Profil Dipo Alam, Eks Timnas Indonesia yang Kini Sukses Bisnis Es Krim di Amerika

Mengenal Dipo Alam, eks Timnas Indonesia yang jadi sorotan karena sukses jadi pebisnis es krim di Amerika.

Rauhanda Riyantama | BolaTimes.com
Sabtu, 25 Maret 2023 | 16:30 WIB
Mantan pemain Timnas Indonesia, Dipo Alam. (Instagram/dipoalam_)

Mantan pemain Timnas Indonesia, Dipo Alam. (Instagram/dipoalam_)

Bolatimes.com - Mengenal lebih jauh sosok Dipo Alam, pesepakbola Indonesia yang sempat berkarier di luar negeri dan kini menjadi pengusaha es krim di Amerika Serikat.

Indonesia memiliki segudang talenta-talenta muda di kancah sepak bola. Di setiap generasinya, muncul para pesepak bola muda yang digadang-gadang punya masa depan cerah.

Salah satunya adalah Dipo Alam. Pesepak bola asal Jakarta ini digadang-gadang akan menjadi tulang punggung Timnas Indonesia di kemudian hari.

Baca Juga: 3 Alasan Timnas Indonesia Bakal Kalahkan Burundi

Apalagi dengan sepak terjangnya yang bisa masuk Indonesia Football Academy (IFA) yang merupakan program dari PSSI.

Bahkan, dari sana program PSSI itu lah Dipo Alam kemudian berkarier di luar negeri. Namun perjalanannya tak berlangsung mulus.

Di awal kariernya yang baru seumur jagung, Dipo Alam kemudian memutuskan untuk meninggalkan dunia sepak bola dan memiliki berbisnis.

Baca Juga: Kisah Dipo Alam, Mantan Pemain Timnas Indonesia yang Jadi Korban Dualisme Kini Sukses Bisnis Es Krim di Amerika

Kini ia berbisnis es krim di Amerika Serikat. Siapa sangka, bisnis ini membuahkan hasil baginya, yang telah memiliki lebih dari 40 gerai di tujuh negara bagian.

Lantas, siapakah sosok Dipo Alam itu? Klub mana saja yang pernah ia singgahi selama kariernya di sepak bola? Berikut profilnya.

Pensiun karena Sepak Bola Indonesia Dibekukan

Baca Juga: Momen Kompaknya Elkan Baggott, Jordi Amat, dan Marc Klok di Sesi Latihan Timnas Indonesia

Tak banyak sumber yang memiliki rekam jejak Dipo Alam, terutama di awal-awal kariernya sebagai pesepak bola hingga bisa menembus luar negeri.

Hanya saja, pria bernama lengkap Cornelius Dipo Alam ini pertama kali mengundang decak kagum kala tampil di usia 15 tahun di ajang Liga Bogasari dan berlanjut ke Piala Soeratin U-18.

Dari dua ajang itu, Dipo Alam masuk ke dalam Indonesia Football Academy (IFA) yang berisikan para pemain muda berbakat dari seluruh penjuru Tanah Air.

Baca Juga: Jelang Timnas Indonesia vs Burundi, Yakob Sayuri Beberkan Hal yang Disiapkan Shin Tae-yong

Setelah menimba ilmu di IFA, Dipo Alam kemudian mengambil keputusan pergi ke Belanda dan bermain untuk tim bernama Heemstede.

Selain itu, Dipo Alam sempat melakoni trial bersama Telstar di kasta kedua Liga Belanda. Namun, ia tetap mengejar pendidikannya sehingga meneruskan kariernya di Amerika Serikat.

Di negeri Paman Sam itu, Dipo Alam belajar sambil meniti karier di sepak bola bersama klub-klub Chivas USA, Turbo FC, LA Legends, LA Blues, hingga Deportivo Knights.

Lalu pada 2012, PSSI memanggil Dipo Alam untuk bergabung Timnas Indonesia. Namun ia belum punya klub profesional, sehingga sempat trial dengan klub Tanah Air.

Singkat kata, ia pun melakoni trial bersama Sriwijaya FC, Persebaya, Arema, dan Persijap. Di Arema IPL itu, ia kemudian terpilih.

Sayangnya, sanksi FIFA kemudian jatuh ke Indonesia yang membuat Dipo Alam gagal bermain di negaranya sendiri, yang kemudian mengubur mimpinya menjadi pesepak bola.

“Pas sepak bola Indonesia di-banned itu, aku udah 100 persen bilang aku tidak bisa main bola lagi,” ujar Dipo Alam dilansir dari VOA Indonesia.

Usai pensiun, Dipo Alam terjung ke dunia bisnis dengan pengalamannya bekerja di beberapa restoran di Amerika Serikat.

Kini, Dipo Alam meraup sukses dengan bisnis waralaba bernama Paleta Bar yang membuatnya menjadi salah satu pebisnis waralaba kuliner sukses asal Indonesia di Amerika Serikat.

