendapatkan warga negara Indonesia, kasus Kiper FC Dallas, Maarten Paes di CAS sudah clear, bakal debut kontra Irak?

bolaindonesia | 12:07 WIB

Masyarakat Indonesia memiliki antusias dengan pelatih tim nasional Indonesia. Kiprahnya membawa timnas Indonesia bermain dengan gemilang dalam kancah internasional. Apakah Shin Tae Yong tetap berlanjut mengkomandoi para pemain andalan Indonesia?

bolaindonesia | 14:39 WIB

Bek Persib Bandung Kakang Rudianto langsung terbang ke Dubai untuk bergabung bersama Tim Nasional U-23 Indonesia dalam ajang Piala Asia U-23 2024 di Qatar. Timnas mengawalinya dengan pemusatan latihan di Dubai

bolaindonesia | 12:49 WIB

Pelatih Tim Nasional U-23 Indonesia Shin Tae-yong masih mempunyai pekerjaan rumah sebelum menjalani debut di Piala Asia U-23 2024 di Qatar

bolaindonesia | 14:34 WIB

Nathan Tjoe-A-On, pemain asal klub Eredivisie Belanda, SC Heerenveen menjadi nama terakhir yang dipanggil Shin Tae-yong bersama 27 pemain timnas Indonesia guna menjalani persiapan Piala Asia U23 2024 di Qatar.

bolaindonesia | 20:34 WIB

Pelatih timnas Indonesia U23, Shin Tae-yong memberi apresiasi bantuan Ketua Umum PSSI, Erick Thohir, dan para pemilik klub Liga 1 Indonesia.

bolaindonesia | 20:06 WIB

Pelatih Tim Nasional U-23 Indonesia, Shin Tae-yong sampaikan terimakasih kepada klub peserta Liga 1 yang sudah memberikan dukungan penuh untuk timnya tampil dalam Piala Asia U-23 Qatar 2024.

bolaindonesia | 16:37 WIB

Pemain Persib Beckham Putra Nugraha kembali batal memperkuat Tim Nasional Indonesia akibat cedera. Sebelumnya absen dalam ajang Asia Games 2023, kali ini tak tampil di Piala Asia U-23 di Qatar

bolaindonesia | 15:45 WIB

Pemain keturunan Seharga Rp31,29 Miliar mengaku sedang melakukan proses naturalisasi, bakal jadi amunisi baru timnas Indonesia kontra Irak?

bolaindonesia | 12:19 WIB

Gelandang Persib Bandung Beckham Putra Nugraha akan fokus untuk menghadapi Bhayangkara FC sebelum berkonsentrasi bersama Tim Nasional U-23 Indonesia dalam AFC U23 Cup 2024 di Qatar

bolaindonesia | 12:40 WIB

Pertandingan Persib kontra Bhayangkara akan jadi pertandingan alumni Seri A Italia

bolaindonesia | 20:34 WIB

Gelandang Persib Bandung, Marc Klok mengalami cedera dan harus menjalani pemulihan di Singapura.Kondisi itu membuat Klok tak ikut dalam dalam rombongan Tim Nasional Indonesia untuk menghadapi Vietnam

bolaindonesia | 19:26 WIB

Setelah pemanggilan pada Sabtu (23/3/2024) pukul 02.44 WIB, hari ini Ernando Ari sudah terlihat ikut berlatih bersama rekan-rekan Timnas lainnya di Hanoi, Vietnam.

bolaindonesia | 09:19 WIB

Jelang laga lawan Vietnam, Timnas Indonesia hadapkan krisis pemain. Sehingga STY memanggil punggawa tambahan untuk terbang ke Vietnam.

bolaindonesia | 13:47 WIB
Tampilkan lebih banyak