Kontributor: Felix Indrajaya
Berita Rekomendasi
Berita Terkait
TERKINI

Jalani Proses Naturalisasi, pemain berusia 18 tahun, Jens Raven Diragukan Kualitasnya di Timnas Indonesia, ini alasannya.

bolaindonesia | 18:30 WIB

Kiper Naturalisasi Timnas Indonesia yang saat ini bermain di klub FC Dallas, Maarten Paes sangat optimis bakal debut bersama skuad Garuda di bulan Juni mendatang.

bolaindonesia | 17:15 WIB

Usai menjadi WNI, kiper Naturalisasi Timnas Indonesia, Maarten Paes beberkan impiannya bersama skuad Garuda asuhan Shin Tae Yong.

bolaindonesia | 16:39 WIB

Ketua umum PSSI, Erick Thohir bakal protes ke FIFA setelah Wasit Thailand Sivakorn Pu-Udom Kembali Jadi Wasit VAR Laga Timnas Indonesia kontra Irak di perebutan posisi ketiga Piala Asia U-23 Qatar.

bolaindonesia | 13:45 WIB

Wasit asal Thailand, Sivakorn Pu-Udom Kembali akan menjadi Wasit VAR Laga Timnas Indonesia U-23 Kontra Irak, Erick Thohir Dituntut lakukan protes ke AFC, bakal digubris?

bolaindonesia | 13:11 WIB

Salah Sasaran! Bukan Sivakorn Puudom, Suporter Timnas Indonesia U-23 Malah Ancam Artis Thailand ini Usai Kalah di Piala Asia Qatar

bolaindonesia | 12:37 WIB

Resmi mendapatkan warga negara Indonesia, kasus Kiper FC Dallas, Maarten Paes di CAS sudah clear, bakal debut kontra Irak?

bolaindonesia | 12:07 WIB

Masyarakat Indonesia memiliki antusias dengan pelatih tim nasional Indonesia. Kiprahnya membawa timnas Indonesia bermain dengan gemilang dalam kancah internasional. Apakah Shin Tae Yong tetap berlanjut mengkomandoi para pemain andalan Indonesia?

bolaindonesia | 14:39 WIB

Bek Persib Bandung Kakang Rudianto langsung terbang ke Dubai untuk bergabung bersama Tim Nasional U-23 Indonesia dalam ajang Piala Asia U-23 2024 di Qatar. Timnas mengawalinya dengan pemusatan latihan di Dubai

bolaindonesia | 12:49 WIB

Pelatih Tim Nasional U-23 Indonesia Shin Tae-yong masih mempunyai pekerjaan rumah sebelum menjalani debut di Piala Asia U-23 2024 di Qatar

bolaindonesia | 14:34 WIB

Nathan Tjoe-A-On, pemain asal klub Eredivisie Belanda, SC Heerenveen menjadi nama terakhir yang dipanggil Shin Tae-yong bersama 27 pemain timnas Indonesia guna menjalani persiapan Piala Asia U23 2024 di Qatar.

bolaindonesia | 20:34 WIB

Pelatih timnas Indonesia U23, Shin Tae-yong memberi apresiasi bantuan Ketua Umum PSSI, Erick Thohir, dan para pemilik klub Liga 1 Indonesia.

bolaindonesia | 20:06 WIB

Pelatih Tim Nasional U-23 Indonesia, Shin Tae-yong sampaikan terimakasih kepada klub peserta Liga 1 yang sudah memberikan dukungan penuh untuk timnya tampil dalam Piala Asia U-23 Qatar 2024.

bolaindonesia | 16:37 WIB

Pemain Persib Beckham Putra Nugraha kembali batal memperkuat Tim Nasional Indonesia akibat cedera. Sebelumnya absen dalam ajang Asia Games 2023, kali ini tak tampil di Piala Asia U-23 di Qatar

bolaindonesia | 15:45 WIB

Pemain keturunan Seharga Rp31,29 Miliar mengaku sedang melakukan proses naturalisasi, bakal jadi amunisi baru timnas Indonesia kontra Irak?

bolaindonesia | 12:19 WIB

Gelandang Persib Bandung Beckham Putra Nugraha akan fokus untuk menghadapi Bhayangkara FC sebelum berkonsentrasi bersama Tim Nasional U-23 Indonesia dalam AFC U23 Cup 2024 di Qatar

bolaindonesia | 12:40 WIB

Pertandingan Persib kontra Bhayangkara akan jadi pertandingan alumni Seri A Italia

bolaindonesia | 20:34 WIB

Gelandang Persib Bandung, Marc Klok mengalami cedera dan harus menjalani pemulihan di Singapura.Kondisi itu membuat Klok tak ikut dalam dalam rombongan Tim Nasional Indonesia untuk menghadapi Vietnam

bolaindonesia | 19:26 WIB
Tampilkan lebih banyak